Senin, 23 Maret 2015

Wisata Makam Bung Karno, Bapak Proklamator RI

Siapa yang tidak mengenal sosok Bung Karno, beliau adalah bapak proklamator Republik Indonesia. Jasa-jasanya begitu besar bagi rakyat Indonesia untuk memerdekakan diri dari para penjajah. Dalam buku sejarah ada yang menuliskan bahwa Bung Karno lahir di Surbaya, Jawa Timur ada pula yang mengatakan Ir. Soekarno lahir di Blitar, Jawa Timur.

Namun pihak keluarga yang dipelopori Muhammad Guruh Irianto Soekarnoputra, putra bungsu Bung Karno mengatakan meluruskan bahwa buku-buku yang selama ini menuliskan tempat lahir Bung Karno adalah di Blitar, bukan di Surabaya. "Tepat 112 tahun, kala itu 6 Juni di Surabaya. Saya ingat Bung Karno lahir di Surabaya. Di buku  Bung Karno lahir di Blitar, mohon ini dikoreksi, tolong luruskan sejarah ini, Bung Karno lahir di Surabaya," ujar Guruh saat memberikan sambutan pada peringatan hari lahir 112 Tahun Bung Karno, di Tugu Proklamasi.
Lokasi makam Bung Karno
Lokasi pemakaman Bung Karno

Makam Bung Karno terletak di Kelurahan Bendogerit, Kecamatan Sanan wetan Kota Blitar. Makam presiden pertama RI ini merupakan komplek pemakaman yang berada pada areal tanah seluas 1,8 m2. Untuk menjangkau lokasi makam bung Karno sangatlah mudah, karena masih di dalam kota Blitar. Dari alun-alun Kota Blitar hanya sekitar 2,5 km saja, jika dari stasiun sekitar 3 km, sedangkan dari terminal bus sekitar 6 km.
Pintu masuk makam Bung Karno, Blitar, Jawa Timur
Pintu masuk makam Bung Karno

Komplek makam Bung Karno berada persis disisi jalan raya. Ada beberapa akses masuk, bisa melewati jalan kalasan atau jalan Ir. Soekarno. Jika melalui jalan Ir. Soekarno, setelah pintu gerbang kita akan melewati pos penjaga atau tamu. Disini setiap pengunjung diminta mengisi buku tamu dan keperluan kunjungan. Dari pos penjaga disisi kanan merupakan gedung perpustakaan dan museum Bung Karno, sedangkan disisi kiri tempat makam Bung Karno.
Lukisan Bung Karno
Lukisan Bung Karno

Perpustakaan Bung Karno
Perpustakaan Bung Karno

Mengunjungi museum dan perpustakaan bung Karno, atau dikenal sebagai gedung Persada Soekarno (Perpustakaan dan Museum Bung Karno), disini kita bisa menyaksikan beragam koleksi lukisan dan peninggalan Sang Proklamator Kemerdekaan Republik Indonesia. Dibagian luar dihiasi dengan ornamen patung dan relief perjalanan hidup beliau. Gedung persada Soekarno sendiri di resmikan oleh Presiden RI Megawati Soekarnoputri, pada tanggal 3 Juli 2004.

Makam atau cungkup Bung Karno berada disebelah utara gedung perpustakaan dan museum. Ditandai dengan gapura besar sebagai pintu masuk. Memasuki pelataran makam, akan nampak sebuah bangunan berbentuk joglo, yaitu Cungkup Makam Bung Karno. Cungkup ini diberi nama Astono Mulyo.Diatas makam terdapat sebuah batu pualam hitam bertuliskan:
"Di sini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia."
Di sekitar areal cungkup makam Bung Karno, disediakan fasilitas musholla, gazebo, dan taman untuk menambah keasrian makam. Makam Bung Karno sendiri, diresmikan oleh Presiden Soeharto pada tanggal 21 Juni 1979.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon