Kamis, 26 Maret 2015

Wisata Rumah Pengasingan Bungkarno di Bengkulu

Sebelum diasingkan ke Bengkulu pada tahun 1938-1942, Bung Karno telah diasingkan di Ende, Nusa Tenggara Timur pada tahun 1934-1938. Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu terletak di jalan Soekarno Hatta – Bengkulu. Pasar Anggust Atas, Provinsi Bengkulu.

Bukti sejarah pengasingan Bung Karno ke Bengkulu saat ini masih dapat kita saksikan pada sebuah bangunan yang merupakan rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu. Rumah tersebut saat ini menjadi salah satu objek wisata yang mengandung nilai historis cukup tinggi di Bengkulu.
Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu
Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu

Kondisi rumah pengasingan Bung Karno saat ini cukup terawat dan tetap dibiarkan seperti aslinya untuk menjaga kelestarian nilai historisnya. Bentuknya pun jauh dari kesan modern seperti halnya rumah-rumah zaman sekarang. Di dalam rumah tersebut terdapat benda dan barang-barang peninggalan Bung Karno semasa hidupnya saat pengasingan di Bengkulu. Kita bisa melihat koleksi buku-buku, lukisan, foto, sepeda, kursi meja, hingga tempat tidur. Di sekeliling rumah terhampar halaman yang cukup luas dan terawat dengan sebuah sumur di bagian belakang rumah.
Koleksi buku Bung Karno
Koleksi buku Bung Karno

Sepeda ontel Bung Karno
Sepeda ontel Bung Karno

Rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu berbentuk empat persegi panjang. Bangunan ini tidak berkaki dan dindingnya polos. Pintu masuk utama berdaun ganda, dengan bentuk persegi panjang. Bentuk jendela persegi panjang dan berdaun ganda. Pada ventilasi terdapat kisi-kisi berhias. Rumah dengan halaman yang cukup luas ini memiliki atap berbentuk limas. Luas bangunan rumah ini adalah 162 m2, dengan ukuran 9 x 18 m.

Dulu luas keseluruhan rumah ini mencapai 4 hektar. Selain rumah utama, ada beberapa bangunan lain. Dengan berjalannya waktu, oleh Pemerintah Propinsi Bengkulu lahan yang ada kemudian dibagi-bagi untuk rumah penduduk dan sebagian untuk gedung instansi pemerintah daerah setempat.

Mulanya rumah tersebut merupakan milik pengusaha Tionghoa bernama Tan Eng Cian penyumplai  sembako untuk Pemerintah Hindia Belanda pada masa itu. Terdapat ciri rumah Cina dari bangunannya pada lubang angin yang terdapat di atas jendela dan pintu bermotif huruf Cina. Rumah ini kemudian disewa oleh Pemerintah Hindia Belanda untuk menempatkan Bung Karno selama diasingkan di Bengkulu.

Transportasi menuju rumah pengasingan Bung Karno di Bengkulu
Rumah Pengasingan Bung Karno ini ada di pusat kota dan tidak jauh dari Kantor Walikota Bengkulu. Lokasinya berjarak sekitar 1,6 km dari Benteng Malborough.

Anda yang datang dari Bandar Udara Fatmawati Bengkulu maka dapat menggunakan taksi, bus, atau mobil sewaan. Sedangkan apabila Anda datang dari Terminal Bus Bengkulu maka dapat menggunakan bus kota jurusan Jalan Soekrano-Hatta.

Hotel/ penginapan disektiar area rumah pengasingan Bung Karno

Hotel Grage Horizon 
Jl. Pantai Nala No. 142, Angkat Bawah, Bengkulu
Telp: 0736-21722
Fax: 0736-22072

Hotel Rio Asri 
Jl. Veteran No. 63, Bengkulu
Telp: 0736-345000 / 21952 / 25769
Fax: 0736-25728

Hotel Bumi Endah
Jl. Fatmawati No. 29, Bengkulu


= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon