Jumat, 10 April 2015

Wisata Danau Rana Mese Manggarai Timur

Disepanjang jalan menuju ke kota Borong, Manggarai Timur terdapat danau Rana Mese. Danau tersebut terletak di desa Golo Loni, kecamatan Borong, Manggarai Timur tepat berada di khawasan hutan lebat. Danau Rana Mese diapi gunung Mandosawu (2.400 mdpl)  yang merupakan puncak terringgi di Manggarai Timur dan gunung Ranaka (2.140 mdpl) puncak tertinggi kedua setelah Mandosawu. Kedua gunung tersebut saling terhubung dan menghubungkan Manggari dan Manggarai Timur.
Danau Rana Mese Manggarai Timur

Dengan ketinggian tersebut membuat suhu di danau Rana Mese sangat dingin dan sejuk. Pada siang hari jalan menuju danau ini selalu tertutup kabut meskipun hujan tidak turun. Danau Rana Mese pas terletak dipinggir jalan menuju kota Borong atau dari Borong ke Ruteng. Dengan menaiki sepeda motor atau kendaraan umum (Otto Kol/ Otto Kayu) Anda bisa melihat keindahan danau Rana Mese secara langsung.
Danau Rana Mese Manggarai Timur 2

Danau Rana Mese termasuk danau Vulkanik.  Pada mulanya danau ini merupakan kawah gunung yang tertutup air sehingga bagian tepi danau curam. Danau ini juga serupa dengan danauTriwana Kelimutu yang terbentuk dari kawah Gunung Kelimutu (1.690 mdpl) di Kabupaten Ende, Flores, yang fenomenal itu.

Di sekitar danau Rana Mese dihuni beberapa burung Belibis sehingga kicauan burung sering terdengar di danau ini. Perpaduan antara pepohonan, jernihnya air danau, dan kicauan burung, membuat danau Rana Mese benar-benar asri dan alami. Tidak ada rumah atau toko disekitar danau ini, jadi Anda harus membawa bekal sendiri dari rumah ketika ingin berlibur ke danau Rana Mese.

Akses Menuju Danau Rana Mese
Dari kota Ruteng Manggarai, Anda bisa naik Otto, Travel, atau Sepeda Motor menuju ke arah kota Borong Manggarai Timur atau sebaliknya. Setelah sampai di desa Golo Loni disitulah terdapat danau Rana Mese.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon