Rabu, 15 April 2015

Wisata Raja Ampat Papua, Kepulauan Paling Indah di Indonesia

Kondisi alam Papua yang eksotis penuh dengan dataran tinggi dan penggunungan ternyata mampu menghinoptis para traveler lokal dan internasional untuk datang ke Papua. Dibalik banyaknya pegunungan ternyata Papua mempunyai kepulauan yang indah, bernama "Raja Ampat".

Raja Ampat termasuk wisata bahari sehingga banyak wisatawan mancanegara yang menyelam untuk melihat keindahan bawah laut. Kepulauan Raja Ampat mempunyai 4 pulau dengan pantainya yang cukup besar yaitu pulau Batanta, pulau Waigeo, pulau Salawti, dan pulau Misool. Ke-4 pulau tersebut menjadi daya tarik utama para wisatawan.
Raja Ampat, Papua Indonesia

Panorama Raja Ampat

Raja Ampat terletak di Kabupaten Manokwari Papua Barat. Posisinya berada di belahan barat kepala burung Pulau Papua. Kepuluan Raja Ampat mempunyai luas 4,5 juta hektar dan didominasi oleh perairan (85%). Sebagian kecil lain, yaitu daratan yang berupa gugusan pulau. Jumlahnya bisa mencapai 600 pulau, bahkan lebih. Jumlah tersebut, menunjukkan sebuah kawasan yang memang sangat berpotensi menjadi destinasi wisata bahari unggulan.
Dermaga Raja Ampat

Di kawasan kepulauan ini, tak hanya keindahan pantai Raja Ampat saja. Raja Ampat juga menyimpan mutiara berharga yang langka keberadaannya. Apa itu? Spesies ikan pari manta, hiu abu-abu, kuda laut, penyu, ikan duyung, ikan barkuda, ikan tuna, dan lain-lain. Pengunjung yang kebetulan pecinta sejarah, bisa pula melihat sisa-sisa barang peninggalan Perang Dunia II. Seperti bangkai pesawat perang yang teronggok kaku di sekitar Pulai Wai. Kepulauan Raja Ampat memang luar biasa. Berdasar sebuah data hasil penelitian, ada sekitar 75% dari seluruh kerang yang ada di dunia ini, terkandung di bumi Raja Ampat.
Keindahan Bawah Laut Raja Ampat

Berkeliling Raja Ampat

Transportasi Menuju Raja Ampat, Papua
Karena letak dan kondisi geografisnya yang benar-benar alami dan minim fasilitas tentunya cukup mneguras kantong Anda untuk pergi ke Raja Ampat, teapi semua itu sepadan dengan yang Anda peroleh ketika sampai di sana. Untuk menuju di kepulauan Raja Ampat, tempat terdekat yang dapat dijangkau pesawat terbang adalah kota Sorong, dengan jarak tempuh sekitar 6 jam penerbangan dari Jakarta. Biasanya pesawat akan transit di Makassar atau Manado. Maskapai yang memiliki jadwal penerbangan menuju Sorong antara lain Silk Air, Garuda Indonesia, Pelita Air, dan Merpati. Selanjutnya, Anda akan menuju Waisai, ibu kota Raja Ampat. Kota Waisai  ini terletak di Pulau Waigeo, salah satu dari 4 pulau utama (pulau besar) di Kepulauan Raja Ampat. Pulau besar di Raja Ampat adalah Pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Batanta, dan Pulau Waigeo.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon