Jumat, 10 April 2015

Wisata Telaga Ngebel Ponorogo

Ponorogo selalu identik dengan budaya Warog denga Reognya, hampir disetiap perbatasan wialayah dan pertigaan selalu dibangun patung Reog. Namun dibalik Reognya ponorogo memiliki destinasi wisata telaga "Ngebel". Telaga Ngebel terletak di Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo. Kecamatan Ngebel sendiri terletak di kaki gunung Wilis. Telaga Ngebel terletak sekitar 30 km dari pusat kota Ponorogo atau yang terkenal dengan nama Kota Reog. Keliling dari Telaga Ngebel sekitar 5 km. Dengan suhu antara 20 - 26 derajat celcius, suhu dingin nan sejuk membuat pengunjung makin nyaman mengunjungi Telaga Ngebel.

Selain Reog, Telaga Ngebel merupakan salah satu andalan wisata yang dimiliki Kabupaten Ponorogo. Pemasok air bagi Telaga Ngebel terdiri dari berbagai sumber. Sumber air yang cukup deras berasal dari Kanal Santen. Selain itu, juga terdapat sungai yang mengalirinya, dimana dibagian hulu sungai terdapat air terjun yang diberi nama Air Terjun Toyomarto.
Telaga Ngebel Ponorogo

Air di Telaga Ngebel berwarna hijau dan jernih dan disekeliling telaga tumbuh pepohonan lebat berwarna hijau pula, hal inilah yang membuat Telaga Ngebel kelihatan asri dan alami. Pada hari libur Telaga Ngebel ramai dikunjungi wisatawan lokal sebagai tempat berlibur sekeluarga.
Pintu Masuk Telaga Ngebel Ponorogo

Indahnya Telaga Ngebel tidak diimbangi dengan pemeliharaan jalan menuju ke telaga. Jalannya berlobang, bahkan tinggal batu makadam karena aspalnya mengelupas. Rusaknya jalan sangat meresahkan warga sekitar telaga dan para wisatawan yang ingin datang ke Telaga Ngebel. Menurut penduduk setempat kerusakan jalan disebabkan truk bermuatan berat melintasi jalan tersebut dengan membawa pasir karena daerah Ngebel terkenal dengan tambang pasir.
Kedalaman Telaga Ngebel 734M

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon