Jumat, 10 April 2015

Wisata Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur

Telaga Sarangan terletak di kabupaten Magetan, Jawa Timur. Telaga Sarangan terletak di lereng Gunung Lawu (3.265 m) yang memiliki alam pegunungan yang indah. Telaga Sarangan berbatasan langsung dengan Jawa Tengah. Telaga Sarangan selalu menjadi tujuan obyek wisata baik hari biasa maupun hari libur karena keindahan Telaga Sarangan.

Karena letakknya dipegunungan yang tinggi dengan ketinggian 1000 m dari permukaan laut membuat Telaga Sarangan selalu tertutup kabut dan memiliki hawa yang sejuk dengan suhu sekitar 18-23 derajat Celcius. Sejuknya udara dipadu dengan indahnya pepohonan disekitar Telaga Sarangan membuat para pelancong betah berwisata di sini. Air Telaga Sarangan sangat jernih, tenang, dan menjadi cerimin pegunungan dan gunung di sekelilingnya.
Telaga Sarangan Magetan Jawa Timur

Di pinggir telaga tersedia sepeda air yang menyerupai bebek dan perahu boat. Ini dapat menjadi sarana bagi Anda yang ingin mengelilingi telaga melalui air. Atau Anda dapat berkeliling menggunakan kuda atau delman yang ditawarkan penduduk sekitar. Pasti hal ini dapat menyenangkan buah hati Anda. Atau bagi Anda yang ingin berolahraga, Anda dapat mengelilingi telaga ini dengan berjalan kaki atau berlari. Anda juga akan menjumpai hutan pinus di lereng pegunungan di sekeliling Telaga Sarangan. Suasana yang sejuk dan indah pasti akan membuat olahraga menjadi menyenangkan.
Para penjual disamping Telaga Sarangan

Kuliner  Disekitar Telaga Sarangan
Setelah puas mengelilingi Telaga Sarangan tidak lengkap rasanya bila tida mencicipi sate Kelinci. Harga sate Rp. 7.000 per porsi sudah termasuk lontong, harga yang cukup terjangkau untuk kantong Anda. Selain itu Anda bisa menikmati makanan khas Madiun yang dijual di pinggir telaga yaitu Nasi Pecel.

Hotel/ Penginapan Disekitar Telaga Sarangan
Bagi Anda yang ingin bermalam atau bulan madu di sini banyak sekali penginapan/ hotel yng terletak di area sekitar telaga. Harganya bervariasi mulai dari Rp. 60.000 - Rp. 500.000 per/malam.

Harga Tiket Masuk Telaga Sarangan
Untuk dapat menikmati pesona Telaga sarangan, tiap orang dan kendaraan diwajibkan membayar tiket masuk. Harga tiket masuk pengunjung dewasa adalah sebesar Rp 4.000 semetara untuk anak-anak sebesar Rp 3.000. Tiket untuk sepeda motor Rp 1.000 mobil Rp 3.000 sedangkan bus dan truk Rp 5.000.

Transportasi Menuju Telaga Sarangan
Akses menuju Telaga Sarangan terbilang mudah karena pemerintah telah membangun jalan provinsi yang menghubungkan Magetan – Tawangmangu – Karanganyar – Solo. Kondisi jalan ini cukup bagus dan bisa dilewati oleh kendaraan kecil (mobil dan motor) maupuan kendaraan besar (truk dan bus).

Bagi Anda yang menggunakan kendaraan umum, Telaga Sarangan dapat ditempuh dari dua arah. Jika Anda berangkat dari Surabaya, Anda dapat menggunakan bus umum menuju Madiun, kemudian dilanjutkan ke Magetan. Dari terminal Magetan Anda naik angkutan umum jurusan Sarangan yang akan mengantar Anda sampai ke lokasi.


Untuk wisatawan yang berangkat dari Jakarta, Jawa Tengah, atau Yogyakarta, Anda dapat naik bus atau kereta api tujuan Solo. Dari Solo, Anda berganti bus menuju Tawangmangu, kemudian naik angkutan umum jurusan Sarangan.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon