Jumat, 15 Mei 2015

Wisata Candi Gedong Songo, Semarang

Indonesia terkenal akan peninggalan sejarah dari masa kejayaan Hidu dan Buda yang berupa Candi. Menurut alhi sejarah Dini Prihartini, Candi berasal dari kata Candika yang artinya dewi kematian. Sebenarnya fungsi Candi sebagai tempat penyimpanan abu jenazah, dan di Indonesia sendiri letak Candi selalu berada di ketinggian laut. Para penganut Hidu Budha meyakini "Sang Pencipta" atau Tuhan berada di atas dan melebihi kemampuan manusia. Sebagai penghormatan kepada "Sang Pencipta" dan arwah para leluhur maka bangunan Candi berada di ketinggian.
Salah satu Candi Gedong Songo

Misalnya Candi Gedong Songo yang terletak di desa Candi, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Candi Gedong tepatnya berada di lereng gunung Ungaran, di komplek ini terdapat sembilan buah Candi (Songo). Sejarahnya Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi).

Dalam bahasa Jawa Gedong artinya bangunan, sedangkan Songo artinya sembila. Candi Gedong Songo dapat diartikan bangunan Candi yang jumlahnya sembilan. Candi ini Gedong Songo memiliki persamaan dengan kompleks Candi Dieng di Wonosobo. Candi ini terletak pada ketinggian sekitar 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin (berkisar antara 19-27 °C). Lokasi 9 candi yang tersebar di lereng Gunung Ungaran ini memiliki pemandangan alam yang indah. Selain itu, obyek wisata ini juga dilengkapi dengan pemandian air panas dari mata air yang mengandung belerang, area perkemahan, dan wisata berkuda.
Sesampainya di kompleks Candi, Anda disambut tugu pintu masuk "Obyek Wisata Candi Gedong Songo"

Untuk mengeliling semua Candi (jumlah 9), Anda akan ditawari naik kuda. Hitung-hitung mengurangi rasa capek saat mengelilingi Candi Gedong Songo.

Transportasi menuju Candi Gedong Songo

Dari Semarang
Dari Semarang menuju Candi Gedong Songo melewati jalan raya Semarang - Yogyakarta dan sebelum Ambarowo belok ke kanan menuju Bandungan - Candi Gedong Songo.

Dari Yogyakarta
Dari Yogyakarta menuju Magelang - Temanggung - Ambarowo - Bandungan - Candi Gedong Songo.

Catatan:
Sesampainya di Bandungan sebaiknya Anda menggunakan transportasi pribadi karena kendaraan umum sulit ditemui di sini.

Tiket masuk Candi Gedong Songo
Biaya masuk dewasa/ 5 tahun ke atas: Rp 5.000
Biaya masuk wisatawan asing: Rp. 25.000

Biaya parkir Candi Gedong Songo
Parkir roda dua/ sepeda motor: Rp. 2.000
Parkir roda empat/ mobil: Rp. 5.000

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon