Senin, 18 Mei 2015

Wisata Goa Gong Kabupaten Pacitan

Goa Gong adalah destinasi wisata yang berada di kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Wisata Goa Gong melengkapi perjalanan para traveler setelah mengunjungi pantai Klayar dan pantai Banyu Tibo. Konon cerintanya Goa Gong ditemukan dua orang penduduk setempat yang sedang mencari sumber mata air. Goa Gong terletak di desa Bomo, kecamatan Punung, Donorejo, sekitar 140 km arah selatan kota Solo atau 30 km arah barat daya kota Pacitan.

Keistimewaan Goa Gong adalah dipasangnya lampu di dinding goa, meskipun tidak terlalu terang namun lampu yang dipasang cukup menerangi lorong gua dan tidak memerlukan senter lagi. Dengan jelas Anda dapat melihat stalagmite dan stalagtite yang disinari lampu.
Stalagtite Goa Gong Pacitan

Dinamakan Goa Gong karena di dalam goa terdapat batu bila dipukul berbunyi seperti suara gong. Gong adalah musik tradisonal jawa dan bila dipukul berbunyi "Gong". Gong sendiri biasanya digunakan untuk acara peresmian, dengan sebutan tabuh gong.

Sepanjang perjalanan menju Goa Gong, Anda disambut keindahan alam yang tiada tara berupa perbukitan dengan banyak goa-goa kecil di dalamnya. Goa-goa di Pacitan ini pada umumnya terbentuk dari jenis batuan Karst, batu yang tampak hitam dan sangat keras. Karena banyak goa, Goa Gong disebut seribu goa.


Situs Goa Gong Pacitan

Akses Menuju Goa Gong
Letak Goa Gong sekitar 30 km dari pusat kota Pacitan. Anda bisa datang ke Pacitan melalui Trenggalek, Ponorogo, dan atau Wonogiri, sesampainya di pusat kota Pacitan banyak penunjuk jalan yang mengantarjan Anda ke Goa Gong.

Bila dari arah Solo dan Ponorogo banyak sekalu bus yang menuju ke Pacitan, jalanya berkelok-kelok naik turun cukup menjadi tantangan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Goa Gong
Harga tiket: @ Rp. 5.000

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon