Sabtu, 16 Mei 2015

Wisata Pantai Klayar Pacitan, Pantai Paling Indah di Jawa

Kabupaten Pacitan adalah salah satu kabupaten yang berada diujung selatan Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan Trenggalek dan Wonogiri Jawa Tengah. Karena letaknya dilaut selatan dan menghadap ke laut Indonesia, Pacitan mempunyai banyak pantai salah satunya pantai Klayar. Pantai Klayar memiliki hamparan pasir putih yang luas dan batu karang yang menyerupai Sphinx, karang bolong, seruling laut, dan air mancur alami setinggi 10 meter.

Pantai Klayar terletak di desa Kalak, kecamatan Donorojo, Kab. Pacitan, Jawa Timur. Anda bisa menikmati luasnya hamparan pantai bila melintasi jalan Pacitan - Wonogiri. Pantai Klayar merupakan pantai yang paing indah di Jawa karena eksotisme alam yang begitu kental, asri, dan alami. Pantai Klayar cocok digunakan sebagai tempat berlibur bersama keluarga Anda di akhir pekan atau hari libur.
Pantai Klayar dikelilingi pohon Kelapa
Pantai Klayar dikelilingi pohon Kelapa

Berwisata ke pantai Klayar Pacitan Anda bisa melihat para nelayan lokal yang sedang mencari ikan dan pohon kelapa yang berjejer ditepi pantai. Pantai Klayar seolah-olah mempunyai medan magnet tersendiri sehingga wisatawan lokar dari berbagai daerah pada datang ke sini.
Menikmati sunset pantai Klayar
Menikmati sunset pantai Klayar

Perjalanan menuju pantai Klayar Pacitan merupakan tantangan yang menarik, dengan jalan yang berkelok-kelok dan naik turun membuat adrenalin Anda naik. Namun sesampainya di pantai Klayar, semua terbayarkan dengan indahnya pantai Klayar.
Batu karang yang tinggi di Pantai Klayar
 Batu karang yang tinggi di Pantai Klayar

Air mancur di pantai Klayar setinggi 10 meter
 Air mancur di pantai Klayar setinggi 10 meter

Panorama pantai Klayar dari atas
Panorama pantai Klayar dari atas

Akses Menuju Pantai Klayar Pacitan

Dari Pacitan menuju pantai Klayar
Perjalanan dari Pacitan pusat kota, bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil selama 3 jam perjalanan. Sarana transportasi yang digunakan munuju obyek wisata pantai Klayar umumnya hanya ada pada pagi hari bersama dengan masyarakat saat mau ke pasar di kecamatan pringkuku kecuali ojek.

Dari Yogyakarta menuju pantai Klayar Pacitan
Dar arah Gunung Kidul Yogyakarta melalui daerah Wonosari ke pantai Klayar di Pacitan hanya membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam saja. Untuk mempermudah perjalanan, maka paling enak menggunakan motor sebagai alat transportasinya, karena jalan yang akan dilalui cukup berkelok-kelok dan sempit, sehingga jika menggunakan mobil akan memperlambat perjalanan. Rute menuju Pacitan dari Gunung Kidul Wonosari seperti berikut Wonosari - Pathuk - Kota Wonosari - Pracimantoro - Giribelah - Perbatasan Jateng Jatim - Punung - Pantai Klayar.

Dari Solo menuju pantai Klayar Pacitan
Dari Solo ambil ke arah Kecamatan Pracimantoro, lanjutkan perjalanan hingga pertigaan Giribelah, kemudian belok ke kanan yang langsung ada tanjakan panjang dengan kemiringan radikal. Lanjutkan perjalanan hingga perempatan Kalak. Dengan kecepatan sedang, dari Kalak hanya dibutuhkan waktu satu jam untuk tiba di Pantai Klayar.

Dari Ponorogo menuju pantai Klayar Pacitan

Sesampainya di Ponorogo ambil arah menuju Pacitan ke arah pantai Klayar. Sebaiknya Anda sedikit berhati-hati karena jalanya naik turun dan berkelok-kelok.

Harga Tiket Masuk di Pantai Klayar Pacitan
Dewasa: Rp. 3.000
Anak-anak: Rp. 2.000

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon