Jumat, 07 Agustus 2015

Wonderful Taman Mini Indonesia Indah

Siapa yang tidak kenal Taman Mini Indonesia Indah atau disingkat TMII, destinasi wisata ini sering kita temui di Televisi Indonesia. Lalu sudahkah Anda berkunjung ke Taman Mini Indonesia Indah?? Untuk memantapkan niat Anda berkunjung kesana sebaiknya silahkan baca ulasan mengenai Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Mini Indonesia Indah merupakan miniatur atau replika kebudayaan Indonesia. Semua hal yang berkaitan dengan budaya setiap provonsi ditampilkan di sini.  Anda dapat menjumpai miniatur rumah adat Indonesia. Selain itu Anda bisa melihat danau dengan miniatur kepulauan Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Hems.. Menarik bukan??

Taman Mini Indonesia Indah terelatk di Jakarta Timur, Indonesia dengan luas 150 Ha atau 1.5 km persegi. Ternyata ide pembuatan Taman Mini Indonesia Indah adalah istri presiden RI ke-2 Siti Hartinah, yang lebih dikenal dengan sebutan Ibu Tien Soeharto. TMII mulai dibangun tahun 1975 dan selesai tahun 1975. Sekarang TMII menjadi ICON wisata ibu kota Jakarta.

Berikut Ini Beberapa Miniatur Kebudayaan Yang Ada di Taman Mini Indonesia Indah

A. Anjungan Daerah
Di Anjungan Daerah, Anda bisa melihat kebudayaan dari 34 provinsi yang ada di Indonesia. Setiap provinsi memiliki anjungan yang menampilkan bangunan atau rumah adat, pakaian tradisional, busana pernikahan, senjata khas sampai peralatan rumah tangga yang digunakan sehari-hari.
Anjungan Yogyakarta

Di setiap anjungan terdapat panggung untuk menampilkan pertunjukan tarian tradisional, upacara adat dan juga pertunjukan musik khas daerah masing-masing. Pertunjukan budaya ini biasa dilakukan pada hari Minggu, saat jumlah pengunjung mengalami kenaikan dibanding hari-hari biasa.

Pada beberapa anjungan juga terdapat kafetaria yang menyajikan makanan khas masing-masing daerah. Ada pula toko suvenir yang menjual berbagai macam suvenir berupa kerajinan tangan tiap daerah, pakaian adat sampai aksesoris khas daerah.
Anjungan Sumatara Barat

Pada tahun 1975 – 2000, Anjungan Daerah berisi miniatur kebudayaan dari 27 Provinsi di Indonesia. Sampai pada tahun 2002, saat Timor Timur lepas dari Indonesia, anjungannya berubah nama menjadi Museum Timor Timur. Selain itu, seiring bertambahnya jumlah provinsi di Indonesia menjadi 34 provinsi, dibangun pula anjungan baru untuk Banten, Bangka Belitung, Papua Barat, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Gorontalo dan Kepulauan Riau. Meskipun anjungan-anjungan tersebut berukuran lebih kecil dibanding anjungan lain yang telah dibangun sebelumnya.


B. Bangunan Keagamaan

Masjid Pangeran Diponegoro

Terdapat bangunan rumah ibadah setiap agama resmi di Indonesia yang masih aktif digunakan di Taman Mini Indonesia Indah:

  • Masjid Pangeran Diponegoro
  • Gereja Katolik Santa Catharina
  • Gereja Protestan Haleluya
  • Pura Panataran Agung Kertabumi
  • Vihara Arya Dwipa Arama
  • Kuil Konghucu Kong Miao
  • Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa
C. Sarana Rekreasi

1. Istana Anak-anak Indonesia

Wahana ini merupakan wahana favorit anak-anak yang mengunjungi Taman Mini Indonesia Indah. Di sini, anak-anak bisa menyimak dongeng-dongeng dunia dan cerita rakyat dari Indonesia.

2. Kereta Gantung

Kereta Gantung TMII

Kereta gantung bisa digunakan sebagai transportasi di Taman Mini Indonesia Indah. Dengan menggunakan kereta gantung ini Anda juga bisa melihat kawasan Taman Mini Indonesia Indah dari atas dengan leluasa. Tarif yang dikenakan adalah 30.000 Rupiah per orang.

3. Perahu Angsa

Perahu Angsa TMII

Perahu angsa digunakan untuk menjelajahi miniatur pulau-pulau dan berkeliling danau. Tarif yang dikenakan adalah 7.500 Rupiah per orang.
 

4. Snow Bay TMII
Snow Bay TMII

Snow Bay merupakan kolam renang dan wahana permainan air di Taman Mini Indonesia Indah.

5. Pusat Peragaan IPTEK

Di sini, Anda bisa melihat beragam karya IPTEK dan juga melakukan percobaan ringan. Harga tiket masuk adalah 17.000 Rupiah per orang.

6. Taman

 Ada banyak taman di Taman Mini Indonesia Indah yang berisi koleksi flora dan fauna Indonesia yang beragam. Di antara taman-taman tersebut adalah: 
  • Taman Anggrek
  • Taman Apotek Hidup
  • Taman Kaktus
  • Taman Melati
  • Taman bunga Keong Mas
  • Taman Bekisar
  • Taman Burung
  • Akuarium Ikan Air Tawar.
D. Museum

1. Museum Indonesia

Museum Indonesia

Bangunan museum ini berupa gedung tiga lantai dengan pahatan cerita Ramayana di dindingnya. Di museum ini, Anda bisa melihat beragam gambaran budaya Indonesia mulai dari transportasi tiap daerah dari masa ke masa dan adat istiadat daerah.

2. Museum Keprajuritan

 Di museum ini, Anda bisa melihat bagaimana perjuangan rakyat Indonesia dalam merebut kemerdekaan. Bangunan museum dikelilingi oleh kolam yang menggambarkan pertahanan Indonesia dengan mengandalkan kekuatan di luasnya perairan negara.

3. Museum Perangko

Museum Perangko

Di sini, Anda bisa melihat perkembangan perangko di Indonesia dan juga alat cetaknya dari masa ke masa.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon