Senin, 21 September 2015

Keindahan Wisata Desa Ubud di Bali


Desa Ubud, daerah seni yang sangat sering disebut sebagai desa bertaraf internasional. Semua orang yang telah mengenal tempat wisata Ubud Bali pasti mengatakan, Ubud memang pantas untuk menyandang predikat desa internasional. Sebagian besar dipinggir jalan di kawasan ubud terdapat restaurant, hotel, galeri dan toko-toko yang menjual kerajinan lokal. Tempat wisata di Ubud Bali sangat terkenal terkenal, baik di Indonesia maupun ke mancanegara, kecamatan yang memiliki lokasi yang terletak di antara persawahan dan kawasan hutan diapit oleh jurang-jurang dengan sungai, yang membuat lokasi ini, menggambarkan alam yang sangat indah.

Selain karena kondisi alam, Ubud juga terkenal karena seni dan budaya Bali dan sangat berkembang dari tahun ketahun. Sebagian masyarakat Ubud, kehidupan sehari-hari mereka tidak lepas dari unsur seni dan budaya. Juga sebagian masyarakatnya bermata pencaharian sebagai seniman. Baik seniman lukis, seniman kerajinan tangan ataupun seniman tari. Jika anda mencari galeri-galeri seni, maka anda harus datang ke Ubud, karena di sini terdapat banyak galeri-galeri tentang seni, serta pementasan seni musik dan seni tari, yang dipentaskan setiap malam bergiliran di segala penjuru.

Selain itu di objek wisata Ubud juga terdapat hotel-hotel berbintang, untuk para wisatawan menginap. Selain hotel berbintang, di objek wisata Ubud juga banyak terdapat penginapan dengan harga yang murah. Mungkin anda sering mendengar tentang pasar seni Sukawati, di Ubud juga terdapat pasar seni dan lebih dikenal dengan nama Ubud Art Market. Pasar seni Ubud, juga menjual kerajinan lokal dengan harga murah seperti pasar Sukawati.

Adapun 9 tempat wisata menarik yang dapat anda temukan di Ubud Bali diantaranya:
  1. Pasar Seni Ubud. Art market ini adalah obyek yang paling strategis yang berada di pusat kota dan tepat di depan Puri Agung. Tempat ini cukup unik karena di pagi hari berfungsi sebagai pasar umum (tradisional). Menjelang siang apalagi saat hari libur, berubah menjadi lokasi belanja pernak-pernik dan hasil seni khas Bali. Jika anda ingin mencari oleh-oleh, obyek ini sangat tepat sebagai tempat perburuannya.
  2. Puri Agung. Berupa istana kerajaan yang menjadi center poin kunjungan wisata. Bangunan yang masih memelihara keaslian arsitektur Bali ini sangat cocok bagi anda yang suka berfoto. Di depannya juga terdapat pendopo (seberang) yang sering menjadi ajang pentas seni.
  3. Goa Gajah. Lokasi tepatnya di kecamatan Blahbatu, Gianyar. Tempat wisata ini adalah bangunan untuk beribadah yang secara keseluruhan sangat indah dan direkomendasikan untuk dikunjungi. Bedanya dengan Goa Pindul Jogja yang harus menyusuri sungai bawah tanah, untuk masuk ke sini cukup mudah. Bahkan mobil pun parkir cukup dekat dengan area pintu masuknya.
  4. Monkey Forest. Berada di Padangtegal, Ubud, Bali. Turis asing sangat menyukai tempat yang bagaikan istana bagi ribuan monyet bermukim ini memiliki nama “Mendala Suci Wenara Wana”. Hutan ini dipenuhi oleh primata cerdas yang kadang usil. Anda perlu berhati-hati terhadap barang bawaan seperti kamera, tas, topi dan kacamata yang dikenakan. Jika barang-barang ini direbut kawanan monyet, segera hubungi petugas maupun masyarakat yang tersebar di sini agar anda dapat dibantu.
  5. Nyuh Kuning Village. Adalah desa wisata yang memiliki alam sangat asri dan sejuk. Banyak wisatawan yang bersepeda keliling desa ini yang dikenal dengan tempat yang masih memegang adat dan tradisi asli Bali. Ada banyak umbul-umbul yang seolah menyambut anda di desa Ubud ini. Beberapa penginapan bahkan resort juga ditemukan di tempat ini.
  6. Kuliner Babi Guling bu Oka. Makanan lezat yang banyak diburu oleh wisatawan non muslim ini tidak pernah sepi sepanjang hari. Bahkan tidak jarang pengunjung antri untuk mendapatkan meja. Masuk ke resto ini cukup unik karena melalui gang kecil. Tapi saat anda masuk, anda menemukan resto besar di dalamnya. Di resto yang sangat terkenal di Ubud Bali ini jangan kaget jika anda ingin membasuh tangan, karena keran wastafel berbentuk babi yang mengeluarkan air. Hahahaha, unik, bukan?
  7. Resto Bebek Bengil. Letaknya di tepi sawah menjadikan tempat makan ini sangat menyenangkan dikunjungi, selain tentunya merasakan lezatnya “dirty duck dinner”. Wisatawan asing dan domestik tidak kunjung surut di lokasi wisata kuliner ini. Jika anda ingin mencoba masakannya, kami rekomendasikan menu “crispy duck” yang sangat lezat.
  8. Kecak Dance. Di obyek ini anda dapat melihat wisata budaya tarian tradisional yang sangat memukau. Pertunjukan seni tarian ini dilakukan malam hari di puri Dalem. Di wilayah Bali, tempat wisata yang mempertunjukan tarian Kecak yang terkenal adalah di Ubud dan Uluwatu.
  9. Rafting Sungai Ayung. Kegiatan wisata yang identik dengan basah ini sangat memukau dan wajib anda coba. Menyusuri sungai sejauh 12 km dengan berbagai jeram yang seru dilewati. Arung jeram di sini tidak terlalu membahayakan dan masuk dengan tingkat kesukaran grade 3, jadi boleh dicoba bagi siapapun yang belum pernah melakukan wisata arung jeram sekalipun. Sungai Ayung adalah sungai terpanjang di wilayah Ubud yang muaranya hingga ke pantai Sanur. Panjang totalnya mencapai 62,5 kilometer.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon