Rabu, 28 Oktober 2015

4 Makanan yang Wajib Kamu Cicipi Saat Liburan di Solo

Berwisata tak melulu harus pergi ke tempat rekreasi atau wahana hiburan karena sekarang semakin ngtren saja yang namanya "wisata kuliner". Ya, wisata kuliner saat ini dijadikan alternatif baru untuk mengisi kegiatan liburan. Sebagai contohnya kita bisa berwisata kuliner ke Solo, Jawa Tengah. Kenapa Solo? Karena memang ragam makanan Solo sangat luar biasa banyak dan terkenal dengan cita rasanya yang lezat. Jadi tak perlu ragu, ke Solo kita bisa refreshing sekaligus memuaskan lidah.

Berikut 4 Menu Special Yang Wajib Anda Cicipi Saat Wisata Kuliner di Solo:

1. Timlo
Timlo Solo

Kuliner khas Solo ini mungkin mengingatkan kita pada band lawak "Timlo", tapi bukan band tersebut yang akan kita bahas. Timlo adalah makanan khas Solo yang isinya potongan-potongan daging ayam, jerohan ayam seperti ati ampela, potongan-potongan sosis solo, telur ayam pindang, dengan kuah mirip dengan sop dan di atasnya ditaburi bawang goreng. Biasanya timlo disajikan bersama dengan seporsi nasi hangat. Timlo yang terkenal di Solo adalah Timlo Sastro yang tempatnya di belakang Pasar Gedhe Solo

2. Tengkleng
Tengkleng Solo

Jika kamu menyukai sajian dari kambing, anda pasti suka dengan makanan Tengkleng, apalagi yang khas Solo ini. Tengkleng merupakan olahan daging kambing yang menyerupai gulai kambing namun kuahnya tidak memakai santan. Dahulu, masakan tengkleng ini terkenal sebagai makanan rakyat jelata, karena justru dalam masakan ini tidak menggunakan daging kambing, namun menggunakan bagian dari kambing seperti tulang belulang, kepala, usus, jerohan, kaki kambing dll. Namun saat ini masakan tengkleng juga termasuk makanan yang mewah, karena nyatanya harganya yang tidak murah.

Kenikmatan makan makanan tengkleng adalah dengan menggerogoti daging yang menempel pada tulang, meskipun tersisa sedikit. Masakan tengkleng Solo yang paling terkenal adalah tengkleng yang ada di pasar Klewer yaitu Tengkleng Ibu Edi. Warung ini tepatnya berada di samping gapura Pasar Klewer dekat dengan Alun-alun utara Keraton Surakarta.

3. Sego Liwet
Sego Liwet Solo

Sego (nasi) lliwet adalah makanan khas yang terdiri dari nasi gurih dengan sayuran labu siam, daging ayam, telur, santan kental, opor, dan berbagai bahan lainnya yang disajikan dengan alas daun pisang dengan sedikit ditekuk dan disematkan lidi supaya berbentuk kerucut (istilahnya disebut pincukan).
Tempat : Nasi Liwet Wongso Lemu yang tempatnya di Keprabon, Jalan Teuku Umar, (dekat dengan Kraton Mangkunegaran). Warung Nasi liwet Wongso Lemu ini buka pada sore jam 4an sampai jam 2 malam.

4 Bakso dan Mie Ayam Solo
Bakso dan Mie Ayam Solo

Bakso dan mie ayam dari Solo memang terkenal dimana-mana. Rasanya yang gurih dan kuahnya yang sedap menjadi andalannya. Konon katanya, penjual bakso Solo ini awalnya adalah dari warga Wonogiri. Wonogiri adalah salah satu kabupaten di sekitar Solo dan dulunya masuk dalam karesidenan Surakarta / Solo. Sehingga banyak warga Wonogiri di luar daerah yang menyebut mereka orang Solo daripada Wonogiri.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon