Selasa, 06 Oktober 2015

9 Tempat Wisata di BIMA Yang Wajib Anda Kunjungi

Kota BIMA merupakan sebuah kota otonom yang terletak di bagian timur Pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Keberadaan Kota Bima tidak terlepas dari keberadaan Kebupaten Bima karena keduanya memiliki sejarah yang sama. Ada berbagai jenis wisata seperti wisata alam dan budaya yang dapat anda temui ketika berkunjung ke Kota Bima. Sebut saja Gunung Tambora, Pacuan Kuda, Pulau Ular, dan masih banyak lagi.


Rencanakan bersama keluarga Anda untuk menyempatkan berkunjung ke BIMA, dijamin tidak nyesel dengan sajian wisata alamnya. Berikut ini 9 tempat wisara di BIMA yang berhasil idnusantara rangkum dan wajib Anda kunjungi:

1. Gunung Tambora
Gunung Tambora BIMA

Gunung Tambora merupakan gunung vulkanik yang termasuk dalam wilayah kecamatan Tambora, sekitar 200 km dari Kota Bima. Letusannya pada tahun 1815 sungguh dasyat, Kekuatan letusan mencapai 7 kali lebih kuat dari bom atom. Akibat letusan Tambora, 92.000 orang meninggal dan 3 kerajaan musnah yaitu : kerajaan Sanggar, Tambora dan Pekat. Sisa letusan menyebabkan adanya kaldera dengan luas 9 km dengan kedalaman 1.100 m. Dari puncak kawasan Gunung Tambora kita dapat menikmati keindahan kawasan hutan kayu Calabai, air terjun Sori Panihi (Kawinda) dan juga panorama laut semenanjung (Paninsula) Pantai Sanggar.

2. Pacuan Kuda
Pacuan Kuda BIMA

Lokasi Pacuan Kuda terletak di Desa Panda, Belo, 7 km dari Kota Bima. Pacuan kuda di Bima merupakan pacuan kuda yang sangat unik dan menakjubkan karena yang menungganginya adalah anak-anak berumur 5-8 tahun, sangat menarik untuk ditonton. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bima telah mengkalenderkan jadwal pacuan kuda sebanyak 4 kali setahun yaitu April, Juli, Agustus, dan Desember. Anda dapat mencapainya dengan kendaraan umum seperti ojek dan bis kota.

3. Pulau Ular
Pulau Ular BIMA

Pulau Ular adalah salah satu pulau yang berada di tengah perairan bagian timur wilayah administrasi Kecamatan Wera, sekitar 80 km dari Kota Bima. Ular-ular yang mendiami pulau ular sangat unik dan bersahabat, dengan warna putih silver dan hitam mengkilat yang sangat eksotis. Pulau ini dapat di capai dengan perahu tradisional nelayan dengan tempuh 15 menit dari daratan.

4. Pantai Kalaki
Pantai Kalaki BIMA

Pantai Kalaki merupakan pantai yang memiliki pasir yang cukup landai, terletak di sebelah selatan kota Bima. Perjalanan dari kota Bima, melewati Lawata menuju ke arah Lapangan Terbang Palibelo. Di Kalaki, pengunjung bisa bermain air laut yang dangkal, atau piknik sambil menikmati pemandangan laut teluk Bima. Pengunjung Pantai Kalaki umumnya berasal dari kota Bima dan dari kecamatan Woha dan Belo/Palibelo. Pantai Kalaki juga terlalu landai sehingga untuk mendapatkan kedalaman yang cukup untuk berenang atau menyelam, pengunjung harus masuk jauh ke dalam laut.

5. Pantai Lawata
Pantai Lawata BIMA

Pantai Lawata merupakan salah satu tempat tujuan wisata utama bagi masyarakat Kota Bima. Di kawasan pantai ini pengunjung dapat menikmati gai beryang tersedia dan melakukan aktifitas seperti berenang.

6. Pantai Amahami
Pantai Amahami BIMA

Pantai Amahami juga merupakan tempat tujuan bagi masyarakat Kota Bima untuk berwisata. Kawasan pantai ini ramai terutama pada sore dan malam hari, dengan berbagai aktifitas yang ada seperti pedagang kaki lima. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Lawata atau berada sebelum Pantai Lawata dari arah Terminal Dara. Selain pantai-pantai tersebut, di kawasan pesisir Teluk Bima masih terdapat obyek-obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Pantai Ule dan Pantai So Ati. Perjalanan dari pusat kota dengan menggunakan sepeda motor paling tidak membutuhkan waktu maksimal 10 menit. Di lokasi tersebut sekarang banyak tersedia makanan dan minuman yang terseduia untuk pengunjung Pantai Amahami.

7. Pantai Ni u
Pantai Ni u BIMA

Pantai Ni u merupakan pantai yang terletak di sisi timur Teluk Bima, di jalan lintas Bima-Sumbawa sekitar 3,5 km dari terminal Dara Kota Bima. Lokasinya yang berada di tepi jalan nasional ini menjadikan pantai ini mudah dijangkau oleh wisatawan. Obyek wisata ini cukup ramai dikunjungi wisatawan lokal, terutama pada hari-hari libur. Di kawasan ini terdapat gazebo-gazebo yang dibangun Pemerintah Kota Bima dan dapat dimanfaatkan pengunjung untuk menikmati panorama pantai kawasan ini.

8. Pantai Kolo
Pantai Kolo BIMA

Pantai Kolo merupakan salah satu pantai di Bima yang memiliki pemandangan alam yang indah. Sepanjang jalan menuju Kolo, anda akan menikmati pesona alam dengan aspal mulus menyisir sepanjang pantai. Sejak dari pendakian Ule ke utara, pesona alam bagian utara Kota Bima meninggalkan kesan. Sejauh mata memandang kearah barat, biru laut membentang memanjakan mata, dari bukit sebelah kanan jalur dan disebarang terdapat Pulau Kambing yang berdiri sendiri serta jejeran bukit dan pegunungan Soromandi serta Donggo yang begitu elok bagi siapapun penikmat alam pegunungan sekaligus laut dan pantai.

9. Pantai Ule
Pantai Ule BIMA

Pantai Ule merupakan salah satu pantai di Bima yang letaknya disepanjang utara pelabuhan Bima. Untuk menuju ke pantai Ule hanya butuh waktu 5 menit dari Pusat Kota Bima. Jalan tembus tujuan Kolo yang sudah di aspal mulus membuat perjalanan ke Pantai Ule menjadi sangat mudah untuk dicapai.

8 comments

Layak untuk dikunjungi kembali mas

sayang saya tinggalnya di Indonesia barat,tapi jika ada kesempatan ingin juga ke indonesia timur jalan-jalan..indonesia wisata luar biasa banyak tidak perlu sampai ke luar negeri jika belum keliling nusantara

Wajib dicoba gan, untuk melihat Indonesia lebih luas

hihi ngomong2 mas yang punya nih blog orang Bima juga ya?

penasaran nih sama pulau ular, kayak gimana hehe


jalan jalan ke dieng yuk
Paket Wisata Dieng

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon