Senin, 26 Oktober 2015

Wisata Air Terjun Tretes Jombang, Jawa Timur

Obyek wisata Air Terjun Tretes di Jombang ini telah terkenal di kalangan wisatawan, karena selain panorama alamnya yang indah, Air Terjun Tretes adalah air terjun yang tertinggi di Jawa Timur. Ketinggian air terjun tersebut sekitar 158 meter dan berada pada ketinggian 1250 meter dpl. Kawasan wisata ini termasuk di dalam wilayah Tahura (Taman Hutan Raya) Raden Soeryo Gunung Jurug Guah, terletak di dalam kompleks Gunung Anjasmoro. Air yang mengalir ke tempat wisata ini berasal dari Sungai Sumber Watu Bonakah. Suasananya yang berhawa sejuk, akan memberikan kenyamanan kepada para pengunjung.

Air Terjun Tretes Jombang, Jawa Timur

Apabila wisatawan ingin berkunjung ke Air Terjun Tretes, lokasi wisata ini berada di Desa Galengdowo, Kec. Wonosalam, Kab. Jombang, yaitu kurang lebih 40 km dari pusat Kota Jombang.
Terdapat 2 jalur untuk menuju ke lokasi air terjun. Jalur yang pertama melalui Kab. Jombang. Setelah memarkir kendaraan di pemukiman warga, perjalanan akan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh kurang lebih 5 km, menelusuri jalan setapak, melintasi bukit dan sungai.

Air Terjun Tretes Jombang, Jawa Timur 2

Sedangkan jalur kedua adalah melalui Kab. Kediri menuju ke Kec. Kandangan. Sesampainya di pertigaan pasar Kec. Kandangan, belok ke arah kiri menuju Galengdowo. Namun, wisatawan akan berhadapan dengan kondisi jalan berbatu yang kurang nyaman, sehingga disarankan untuk menggunakan kendaraan jenis SUV atau Jeep. Keuntungannya ialah dari areal parkir wisatawan hanya berjalan kaki sejauh kurang lebih 1 km.

Obyek wisata ini juga dapat diakses dengan menggunakan angkutan umum. Berangkat dari terminal Kepuhsari, pilihlah angkutan dengan kode B2 atau F yang menuju ke Gudo. Anda bisa turun di pasar Kec. Kandangan. Fasilitas umum yang tersedia di kawasan wisata ini masih minim. Hanya terdapat beberapa kedai makan dan areal parkir kendaraan di pemukiman penduduk.

Selain Air Terjun Tretes, kawasan wisata Tahura R. Soeryo juga memiliki 3 air terjun lainnya yaitu Air Terjun Puthuk Kursi di Coban Cangar, Air Terjun Kembar Watu Ondo yang berlokasi di Kab. Mojokerto, dan Air Terjun Gumandar yang terletak di Kabupaten Pasuruan. 

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

2 comments

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon