Senin, 26 Oktober 2015

Wisata Makam Sayyid Sulaiman

Sayyid Sulaiman adalah tokoh penyebar agama Islam yang datang dari Yaman yang menurut beberapa sumber mengatakan bahwa keluarga beliau adalah keturunan langsung dari nabi Muhammad dengan marga Basyaiban. Ayah dari Sayyid Sulaiman adalah seorang perantau dan menikah dengan putri Hasanuddin bin Sunan Gunung Jati. Jadi, secara garis keturunan ibu, Sayyid Sulaiman juga merupakan cucu Sunan Gunung Jati.

Makam Sayyid Sulaiman

Dalam kontribusinya menyebarkan agama Islam, Sayyid Sulaiman bersama dengan rekan-rekannyalah yang berjasa mendirikan pondok pesantren di Sidogiri pada tahun 1745. Saat itu, wilayah Sidogiri masih dalam bentuk hutan belantara, sehingga memerlukan waktu 40 hari untuk membabat hutan.

Makam Sayyid Sulaiman 2

Setelah berhasil dengan beberapa kontribusi yang berkenaan dengan misionarisnya, Sayyid Sulaiman meninggal dan dimakamkan di dusun Rejo Slamet, desa Mancilan, kecamatan Mojoagung, Jombang. Makam beliau banyak dikunjungi setiap harinya oleh peziarah yang datang ke Jombang untuk berdoa atau bahkan meminta jodoh dan rezeki. Akan lebih ramai lagi makam ini dikunjungi, saat malam Jumat Legi, pada kalender Jawa.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon