Minggu, 29 November 2015

31 Destinasi Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi

Sampai saat ini wilayah Indonesia bagian barat seperti pulau Sumatera kurang disoroti akan wisatanya. Mungkin karena tidak ada yang mempromosikan keindahaan alam di Sumatera. Salah satu provinsi di pulau Sumatera yaitu Sumatera Utara merupakan daerah yang mempunyai banyak tempat wisata.

Wisata di Sumatera Utara terdiri dari wisata bahari/ lautan, wisata alam seperti peggunungan dan air terjun, dan lain sebagainya.  Selengkapnya silahkan simak 31 Destinasi Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib Anda Kunjungi.

31 Destinasi Wisata di Sumatera Utara Yang Wajib Dikunjungi:

1. Danau Toba
Seperti yang sudah admin sebutkan di atas, danau toba memang sangat pantas menjadi ikon Sumatera Utara. Keindahan alamnya yang begitu mempesoa. Deretan bukit yang menjulang tinggi mengelilingi danau ini. Danau ini memiliki ukuran yang sanga sangat fantastis, yakni panjang sekitar 100 KM dan lebar sektiar 30 KM, Danau Toba adalah danau vulkanik yang terbesar di Asia Tenggara.

Danau Toba Sumatera Utara

Danau Toba adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang paling terkenal, sehingga tidak perlu kuatir apabila anda ingin menginap di Danau Toba karena di sepanjang tepian Danau Toba banyak terdapat penginapan. Pengalama admin ke sini sangat menakjubkan sekali. Soal penginapan sangat mudah, ada banyak mess, atau penginapan di pinggir danau Toba. Namun, satu saja yang perlu anda perhatikan, bagi muslim, anda harus memperhatikan dan memastikan makanan yang anda konsumsi, apakah halal atau tidak, karena disini mayoritas masyarakatnya nasrani.

2. Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit
Tempat wisata di Sumatera utara yang harus anda kunjungi selanjutnya adalah Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit. Air terjun ini sangat unik sekali, air terjun yang sangat indah dengan dua warna ini juga menjadi destinasi wisata yang tidak boleh nada lewatkan. Dengan ketinggian sektiar 100 meter, Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit mempunyai warna putih ke abuan dan biru muda karena kandungan fosfor dan belerang yang dimilikinya.

Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit Sumatera Utara

Untuk dapat mencapai lokasi Air Terjun Telaga Dwi Warna Sibolangit, anda akan melewati hutan jadi persiapkan diri anda sebelumnya. Apabila takut tersesat, anda dapat menyewa pemandu jalan.

3. Pulau Samosir
Jika anda pergi ke danau Toba, maka mengunjungi Pulau Samosir menjadi rute wajib selanjutnya. Pulau yang berada di tengah danau toba ini menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib anda kunjungi. Ada banyak sekali penual oleh-oleh di pulau ini. Anda dapat menemukan aneka baju, pernak-pernik dan aneka oleh-oleh khas pulau samosir.

Pulau Samosir Sumatera Utara

Di Pulau ini anda akan menemukan rumah masyarakat Samosir tempo dulu. Ada tradisi masyarakat samosir yang masih lestarikan, yatu menari. Para wisatawan akan di ajak menari dan bergembira. Anda juga dapat berfoto di dekat patung-patung khas orang samosir.

4. Pantai Lagundri dan Pantai Sorake
Anda mau berwisata ke Pantai? Hmm Sumatera Utara juga punya yang menantang untuk anda. bagi anda yang punya hobi berselancar, maka pantai Lagundari dan Pantai Sorake harus menjadi destinasi anda selanjutnya di Sumatera Utara.

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake Sumatera Utara

Pantai Lagundri dan Pantai Sorake adalah pantai yang masih berada dalam 1 garis pantai di Kecamatan Teluk Dalam, Nias Selatan, Sumatera Utara. Kedua pantai ini sangatlah terkenal di dunia karena ombaknya yang besar dan sangat disukai para peselancar dari berbagai belahan dunia. Bila anda tidak dapat berselancar, tidak perlu kuatir karena di kedua pantai ini banyak terdapat pelatih selancar. Selain itu ada puluhan penginapan di sepanjang pantai sehingga anda tidak perlu kuatir kesulitan mendapat penginapan.

5. Air Terjun Sigura-gura
Sumatera Utara masih memiliki banyak sekali potensi alam yang sangat mempesona. Salah satunya adalah air terjun Sigura-gura, anda mungkin pernah mendengar naman lokasi ini. Berlokasi di Kabupaten Toba Samosir, Air Terjun Sigura-gura adalah air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian sekitar 250 meter.

Air Terjun Sigura-gura Sumatera Utara

Karena letaknya yang dekat dengan Danau Toba, banyak sekali wisatawan yang datang ke tempat ini, mereka menyempatkan diri berkunjung ke air terjun tertinggi di Indonesia ini bersamaan dengan mengunjungi Danau Toba. Selain wisatawan dalam negeri, Air Terjun Sigura-gura juga banyak mendapat pengunjung dari luar negeri.

6. Danau Siombak
Satu lagi danau di Sumatera Utara yang mesti anda kunjungi adalah Danau Siombak. Danau ini mungkin tidak seterkenal danau Toba, bagi anda yang hobi mancing, maka danau ini akan memberikan sensasi tersendiri untuk anda. Danau ini memiliki luar sekitar 40 hektar yang terletak di Kelurahan Paya Pasir, Medan, Sumatera Utara.

Danau Siombak Sumatera Utara

Danau Siombak adalah lokasi akhir pekan favorit warga Medan, terutama bagi mereka yang ingin bersantai sambil memancing. Selain itu terdapat juga kawasan bermain anak-anak hingga berbagai jenis permainan air sehingga Danau Siombak sangat cocok untuk tempat wisata akhir pekan warga Medan dan sekitarnya.

7. Bukit Gundaling
Bukit Gundaling Sumatera Utara

Bukit Gundaling adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang berlokasi sekitar 60 KM dari kota Medan. Berada di pinggir kota Berastagi, Bukit Gundaling berada di ketinggian lebih dari 1,500 meter di atas permukaan laut. Apabila anda pernah pergi ke tempat wisata di Puncak, anda akan cepat terbiasa dengan suasana di Bukit Gundaling karena suasananya serupa dengan puncak. Yang unik dari Bukit Gundaling adalah kita dapat melihat pemandangan 2 gunung berapi di puncak Bukit Gundaling.

8. Menara Air Tirtanadi
Menara Air Tirtanadi Sumatera Utara

Menara Air Tirtanadi adalah sebuah menara air yang sangat penting bagi masyarakat kota Medan. Didirikan oleh pemerintah Belanda pada tahun 1908 sebagai tempat penampungan air, saat ini Menara Air Tirtanadi masih berfungsi sebagai penampung air yang sangat berguna bagi masyarakat Medan. Sejak dahulu kala, Menara Air Tirtanadi sudah menjadi salah satu ikon kota Medan, hingga sekarang menjadi tempat wisata yang tidak biasa di kota Medan.

9. Rumah Tjong A Fie
Rumah Tjong A Fie Sumatera Utara

Rumah Tjong A Fie, apa yang spesial dari tempat ini sampai bisa menarik perhatian wisatawan? Rumah Tjong A Fie adalah rumah yang dulunya dimiliki oleh Tjong A Fie, orang terkaya di Medan pada masa lampau. Tjong A Fie meninggal pada tahun 1926 akibat pendarahan otak, namun ia meninggalkan sebuah warisan berupa rumahnya yang merupakan saksi sejarah dan juga sebuah museum. Kekayaan yang ia miliki, ia bagikan sebelum meninggal kepada masyarakat yang membutuhkan.

10. Bukit Lawang
Bukit Lawang Sumatera Utara

Bukit Lawang terletak sekitar 80 KM dari kota Medan, termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Lauser. Karena berada di kawasan pegunungan yang penuh dengan pepohonan hijau, udara di Bukit Lawang sangatlah sejuk tanpa adanya polusi seperti di kota. Kegiatan yang dapat anda lakukan di sini yaitu trekking, melihat orang utan, tubing, dan lain-lain. Bila ingin menginap tidak perlu kuatir karena ada penginapan di sini.

11. Kampung Madras Medan/ Kampung Keling
Kampung Madras Medan/ Kampung Keling Sumatera Utara

Kampung Madras Medan atau sering juga disebut sebagai Kampung Keling adalah daerah yang sebagian besar penduduknya merupakan orang Keling atau India. Suasana di Kampung Madras Medan sangat kental dengan adat istiadat penduduk India yang beragama Hindu. Di lokasi ini masih terdapat cukup banyak bangunan khas Belanda sehingga selain wisata budaya, anda juga dapat menikmati wisata sejarah di Kampung Madras Medan. Selain itu anda juga dapat menikmati wisata kuliner ala India, dan berbelanja pernak pernik India serta menjahit baju dengan kualitas baik di Kampung Madras Medan.

12. Rahmat International Wildlife Museum & Gallery
Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery adalah sebuah museum yang memamerkan berbagai macam koleksi binatang yang telah diawetkan. Berlokasi di kota Medan, museum ini adalah satu-satunya museum yang mempunyai koleksi lengkap hewan yang diawetkan di Asia. Museum yang beralamat di Jalan S. Parman ini buka sampai dengan jam 5 sore, dengan harga tiket masuk sebesar 25,000 Rupiah, untuk safari malam biayanya adalah 10,000 Rupiah, dan untuk memotret biayanya adalah 20,000 Rupiah.

13. Gunung Sibayak
Gunung Sibayak Sumatera Utara

Gunung Sibayak adalah tempat wisata di Sumatera Utara yang cocok bagi anda yang menyukai petualangan. Pernah meletus pada tahun 1600, Gunung Sibayak sekarang ini lumayan populer di kalangan pendaki gunung karena keindahan dan tantangan yang ditawarkannya. Biasanya mereka berangkat sekitar jam 2 pagi, sehingga dapat menikmati matahari terbit pada saat sudah berada di atas Gunung Sibayak. Selain dapat melihat matahari terbit yang indah, dari puncak Gunung Sibayak kita juga dapat melihat kota Medan.

14. Cagar Alam Sibolangit
Cagar Alam Sibolangit Sumatera Utara

Cagar Alam Sibolangit adalah sebuah kawasan dengan luas sekitar 24 hektar yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang. Memiliki bentuk tanah yang berbukit dan berada di ketinggian 500 meter di atas permukaan laut, Cagar Alam Sibolangit menawarkan pemandangan yang indah dan suasana yang sejuk. Selain untuk wisata alam, Cagar Alam Sibolangit adalah lokasi favorit untuk kegiatan perkemahan pramuka.

15. Danau Lau Kawar
Danau Lau Kawar Sumatera Utara

Danau Lau Kawar terletak di kaki Gunung Sinabung, Sumatera Utara. Dengan airnya yang berwarna biru, Danau Lau Kawar memiliki luas sekitar 200 hektar, lebih kecil dari Danau Toba. Walau lebih kecil dari Danau Toba, Danau Lau Kawar memiliki suasana yang asri dengan banyak pepohonan hijau di kaki gunung sehingga tidak kalah indah dari Danau Toba. Di pinggir Danau Lau Kawar sering terdapat grup yang berkemah, beristirahat saat mendaki Gunung Sinabung. Selain itu kita juga dapat melihat beberapa orang memancing di tengah danau dengan menggunakan perahu kecil.

16. Taman Nasional Gunung Leuser
Taman Nasional Gunung Leuser Sumatera Utara

Taman Nasional Gunung Leuser adalah sebuah area pelestarian alam yang berlokasi di 2 Provinsi yaitu Sumatera Utara dan Aceh. Selain berfungsi sebagai area pelestarian alam, Taman Nasional Gunung Leuser juga menjadi tempat wisata alam di Sumatera Utara yang cukup menarik karena keanekaragaman fauna dan floranya. Taman Nasional Gunung Leuser sangat cocok untuk mencari ketenangan dari keseharian suasana kota yang biasa kita rasakan.

17. Tangkahan
Tangkahan Sumatera Utara

Tangkahan merupakan kawasan yang termasuk dalam Taman Nasional Gunung Leuser, Sumatera Utara. Dengan bentuk tanah berbukit, hutan tropis yang rindang, dan suasana yang sejuk, Tangkahan sangatlah cocok untuk pecinta wisata alam. Kegiatan yang dapat anda lakukan di Tangkahan adalah berenang, trekking, menaiki gajah, masuk goa kelelawar, bermain di air terjun, dan lain-lain.

18. Hillpark Sibolangit/ Green Hill City
Hillpark Sibolangit/ Green Hill City

Berlokasi di Desa Suka Makmur Sibolangit, Deli Serdang, Hillpark Sibolangit adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai banyak jenis permainan. Mirip dengan Dufan di Jakarta, Hillpark Sibolangit adalah salah satu taman permainan yang terbesar di Sumatera dengan luas sekitar 20 hektar. Sesuai dengan namanya, Hillpark Sibolangit berada di daerah pegunungan yang memiliki ketinggian sekitar 550 meter di atas permukaan laut sehingga memiliki udara yang lumayan sejuk.

19. Aek Sijornih
Aek Sijornih Sumatera Utara

Aek Sijornih mungkin kurang populer di telinga wisatawan karena memang tempat ini kurang diperhatikan pemerintah. Aek Sijornih adalah sebuah tempat wisata di Sumatera Utara berupa air terjun. Aek Sijornih adalah sebuah nama dari bahasa batak yang mempunyai arti air jernih. Berlokasi di Desa Aek Libung, Aek Sijornih terdiri dari dua buah air terjun berukuran kecil yang melewati tebing miring dengan kandungan kapur.

20. Salju Panas Dolok Tinggi Raja
Salju Panas Dolok Tinggi Raja Sumatera Utara

Berlokasi di Desa Dolok Tinggi Raja, Sumatera Utara, Salju Panas Dolok Tinggi Raja murupakan sebuah kawasan bukit kapur dengan warna yang unik. Mirip dengan sebuah danau, Salju Panas Dolok Tinggi Raja memiliki warna tanah yang unik yaitu bewarna putih sehingga menyerupai salju. Selain itu, di tengah-tengah kawasan ini terdapat danau air panas yang berwarna biru kehijauan. Salju Panas Dolok Tinggi Raja adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang belum terkenal namun sangat menarik untuk dikunjungi, namun perlu diingat bahwa jalan menuju Salju Panas Dolok Tinggi Raja kualitasnya kurang bagus bahkan banyak warga setempat yang meminta uang.

21. Penangkaran Buaya Asam Kumbang
Penangkaran Buaya Asam Kumbang Sumatera Utara

Penangkaran Buaya Asam Kumbang atau sering disebut sebagai Taman Buaya Asam Kumbang adalah salah satu taman reptil yang paling besar di Indonesia dengan lebih dari 2,400 ekor reptil. DIbangun sejak tahun 1959, Penangkaran Buaya Asam Kumbang mempunyai koleksi banyak buaya dari yang muda hingga yang berusia puluhan tahun. Walau dipenuhi banyak binatang buas, tempat ini sangat aman karena mereka diletakan di kolam dan danau buatan yang sudah di desain secara aman. Harga tiket masuk Penangkaran Buaya Asam Kumbang adalah 5,000 Rupiah.

22. Masjid Raya Medan
Masjid Raya Medan Sumatera Utara

Masjid Raya Medan yang berlokasi di Medan, Sumatera Utara mulai dibangun pada tahun 1906 dengan gaya campuran antara Timur Tengah, Spanyol, dan India. Beralamat di Jalan Sisingamangaraja, Masjid Raya Medan sangat mudah ditemui oleh wisatawan yang tertarik dengan keanggunan Masjid Raya Medan.

23. Air Terjun Sipiso-piso
Air Terjun Sipiso-piso Sumatera Utara

Air Terjun Sipiso-piso terletak dekat dengan Desa Tongging, Sumatera Utara. Air Terjun Sipiso-piso dikelola sebagai salah satu tempat wisata di Sumatera Utara oleh Pemerintah Kabupaten Karo. Kata piso berasal dari kata pisau karena derasnya air terjun ini bagaikan pisau yang tajam. Air Terjun Sipiso-piso adalah salah satu air terjun yang paling tinggi di Indonesia.

24. Istana Maimun
Istana Maimun Sumatera Utara

Istana Maimun yang saat ini sudah menjadi ikon kota Medan, Sumatera Utara adalah sebuah peninggalan Kerajaan Deli. Sejak tahun 1946, istana ini dihuni oleh ahli waris kesultanan Deli. Istana seluas lebih dari 2,700 meter ini memiliki lebih dari 30 buah ruangan dengan desain interior yang merupakan perpaduan budaya Melayu, Islam, Itali, Spanyol, dan Italia. Selain berfoto-foto di bangunan bersejarah ini, pengunjung juga dapat melihat-lihat koleksi perabotan Belanda kuno, koleksi foto-foto kelaurga sultan, dan koleksi macam-macam senjata. Berlokasi di Jalan Brigadir Jenderal Katamso, Kecamatan Medan Maimun, Medan, Istana Maimun sudah menjadi salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang selalu dikunjungi oleh orang yang datang ke kota Medan. Harga tiket masuk Istana Maimun adalah 5,000 Rupiah per orang.

25. Danau Linting
Danau Linting Sumatera Utara

Danau Linting memang tidak sepopuler Danau Toba, namun Danau Linting adalah salah satu tempat wisata di Sumatera Utara yang menarik. Danau Linting merupakan sebuah danau vulkanik dengan ukuran sekitar 1 hektar dan mengandung belerang sehingga warna airnya bewarna kehijauan. Apabila anda ingin berenang berhati-hatilah karena Danau Linting yang berlokasi di Kabupaten Deli Serdang memiliki kedalaman lebih dari 100 meter. Harga tiket masuk Danau Linting adalah 5,000 Rupiah.

26. Maha Vihara Adhi Maitreya

Maha Vihara Adhi Maitreya Sumatera Utara


Maha Vihara Adhi Maitreya adalah sebuah tempat peribadatan agama Buddha, memiliki suasana yang asri, tertata rapi, dan terjaga kebersihannya. Berdiri di atas lahan seluas 4.5 hektar, bangunan vihara ini secara arsitektural adalah berkarakter ajaran Buddha Maitreya.

Saat masuk ke dalam vihara, Anda akan menemukan tiga buah patung suci, yakni patung Sang Buddha, Dewi Kwan Im, dan Hakim Bao. Berjalan-jalan mengelilingi vihara sambil berfoto adalah kegiatan yang paling populer dilakukan wisatawan selain tentu saja untuk tujuan beribadah bagi yang ingin melakukannya.

27. Pulau Nias
Pulau Nias Sumatera Utara

Nias memiliki reputasi dunia dengan pesona lompat batu dan kegiatan selancar. Dinding batu setinggi 2 meter dapat dilompati oleh pemuda setempat dengan begitu mudahnya. Ini adalah suguhan atraksi di Nias yang terkenal, dapat Anda temukan di desa Bawomatauo.

Tradisi lompat batu di Pulau Nias lahir dari kebiasaan berperang antardesa masyarakat Pulau Nias. Di desa Bawatomataluo dan Hilisimae, ada juga pertunjukan tari perang tradisional dimana para penarinya mengenakan kostum tradisional dengan bulu burung berwarna cerah yang diikatkan di kepala mereka. Selain itu, berselancar di Nias adalah salah satu yang terbaik di dunia dengan ombak besar yang menantang, sebuah hal yang juga dapat Anda temukan di Hawaii.

Pulau Nias terletak di Samudera Hindia pada arah barat Pulau Sumatera. Gunung Sitoli merupakan kota yang menjadi salah satu sentral kepariwisataan di sana. Anda dapat menemukan Museum Pusaka Nias di kota ini dengan 6.500 koleksi benda budaya peninggalan Masyarakat Nias. Bersama dengan Danau Toba, Pulau Nias adalah beberapa tempat wisata di Sumatera Utara yang dikenal luas di mancanegara.

28. Kota Tarutung
Kota Tarutung Sumatera Utara

Tarutung adalah ibukota Kab. Tapanuli Utara, yang pada awal abad ke-19 adalah tempat yang ramai ramai dikunjungi oleh orang-orang sekitarnya untuk transaksi dagang yang datang dari daerah Silindung, Humbang, Samosir, Toba, Dairi, termasuk dari selatan seperti Pahae, Sipirok, hingga Sibolga dan Barus.

Selain Salib Kasih yang merupakan landmark memikat lainnya, di Tarutung terdapat pula kolam pemandian air soda yang hanya ada dua di dunia selain Venezuela, yaitu Aek Rara Tarutung. Jika ingin menelusuri riwayat kekristenan di Tanah Batak, Anda dapat pergi ke kantor pusat HKBP di Pearaja.

29. Taman Wisata Rohani Salib Kasih
Inilah landmark kota Tarutung, sebuah monumen berbentuk salib yang dibangun di Dolok (bukit) Siatas Barita untuk mengenang jasa, dedikasi, dan pengabdian yang luar biasa dari Dr. Ingwer Ludwig Nommensen. Nommensen adalah seorang missionaris asal Marsch Nordstrand, Jerman Utara yang mengajarkan agama Kristen di Tanah Batak untuk membebaskan masyarakat Batak dari animisme dan keterbelakangan peradaban.

Taman Wisata Rohani Salib Kasih Sumatera Utara

Di puncak (dolok) Siatas Barita inilah, Nommensen pernah akan dibunuh oleh masyarakat Batak tatkala berlangsung ritual penyembahan kepada Sombaon Siatas Barita, yaitu roh alam yang disembah orang Batak. Saat pemimpin ritual (Sibaso) menyuruh pengikutnya untuk membunuh, Nommensen menghadapinya dan berkata bahwa roh tersebut adalah roh setan. Setelah itu, Sibaso jatuh tersungkur dan tidak mengganggunya lagi.

Untuk dapat masuk, Anda harus membayar tiket masuk Salib Kasih sebesar Rp 2 ribu per orang. Salib ini memiliki tinggi sekitar 30 meter dan dihiasi dengan lampu sehingga pada malam hari akan terlihat jelas dari kota Tarutung yang berada di kaki bukit Siatas Barita tersebut.

30. Graha Santa Maria Annai Velangkanni
Graha Santa Maria Annai Velangkanni Sumatera Utara

Inilah salah satu destinasi wisata di rohani di Medan, sebuah gereja umat Katholik yang sangat unik. Secara arsitektural, bangunan Graha Santa Maria Annai Velangkanni hampir mirip sebuah kuil Hindu. Pada awalnya gereja ini diperuntukkan bagi umat Katolik Tamil yang ada di kota Medan, dan dalam perjalanannya terbuka bagi seluruh umat.

31. Taman Alam Lumbini
Taman Alam Lumbini Sumatera Utara

Taman Alam Lumbini terletak di kaki Gunung Sibayak, menjadi sebuah destinasi wisata Berastagi yang populer, serta memiliki keunikan berupa adanya sebuah pagoda yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Pagoda ini adalah replika Pagoda Shwedago yang ada di Myanmar. Ciri khas pagoda ini adalah stupa Buddha sepanjang 69 meter dan tinggi 46,8 meter. Terdapat lebih dari 2500 patung Buddha dan relief lainnya di kawsan wisata ini.


www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon