Senin, 23 November 2015

4 Destinasi Wisata di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah

Dataran Tinggi Dieng semakin dikenal publik semenjak filem Preman in Love yang diperankan oleh Tora Sudiro. Dimana lokasi syutingya mengambil salah satu kampung di dataran tinggi Dieng. Semenjak itu dataran tinggi Dieng ramai sebagai tempat syuting filem FTV. Dibalik itu semua ternyata dataran tinggi Dieng menyajikan beberapa keindahan destinasi wisata alam yang paling eksotis di dunia.

Dieng merupakan wisata pegununga populer di Jawa Tengah banyak orang-orang kagum akan kekayaan alamnya. Dieng merupakan surganya para pelancong penikmat alam khususnya alam pegunungan. Selain udaranya sejuk bahkan dingin mampu memberikan ketenangan serta kenyamanan bagi Anda yang terbiasa sibuk kerja di kota-kota metropolitan apalagi disuguhi pemandangan alam yang luar biasa indahnya.

Sebelum berkunjung ke Dieng tentunya Anda harus mengetahui tempat-tempat wisata mana saja yang wajib dikunjungi. Dieng memang terkenal dengan keberagaman wisata alamnya seperti gunung-gunung yang ada di Dieng dan kebanyakan sebagai tempat melihat matahari terbit, telaga-telaga menawan, kawah-kawah vulkanik serta peninggalan-peninggalan sejarah berupa candi-candi kuno.

Dieng adalah kawasan dataran tinggi di Jawa Tengah, yang masuk wilayah Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo. Letaknya berada di sebelah barat kompleks Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing. Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000 m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 12—20°C di siang hari dan 6-10°C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0°C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas ("embun racun") karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Secara administrasi, Dieng merupakan wilayah Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara dan Dieng ("Dieng Wetan"), Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Wilayah ini merupakan salah satu wilayah paling terpencil di Jawa Tengah.

Berikut ini 4 Destinasi Wisata di Dataran Tinggi Dieng Jawa Tengah:

1. Bukit Sikunir Dieng
Bukit Sikunir Dieng

Tujuan utama yang banyak orang cari adalah sensasi mengejar matahari terbit di Puncak Bukit Sikunir yang terkenal akan Golden Sunrisenya. Disinilah orang-orang berbondong-bondong mendaki bukit dengan ketinggian 500 meter kurang lebih 40 menit perjalanan mendaki. Tak heran para wisatawan tak ingin ketinggalan moment yang satu ini karena memang indah dan langka di dapat. Selain Golden Sunrise menawan yang Anda dapatkan landscape sekitar bukit sikunir terlihat sangatlah indah dan tampak dramatis. Gunung-gunung maupun pegunungan mengelilingi bukit mungil ini. Jika beruntung Anda juga dapat menyaksikan lautan awan makanya Dieng disebut-sebut sebagai sang negeri di atas awan.

2. Telaga Warna Dieng

Telaga Warna Dieng

Selain golden sunrisenya, siapa sih yang tidak kenal dengan Telaga Warna Dieng. Sebuah karunia Tuhan yang di turunkan lewat alam Dieng mampu menghipnotis siapa saja yang datang. Air telaga yang berwarna-warni seperti memantulkan warna hijau, biru, kuning serta silver saat siang hari. Warna-warni air telaga akibat pantulan cahaya matahari ke air belerang karena memang air Telaga Warna mengandung belerang dan dulunya adalah sebuah kawah. Ada beberapa tempat terindah yang ramai dibicarakan untuk menyaksikan keindahan Telaga Warna ini yaitu dari Batu Pandang dan Bukit Sidengkeng. Dari kedua tempat ini Anda dapat mengabadikan potret diri yang menakjubkan dengan background Telaga Warna serta pegunungan yang mengelilinginya.

3. Kawah Sikidang Dieng
Kawah Sikidang Dieng

Dieng memang sebagai pegunungan aktif di Jawa Tengah makanya banyak kawah-kawah yang terbentuk di area ini. Jika berkunjung ke Dieng tidaklah afdol jika tidak mengunjungi salah satu obyek wisata populer di Dieng yaitu Kawah Sikidang. Disinilah Anda dapat menyaksikan secara dekat dahsyatnya letupan kawah Dieng.

4. Candi Arjuna Dieng
Candi Arjuna Dieng

Tujuan wisata populer yang ke empat adalah Komplek Candi Arjuna Dieng. Disinilah Anda dapat menyaksikan bekas peradaban di masa abad ke 7 silam. Candi Dieng merupakan candi tertua di pulau jawa yang beraliran Hindu. Disinilah Anda dapat mengabadikan moment liburan Anda terbaik bersama keluarga. Saat musim kemarau tiba Anda juga dapat menyaksikan fenomena langka yakni salju Dieng atau yang sering disebut juga embun upas dan anda akan merasakan ekstrimnya suhu dieng mencapai minus 3 derajad celcius.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon