Minggu, 29 November 2015

Air Terjun Madakaripura, Air Terjunnya Patih Gajah Mada

Air terjun Madakaripura yang terletak di Probolinggo, Jawa Timur Indonesia, konon adalah tempat peristirahatan terakhir patih Gajah Mada. Sebelum sang patih hilang seperti ditelan bumi. Letaknya ada di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru Kec. Lumbang Probolinggo, Jawa Timur.

Nama air terjun Madakaripura diambil dari bahasa jawa yaitu Mada atau patih Gajah Mada, Kari yaitu Tinggal dan Pura. Sehingga Madakaripura berarti pura yang ditinggalgan patih kerajaan Majapahit yaitu patih Gajah Mada.
Air Terjun Madakaripura, Air Terjunnya Patih Gajah Mada

Air terjun Madakaripura dikelilingi bukit dan tebing yang meneteskan air pada setiap tebing-tebingnya, ada 3 tebing yang mengucurkan air terjun. Tetesan air terjun Madakaripura nampak seperti rintik hujan, Anda yang ada di dalamnya akan merasa seperti berada dalam botol raksasa.

Tinggi Air terjun Madakaripura adalah sekitar 200 mdpl, dan kabar baiknya air terjun ini adalah air terjun tertinggi di pulau Jawa. Jika Anda sedang berada di Jawa Timur atau Anda sedang berkunjung ke gunung bromo, tidak ada salahnya untuk menyempatkan mampir ke air terjun Madakaripura ini.

Anda bisa mencapai tempat ini dari Probolinggo atau dari Malang, kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Tongas dan dari Tongas Anda bisa lanjut ke air terjun Madakaripura. Anda juga bisa menikmati pemandangan Tongas sambil mengambil gambar. Akses jalan menuju air terjun ini lumayan sulit namun pemandangan dalam perjalanan menuju air terjun sangat indah, udaranya segar banyak pohon-pohon yang akan Anda lewati dalam perjalanan. Kurang lebih butuh waktu 60 menit untuk samapai ke tempat air terjun Madakaripura ini.

Untuk menikmati air terjun utamanya Anda harus berjalan dan menaiki tebing yang cukup licin. Namun semua perjuanganmua akan terbayar saat Anda melihat air terjun utamanya dan jika Anda beruntung kamu juga bisa menyaksikan pelangi yang terbentuk di antara tebing air terjun Madakaripura

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon