Minggu, 20 Desember 2015

6 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Wajib Dikunjungi

Sepintas kabupaten Wonogiri tidak setenar kabupaten lain yang berada di Jawa Tengah. Kabupaten Wonogiri juga jarang masuk pemberitaan publik, namun dibalik itu Wonogiri menyimpan 6 destinasi wisata yang sangat indah dan tidak kalah dengan kabupaten lain.

Wonogiri adalah kabupaten yang terletak diujung selatan Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Pacitan dan Ponorogo. Wonogiri terletak didataran tinggi sehingga membuat suhu udara sejuk dan segar. Berikut ini ada beberapa tempat yang wajib Anda singgahi kalau sedang berada di wonogiri, kalau yang pernah ke solo tinggal perjalanan dikit sekitar 1-2 jam lagi ke arah selatan, bakalan ketemu gapura besar yang bertuliskan Selamat Datang di wonogiri .
6 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Wajib Dikunjungi

6 Tempat Wisata di Wonogiri Yang Wajib Dikunjungi:

1. Waduk Gajah Mungkur
Waduk Gajah Mungkur Wonogiri

Sebuah Tempat wisata yang paling dekat dari pusat kota kabupaten wonogiri, hanya berjarak sekitar 3 km,waduk yang rampung dibangun pada tahun 1978 ini ramai dikunjung karena pesona alamnya yang indah dan adem membuat enak untuk ngisis hehe.. Anda bisa naik perahu bareng keluarga untuk berkeliling di sekitaran waduk.

2. Museum Wayang Indonesia
Museum Wayang Indonesia

Pilihan wisata sekaligus edukasi buat Anda biar bisa mengenal kebudayaan jawa wayang. Museum ini terletak di kecamatan Wuryantoro Wonogiri, berjarak sekitar 15 km dari Waduk Gajah Mungkur

3. Goa Ratu Kencana Wungu
Goa Ratu Kencana Wungu Wonogiri

Nah buat Anda yang suka wisata ditempat tempat yang mengandung historis dan spiritual, ini dia salah satu tempat yang musti Anda kunjungi. Terletak di desa wonodadi kecamatan Pracimantoro berjarak sekitar 40 km dari kota wonogiri. Goa yang menjadi tempat persembunyian Ratu Kencana Wungu zaman dulu, hehe Anda juga bisa tanya-tanya tentang historis dari goa tersebut kepada kuncen disana .. tiket masuknya juga murah kok cuma 5rb per orang.. Anda bisa bertapa di goa itu siapa tau dapet wangsit hahaha.

4. Pantai Nampu
Pantai Nampu Wonogiri

Dari Waduk Gajah Mungkur Anda hanya perlu gas terus melakukan perjalanan ke arah selatan, Tepatnya Kecamatan Paranggupito, lingkungan yang masih asri dan murah meriah cuma perlu bayar retribusi kalau dulu cuma 3ribu rupiah, tetapi paling sekarang tidak sampai 5rb per orang. Anda bakalan disuguhi pemandangan asri pasirputih yang bikin bisa nyebut dalam hati "Subhanallah".

5. Pantai Banyutowo
Pantai Banyutowo Wonogiri

Tempat wisata pantai di Wonogiri yang satu ini juga terdapat di Kecamatan Paranggupito. Tepatnya Pantai Banyutowo terdapat di Gudangharjo kecamatan Paranggupito Wonogiri. Nama pantai ini "Banyutowo" memiliki arti air tawar. Berarti di pantai ini terdapat air tawar yang berasal dari sejumlah sungai di sekitarnya. Di pantai ini juga terdapat pemandangan berupa batu karang yang indah sehingga sangat sayang untuk dilewatkan.

6. Pantai Sembukan
Pantai Sembukan Wonogiri

Selain Pantai Nampu dan Banyutowo teryata di Kecamatan Paranggupito juga ada pantai lainnya yaitu Pantai Sembukan. Pantai ini selain memiliki pemandangan yang indah juga dijadikan sebagai tempat bermeditasi dan ngalap berkah bagi penduduk sekitar pantai. Pada waktu tertentu di lokasi Pantai Sembukan ini diadakan acara larung dan wayangan sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta. Selain untuk tempat wisata, di Pantai Sembukan juga dijadikan lokasi memancing yang tentunya mengasyikkan.

Nah itu tadi tempat daerah wisata diwonogiri yang mungkin bisa jadi tambahan referensi buat Anda yang mau main kewonogiri, dan itu cuma 1 arah kok mulai dari Waduk Gajah Mungkur, Museum Wayang, Goa Putri Kencana Wungu, Pantai Nampu, Pantai banyutowo, dan pantai sembukan berurutan. So gampang dicari hehe.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon