Rabu, 23 Desember 2015

6 Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan

Musim hujan telah tiba, usim yang dinanti oleh sebagian banyak orang. Akan tetapi musim hujan ternyata memberikan kesulitan tersendiri untuk para pendaki memenuhi kepuasan mereka untuk mendaki gunung. Pasalnya tingkat kesulitan akan berlipat ganda. Meski begitu Anda bisa tetap mendaki ketika musim hujan tiba. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, adalah sebagai berikut.
6 Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan
6 Tips Mendaki Gunung Saat Musim Hujan:

1. Menjaga kesehatan
Anda harus menjaga kesehatan dan juga mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih matang. Hal ini bisa dimulai dari fisik, mental hingga perlengkapan ketika Anda mendaki gunung. Kesehatan jelas yang paling penting. Caranya dengan mengkonsumsi air putih minimal 8 gelas sehari dan menambah vitamin C agar daya tahan tubuh semakin terjaga.

2. Memilih jalur pendakian yang ringan
Ketika musim hujan tiba disarankan untuk memilih jalur pendakian yang cukup ringan. Dan disarankan pula untuk langsung turun ketika sudah sampai di puncak. Jangan berkemah di area bumi perkemahan. Pasalnya curah hujan yang tinggi akan membuat perlengkapan Anda mudah basah.

3. Mempelajari jalur pendakian
Mempelajari jalur ketika Anda hendak melakukan pendakian ternyata sangat penting. Ketika hujan turun, tentu saja bisa memberikan risiko yang sangat tinggi dan juga sangat berbahaya. Kala hujan, area pegunungan akan sangat rawan longsor dan juga licin. Ada baiknya Anda mempelajari dan mengenali kawasan pendakian tersebut.

4. Memantau prakiraan cuaca
Sebelum Anda memulai untuk mendaki, ada baiknya untuk memantau prakiraan cuaca melalui situs BMKG atau juga di berbagai aplikasi di gadget Anda untuk melihat kondisi cuaca yang terjadi di hari pendakian. Hal ini untuk menjadi bahan pertimbangan untuk melakukan pendakian.

5. Bawa barang yang dibutuhkan
Disarankan untuk membawa barang yang Anda butuhkan ketika hendak mendaki gunung. Siapkan pakaian ganti dan juga makanan secukupnya ketika Anda hendak mendaki. Jangan membawa barang yang cukup banyak yang akan membuat Anda akan kesulitan bergerak.

6. Siapkan trash bag
Disarankan untuk menyiapkan trash bag untuk melindungi bagian dalam tas dari air hujan. Meski sudah tahan air, akan tetapi ada beberapa bagian yang bisa dilalui air dengan mudah. Hal ini untuk menahan air agar tidak membasahi barang-barang yang Anda miliki.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon