Rabu, 17 Februari 2016

Keindahan Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek

Air terjun Grobogan Sewu adalah air terjun yang terletak di ujung selatan kabupaten Trenggalek tepatnya di kecamatan Panggul. Air terjun Grobogan Sewu dipercaya masyarakat sekitar bisa bikin awet muda, maka dari itu wisatawan lokal banyak yang mandi di sini supaya awet muda.

Air terjun Grobogan Sewu terletak di sebelah barat pantai Pelang. Karena letaknya di pinggir pantai Anda juga dapat menikmati keindahan hamparan rumput kecil di sepanjang pantai pelang. Air Grobogan Sewu memiliki ketinggian 10 m dan dapat digunakan untuk mandi. Bahkan penduduk setempat meyakini, air terjun ini akan membuat awet muda seseorang bila mandi di tempat ini.
Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek

Menurut warga sekitar, air terjun ini disebut juga Air Terjun Grobogan Sewu. Sumber air terjun ini mengalir dan turun dari sela-sela karang menuju dasar yang berupa batu-batu berwarna keputihan. Dibalik air terjun ini terdapat gua kecil, kira-kira seukuran daun pintu. Kondisi pantai Pelang sendiri juga tak jauh beda dengan pantai-pantai lain di selatan Jawa yang khas dengan ombak besar. Jadi, jangan sekali pun berenang di pantai Pelang.
Pantai Pelang Trenggalek

Akses Menuju Grobogan Sewu dan Pantai Pelang

Untuk menuju pantai Pelang, dari pusat kota Trenggalek dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi dan umum. Kondisi jalan menuju Pantai Pelang ini relatif sudah bagus dan menantang. Tikungan tajam dengan tanjakan dan turunan curam dipandu dengan jurang dalam di kiri kanan jalan akan banyak ditemui.

Selain dari kota Trenggalek, pantai Pelang dapat juga dicapai dari kota Ponorogo dengan rute Jetis-Ngasinan-Bungkal-Ngrayun-sampai perbatasan Trenggalek, dan langsung mencapai Kecamatan Pelang. Rute ini cukup sulit karena melewati pegunungan yang terjal dan curam.  Umumnya kondisi jalan sudah bagus, hanya di beberapa tempat jalan rusak kerap di jumpai, terutama masuk di daerah Trenggalek.

Baca: 12 Tempat Wisata di Kabupaten Trenggalek

Rute lain juga dapat ditempuh, yaitu dari arah Kota Pacitan dengan melewati daerah Jalur Lintas Selatan. Untuk melewati jalur ini, jangan khawatir, Jalur Lintas Selatan yang mulus siap memanjakan Anda dalam perjalanan menuju pantai Pelang, dengan pemandangan yang indah dan tentu jalannya masih dalam kondisi bagus.

Baca: Wisata Gua Ngerit Trenggalek, Gua Yang Terlupakan

Bagi yang menggunakan kendaraan umum, dari kota Trenggalek (di terminal bis Trenggalek) naik bus jurusan Trenggalek-Lorok/ Pacitan dan turun di Kecamatan Panggul. Perjalanan menggunakan bus ini memakan waktu sekitar 2-3 jam dengan tarif sekitar Rp 15-20 ribu dengan pemberangkatan terakhir dari Trenggalek kira-kira pukul 3 sore.

Baca: Keindahan Taman Hutan Kota Trenggalek

Jalan masuk ke pantai ini akan berada di sebelah kiri, dengan jarak kira-kira 5 kilometer dari tepi jalan raya. Medan bervariasi antara jalan aspal dan batu. Jika Anda mengunjungi pantai Pelang, jangan lupa membuang sampah di tempat sampah ya! Tanpa kesadaran kita, keindahan Pantai Pelang akan hilang, khususnya jika Anda membuang sampah seenaknya.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon