Rabu, 30 Desember 2015

Wisata Air Terjun Lawean Tulungagung

Selain destinasi wisata pantai ternyata Tulungagung mempunyai wisata air terjun yang keren lho.. air terjun tersebut adalah Lawean. Wisata air terjun Lawean terletak di dusun Turi, desa Geger, kecamatan Sedang, Tulungagung, Jawa Timur. Perjalanan menuju lokasi ini kurang lebih 25 km arah barat kota Tulungagung. Kawasan air terjun ini dapat Anda jadikan sebagai pilihan tempat wisata alam yang murah dan dapat menikmati keindahan alam yang asri.
Air Terjun Lawean Tulungagung

Air terjun Lawean mempunyai ketinggian 1200 mdpl, air terjun ini merupakan bagian dari lereng gunung Wilis, gunung tertinggi se-karisedenan Kediri (Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri). Untuk menuju lokasi harus berjalan kaki kurang lebih 3 km melewati keindahan panorama perbukitan dan sembilan kali menyeberangi sungai di hutan perawan.

Baca: 4 Tempat Wisata Pantai di Tulungagung

Menurut penduduk setempat, Barang siapa yang mandi di air terjun Laweam berteras dan bercabang ini di yakini akan sembuh dari penyakit yang diderita. Mitos “Mbok Roro Dewi Gangga”,”Mbok Roro Cemethi”, ”Mbok Roro Willis” dan ”Mbok Roro Endang Sampur” di percaya sebagai penguasa air terjun tersebut.
Air Terjun Lawean Tulungagung 2

Di sisi lain masih di wilayah Sendang terdapat air terjun Pandan Wangi, ketinggian air terjun kurang lebih 30 m berada satu wilayah dengan perkebunan teh Sumber Pandan di Desa Ngelurup. Karena khasnya jalan menuju obyek ini, naik, turun, licin, curam, dan menerobos semak belukar, maka sangat cocok bagi wisata pendaki dan pecinta alam. Di lingkungan air terjun banyak tumbuh tanaman anggrek yang terlihat sangat indah saat bermekaran.

Baca: Wisata Pantai Coro Tulungagung
Baca: Wisata Bendungan Wonorejo, Tulungagung

Tidak jauh dari air terjun Lawean terdapat Candi Penampehan berada di desa Geger Kecamatan Sendang. Untuk menuju candi dapat di tempuh dengan kendaraan roda empat. Bangunan Candi berteras di lindungi pohan Kalpataru purba. Lempengan prasasti Raja Balitung adad IX menyebutkan adanya patung “Kili Suci”, ”Asmoro Bangun “, “Patung Padi”, Tirta amerta” yang merupakan peninggalan di masa nenek moyang. Dan juga terdapat Goa Tan Tek Sue, penginapan Argo Willis ‘Genceng,” dan buah duriah “ Bajul” melengkapi obyek yang membuat terkesan di kawasan Lawean Penampehan Sendang.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon