Sabtu, 20 Februari 2016

Wisata Bukit Mbanyon (Negeri di Atas Awan Jare Cah Nggalek)

Saya lahir di Trenggalek dan tinggal tinggal di sini. Beberapa teman Saya di akun Facebook mengunggah foto "Bukit Mbanyon", bahkan mereka menyebutnya negeri di atas awan. Katanya sih indahnya melebihi Paralayang di Batu Malang.

Mendengar cerita temen-temen akhirnya memutuskan pergi ke sana. Jalanya cukup nanjak, jadi siapkan nyali Anda untuk naik ke puncak Mbanyon hehe. Bukit Mbanyon terletak di desa Widoro, Kecamatan Gandusari, Trenggalek. Dari dam Windoro kurang lebih 500m sampai ada tulisan masuk Bukit Mbanyon "Negeri di Atas Awan".
Negeri di Atas Awan Mbanyon, Trenggalek

Mendekati puncak Mbayon memang cukup indah bila menengok ke bawah Anda dapat melihat hamparan sawah dan rumah penduduk di Widoro. Dalam benak Saya, apa di Trenggalek nggak ada tempat wisata lain ya!! kok rame banget kaya gini aja hehe (peace bro sis). Di puncak paling atas ada tanah yang cukup luas untuk parkir motor, di sinilah orang-orang melihat puncak Mbayon.

Disamping kanan kiri ditemui para penjual kopi dan jajanan sederhana. Sebaiknya Anda ke sini sore hari biar tidak kepanasan bro sis, soalnya nggak ada tempat untuk berteduh. Rasa penasaran Saya tidak terhenti sampai di situ saja, Saya memutuskan meneruskan perjalanan naik ke atas. Ternyata jalannya menurun lagi dan malah ramai perkampungan penduduk.
Bukit Mbanyon, Widoro - Gandusari, Trenggalek

Oalah puncak Mbayon ini sebenarnya jalan menuju kampung penduduk, namun karena letaknya di ketinggian disebut puncak Mbayon hehe. Sebenarnya sih bagus bila dikelola lagi oleh dinas pariwisata Trenggalek. Saran buat Pemda, alangkah lebih baik dila dipasangi lampu di jalan menuju puncak Mbanyon supaya "Negeri di Atas Awannya" dapat.

Dipuncak Mbanyon sebaiknya dibangun Gazebo (angkring) atau apa gitu, supaya pedatang bisa menikmati keindahan alam dipuncak Mbanyon sambil duduk-duduk. Mestinya sih Pemda mampu, daripada uang dihambur-hamburkan untuk membangun tugu "Jam" di pertugaan Alga Plaza yang tak ada artinya. Apa hubungannya tugu Jam dengan Trenggalek. Perlu diketahui Trenggalek kan terkenal wisata lautnya, kok iconya malah "Jam". Aneh bin ajaib!
Tugu Jam Geje (Nggak Jelas)
Tugu Jam Geje (Nggak Jelas)

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

6 comments

mas, sampean Trenggalek mana?

Nggandusari mbak, sampean mana...

mas ke bukit banyon mobil bisa lewat gak ya

Bisa mas, tapi mobil kecil macam tap ya soalnya jalannya kecil

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon