Selasa, 09 Februari 2016

19 Tempat Wisata di Trenggalek Yang Wajib Dikunjungi

Mungkin di Jawa Timur, Trenggalek merupakan salah satu kabupaten yang paling banyak memiliki tempat wisata alam yang begitu mempesona. Tetapi sayangnya keindahan wisata di Trenggalek tak terkenal seperti di Malang, mungkin karena minimnya informasi tentang Trenggalek.

Untuk itu Nusantara memberikan informasi tempat wisata di Trenggalek. Setidaknya ada 18 tempat wisata yang berhasil dirangkum. 11 wisata pantai, 2 wisata gua, 2 air terjun, dan 4 wisata lainnya. Bisa dikatakan Trenggalek unggul wisata pantai. Selengkapnya berikut ini 18 tempat wisata Trengalek yang wajib Anda kunjungi.

1. Pantai Prigri, Trenggalek
Pantai Prigri, Trenggalek

Pantai Prigi adalah tempat wisata yang paling ramai di Trenggalek. Pada hari libur dan akhir pekan banyak wisatawan dari luar Trenggalek yang datang ke sini. Jumlah pengunjung makin membludak ketika tahun baru tiba.

Luas Pantai Prigi adalah ±5 ha dan panjang ± 2 km. Pantai ini terletak di desa Tasikmadu, kecamatan Watulimo, atau sekitar 69 Km arah selatan Kota Trenggalek. Jalan untuk mencapai Pantai Prigi sebagian besar sudah beraspal hatmix dengan kondisi baik dan sebagian sedang.

Selengkapnya, Keindahan Pantai Prigi Trenggalek >>

2. Pantai Karanggongso, Trenggalek
Pantai Karanggongso, Trenggalek

Pantai Karanggongso berlokasi ±3 km sebelah timur Pantai Prigi, tepatnya terletak di desa Tasikmadu kecamatan Watulimo ±52 km arah selatan kota Trenggalek. Luas Pantai Karanggongso sekitar 4 ha dan panjang 1 km. Gelombang di Pantai Karanggongso relatif tenang, sehingga sangat cocok untuk berenang dan mandi. Kamujuga dapat berinteraksi dengan nelayan pada event labuh laut/ Sembonyo yang dilakasanakan setiap bulan Suro penanggalan Jawa.

Jalan menuju Pantai Karanggongso beraspal dengan kondisi baik dan untuk mencapai pantai lokasi pantai kamu dapat melalui kota Trenggalek dan Tulungagung. Bila kamu dari Tulungagung bisa melalui Bandung, kabupaten Tulungagung selanjutnya dari Bandung menempuh jarak ±18 km menuju kecamatan Watulimo.

Selengkapnya, Keindahan Pantai Karanggongso Trenggalek >>

3. Pantai Damas, Trenggalek
Pantai Damas, Trenggalek

Pantai Damas berada 5 km arah barat daya dari Pantai Prigi, tepatnya terletak di desa Karanggandu kecamatan Watulimo ±53 km arah selatan kota Trernggalek. Jalan menuju Pantai Damas sampai dengan Watulimo sudah beraspal dengan kondisi baik, sedangkan arah ke Pantai Damas sepanjang 5 km masih banyak yang rusak (dalam proses perbaikan).

Luas pantai ±5,5 ha dan panjang 2 km. Kawasan yang terbangun berpola linear sepanjang pantai berupa badan jalan dan parkir. Pantai Damas masih sangat alami, memiliki garis pantai yang panjang dan landai, bumi perkemahan yang luas dan teduh, area pancing dengan keanekaragaman ikan dan udang karang, kegiatan wisata, berenang, berjemur, dan berinteraksi dengan nelayan.

Selengkapnya, Pesona Pantai Damas Trenggalek >>

4. Pantai Cengkrong, Trenggalek
Pantai Cengkrong, Trenggalek

Pantai Cengrong terletak di selatan pantai Prigi, namun masih berada di kecamatan Watulimo. Biasanya pantai Cengkrong menjadi tujuan wisata terakhir setelah pantai Prigri. Cengkrong merupakan wisata yang baru dipugar dan semakin ramai ketika dibangun taman mangrove.

Selengkapnya, Wisata Pantai Cengkrong Trenggalek >>

5. Pantai Pelang, Trenggalek
Pantai Pelang, Trenggalek

Pantai Pelang terletak di desa Wonocoyo kecamatan Panggul 57 km barat daya kota Trenggalek dengan luas pantai 10 ha dan panjang 2 km. Karakteristik Pantai Pelang adalah lebar dan panjang dengan ombak yang besar dan angin yang cukup kencang yang mengundang sensasi untuk aktivits berenang/ bermain (dalam pengawasan).

Di kawsan pantai ini juga terdapat air terjun dengan ketinggian 25 meter yang dapat untuk mandi dan membuat awet muda, terdapat bukit yang dapat untuk melihat panorama laut lepas dan goa di bawah bukit karang dengan kedalaman ±500 meter.

Selengkapnya, Pantai Pelang Trenggalek >>

6. Pantai Blado, Trenggalek
Pantai Blado, Trenggalek

Pantai Blado merupakan pantai dengan ombak yang besar dan sangat alami untuk dikunjungi dan sangat cocok untuk selancar air (surving). Sebagai tempat obyek wisata, Pantai Blado memiliki panorama laut bebas yang indah, tempat luas untuk berjemur dan berselanar.

Pantai ini tepatnya terletak di desa Munjungan kecamatan Munjungan, 49 km arah selatan dari kota Trenggalek, ± 230 km dari Surabaya. Luas pantai Blado ±25 ha dengan panjang 3 km. Pantai Blado juga ada kegiatan sedekah laut (Longkangan) yang dilaksanakan masyarakat nelayan Munjungan setiap hari Jumat Kliwon bulan Selo penanggalan Jawa.

Selengkapnya, Wisata Pantai Blado Trenggalek >>

7. Pantai Ngadipuro, Trenggalek
Pantai Ngadipuro, Trenggalek

Pantai Ngadipuro merupakan pantai kampong nelayan dengan berpanorama indah dengan berpasir putih, landai dan berombak sedang. Pantai Ngadipuro berada di desa Craken kecamatan Munjungan arah selatan 59 km dari kota Trenggalek dan 240 km dari Surabaya dengan luas obyek 12 ha dan panjang pantai ±1 km.

Di Pantai Ngadipuro kamu dapat menikmati panorama laut bebas yang indah, bermain pasir, air dan berenang serta berinteraksi dengan nelayan, berlayar dan memancing, serta kegiatan upacara adat Longkangan (sedekah laut) masyarakat nelayan wilayah Munjungan. Akan tetapi fasilitas masih belum tersedia di pantai ini karena dalam tahap pengembangan oleh Pemkab Trenggalek.

Selengkapnya, Eksotisme Pantai Ngadipuro Trenggalek >>

8. Pantai Ngulungwetan, Trenggalek
Pantai Ngulungwetan, Trenggalek

Pantai Ngulungwetan berada di desa Ngulungwetan kecamatan Munjungan. Arah selatan km 66 dari kota Trenggalek, 150 km dari Tulungagung, 250 km dari Surabaya. Luas obyek 9 ha dengan panjang pantai 800 meter.

Pantai Ngulungwetan masih merupakan pantai alami yang belum ada aktivitas dengan 50 goresan sepadan pantai berupa tanaman kelapa dan hutan campuran, berpasir putih. Kegiatan wisata yang dilaksanakan adalah menikmati panorama laut bebas yang indah, bermain air, berenang, berjemur dan menyaksika matahari tenggelam (sunset).

Selengkapnya, Wisata Pantai Ngulungwetan Trenggalek >>

9. Pantai Ngampiran, Trenggalek
Pantai Ngampiran, Trenggalek

Pantai Ngampiran berada di desa Tawing kecamatan Munjungan, sekitar 4 KM arah timur dari Kantor Camat Munjungan atau ±53 km arah selatan dari kota Trenggalek dan 235 km dari Surabaya. Pantai Ngampiran masih sangat alami dan berpasir putih, dengan luas pantai ±7 ha dan panjang 500 meter.

Pantai ini berombak sedang, berpasir putih dan karang-karang yang tersebar di sepanjang pantai cocok untuk kegiatan memancing, bermain, santai, berlayar dan menyelam. Sebagian besar pantai ini sudah untuk aktivitas nelayan. Fasilatas yang tersedia di Pantai Ngampiran berupa pondok wisata, penginapan kuda laut, dan toilet.

Selengkapnya, Menengok Keindahan Pantai Ngampiran Trenggalek >>

10. Pantai Taman Kili-Kili, Trenggalek
Pantai Taman Kili-Kili, Trenggalek

Pantai Taman Kili-Kili berada di sebelah timur Pantai Pelang yang dipisahkan oleh perbukitan dengan bebatuan karang yang cukup terjal. Pantai ini tepatnya terletak di Desa Wonocoyo Kecamatan Panggul, berjarak 54 km dari kota Trenggalek. Pantai Taman kili-kili memiliki hamparan pasir di sepanjang tepinya dan akan tampak indah kalau dinikmati disaat Sunrise atau Sunset.

Akses jalan ke Pantai Taman Kili-Kili bisa melewati sebelah Timur Dusun Bendogolor yang bisa dicapai mengunakan mobil pribadi diteruskan dengan berjalan kaki menyusuri jalan setapak yang dikelilingi oleh persawahan, pertambakan serta perkebunan kelapa menuju Taman Kili-Kili.

Selengkapnya, Pantai Taman Kili-Kili Trenggalek >>

11. Pantai Konang, Trenggalek
Pantai Konang, Trenggalek

Pantai Konang berada sekitar 2 Km arah ke timur Pantai Pelang, tepatnya terletak di desa Nglebeng kecamatan Panggul, arah barat daya km 54 dari kota Trenggalek, 240 km dari Surabaya dengan luas pantai ±11 ha dan panjang 1,5 km dengan penggunaan lahan untuk kampung nelayan dan tanaman kelapa.

Pantai Konang juga memiliki karakteristik pantai dengan ombak yang besar dan sangat cocok untuk selancar. Walaupun cocok digunakan untuk selancar, tapi terkadang diberlakukan status “Warning” di Pantai Konang ketika ombak terlampau besar dan tidak diperbolehkan untuk selancar atau berenang.

Selengkapnya, Pantai Konang Trenggalek >>

12. Wisata Taman Mangrove Cengkrong Prigi
Wisata Taman Mangrove Cengkrong Prigi

Selama ini Prigi terkenal dengan wisata pasir putih dan pantai Priginya sebagai tujuan objek wisata laut yang indah di kota Trenggalek, namun belakangan ini pemda Trenggalek melalui dinas pertanian menaman pohon bakau (mangrove) di Cegkrong Prigi.

Disetiap pertigaan jembatan bakau dibangung Gazebo sebagai tempat peristirahatan para pengunjung yang berkeliling di atas tanaman bakau. Ada beberapa jenis tanaman bakau ditanam di sini seperti Api Aviceannia, Xyrocarpus, dan lain sebagainya. Di bawah tanaman bakau banyak dijumpai aneka jenis kepiting karena kepiting senang hidup di tanaman bakau.

Selengkapnya, Wisata Taman Mangrove Cengkrong Prigi >>

13. Wisata Hutan Taman Kota
Wisata Hutan Taman Kota

Sejak 2011, Kabupaten Trenggalek resmi memiliki Hutan Kota. Hal ini seiring diterbitkannya SK Bupati Nomor 188.45/726/406.013/2011 tentang Penetapan Lokasi Hutan Kota Gunung Jaas seluas 10 Ha. Sebenarnya, status lahan hutan kota ini merupakan kawasan hutan produksi milik Perhutani yang diserahkan pengelolaannya kepada Dinas Pertanian Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Trenggalek berdasarkan SK Bupati Trenggalek No. 188.45/1701/408.004/2013 Tanggal 10 Desember 2013 Tentang Pengelola Kawasan Tertentu.

Hutan Kota Gunung Jaas  merupakan hutan kota terluas  ditingkat Kabupaten se Provinsi Jawa Timur. Dalam perjalanan pengelolaannya, hutan kota dibangun terutama dari sisi pengayaan tanaman (vegetative) dengan berbagai jenis tanaman baik tanaman yang sebelumnya telah ada di kawasan tersebut seperti jenis Akasia dan Kayu Putih, maupun tanaman baru jenis langka seperti Sawo Kecik, Mertega, Kayumanis, Nogosari dsb. Selain perbanyakan tanaman, di hutan kota juga telah dibangun beberapa sarana infrastruktur pendukung seperti Gerbang Masuk, jalan akses papan peringatan, baliho, tempat sampah serta Gazebo. Sarana ini dibangun dengan tujuan memberikan kenyamanan dan mendukung aktivitas warga pada saat jalan santai, jogging maupun kegiatan kelompok lainnya.

Selengkapnya, Keindahan Taman Hutan Kota Trenggalek >>

14. Wisata Bukit Mbanyon (Negeri di Atas Awan Jare Cah Nggalek)
Wisata Bukit Mbanyon (Negeri di Atas Awan Jare Cah Nggalek)

Bukit Mbanyon merupakan salah satun wisata puncak yang ada di Trenggalek. Anda dapat menikmati indahnya hamparan sawah dan pemukiman penduduk dari ketinggian. Bila berkunjung pada pagi hari dapat menikmati keindahaan matahari terbit, sedangkan pada sore dapat melihat indahnya matahari terbenam.

Bukit Mbayon terletak di desa Widoro, kecamatan Gandusari. Dari pusat kota Trenggalek ke selatan kurang lebih 15 km. Bukit Mbayon dapat Anda jadikan tempat refresing untuk menghilangkan kepenatan heheh.

Selengkapnya, Wisata Bukit Mbanyon (Negeri di Atas Awan Jare Cah Nggalek) >>

15. Pemandian Tapan, Karangan Trenggalek
Pemandian Tapan, Karangan Trenggalek

Habis mengelilingi Trenggalek pasti rasanya tubuh ini penuh debu dan berkeringat, untuk itu alangkah baiknya bila berendam di pemandian. Selain kolam renang Tirta Juwalita dan USC Sport Center ternyata Trenggalek mempunyai tempat pemandian lho. Letaknya di atas bukit membuat air di pemandian ini terasa sejuk. Pemandian tersebut adalah pemandian Tapan.

Pemandian Tapan terletak di Kec. Karangan, Kab. Trenggalek, Jawa Timur. Dari pusat kota kurang lebih 15 menit dengan jarak tempuh 5 km. Pada hari libur dan akhir pekan sempatkan Anda datang ke sini bersama keluarga, teman, dan sahabat untuk menikmati segarnya pemandian Tapan.

Selengkapnya, Pemandian Tapan, Karangan Trenggalek >>

16. Wisata Gua Lowo 
Wisata Gua Lowo

Seperti namanya gua ini banyak dihuni lowo (kelelawar), tapi bukan rumahnya batman lo hehe. Ketika Anda berkunjung di gua Lowo Trenggalek, Anda dapat menikmati keindahan stalaktit dan stalakmit sepanjang 850 m (hampir 1 km).

Gua Lowo terletak di desa Watuagung, kecamatan Watulimo, kurang lebih 30 km selatan kota Trenggalek. Untuk sampai lokasi gua Lowo tidaklah sulit karena berada dipinggir jalan ramai, jalan wisata menuju Pantai Prigi. Wisata ke gua Lowo dapat Anda jadikan paket wisata menuju pantai Prigi, pantai Damas, pantai Cengkrong, pantai Karanggongso, dan Taman Mangrove karena satu jalur.

Selengkapnya, Wisata Gua Lowo Trenggalek >>

17. Wisata Gua Ngerit, Trenggalek
Wisata Gua Ngerit, Trenggalek

Ingin menikmari keindahan Gua yang benar-benar alami? belum dikelola oleh dinas pariwisata? jawabanya adalah Gua Ngerit. Gua ngerit terletak di desa Senden, kecamatan Kapak. Dari pusat kota Trenggalek dapat ditempuh dengan naik kendaraan pribadi sepeda motor/ mobil dengan jarak 20 km dengan waktu tempuh 45 menit.

Di sini Anda disajikan keindahan gua kecil-kecil yang jumlahnya cukup banyak. Jalan menuju gua ngerit sangat terjal penuh bebatuan untuk itu harus berhati-hati ketika mengelilingi gua. Karena letaknya di pinggir sungai penggunungan banyak bebatuan di sekitar gua dengan suara air yang mengalir.

Masuk gua ngerit tidak dikenakan tiker masuk, Anda cukup parkir sepeda motor/ mobil di depan rumah penduduk dan jalan menuju gua. Sempatkan waktu berpetualang Anda untuk mengunjungi Gua Ngerit, Trenggalek.

Selengkapnya, Wisata Gua Ngerit Trenggalek, Gua Yang Terlupakan >>

18. Keindahan Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek
Keindahan Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek

Air terjun Grobogan Sewu adalah air terjun yang terletak di ujung selatan kabupaten Trenggalek tepatnya di kecamatan Panggul. Air terjun Grobogan Sewu dipercaya masyarakat sekitar bisa bikin awet muda, maka dari itu wisatawan lokal banyak yang mandi di sini supaya awet muda.

Air terjun Grobogan Sewu terletak di sebelah barat pantai Pelang. Karena letaknya di pinggir pantai Anda juga dapat menikmati keindahan hamparan rumput kecil di sepanjang pantai pelang. Air Grobogan Sewu memiliki ketinggian 10 m dan dapat digunakan untuk mandi. Bahkan penduduk setempat meyakini, air terjun ini akan membuat awet muda seseorang bila mandi di tempat ini.

Selengkapnya, Keindahan Air Terjun Grobogan Sewu Trenggalek >>

19. Pesona Alami Air Terjun Kali Anjlok, Trenggalek
Pesona Alami Air Terjun Kali Anjlok, Trenggalek

Diperbatasan Trenggalek-Ponorogo terdapat air terjun Kali Anjlok yang begitu mempesona. Dari namanya saja sudah dapat diartikan air suangai yang airnya jatuh dari ketinggian atau disebut Kali Anjlok. Air terjun Kali Anjlok terletak di desa. Pucunganak, kecamatan Tugu, kabupaten Trenggalek, provinsi Jawa Timur.

Jalan menuju air terjun Kali Anjlok sangat terjal, saking sulitnya jarang pengunjung datang ke sini. Jalannya naik turun, apalagi bila musim hujan datang sangat licin. Air terjun Kali Anjlok letaknya jauh dari pemukiman masyarakat, sehingga membuatnya sunyi.

Selengkapnya, Pesona Alami Air Terjun Kali Anjlok, Trenggalek >>

2 comments

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon