Jumat, 05 Februari 2016

Keindahan Candi di Dasar Laut Bali

Apa reaksi Anda bila mendengar atau mengatahui candi di dalam lautan? hems... percaya atau nggak? ternyata ada lho candi di dasar lautan, berikut ini ulasannya. Bicara mengenai Bali memang tidak ada habisanya, dan Bali dikenal mancanegara lewat wisatanya. Orang luar negeri mengetahui Indonesia ya cuma Bali hehe.

Masyarakat Bali masih memegang kuat tradisi dari para leluhurnya, meskipun mereka berasal dari pelarian Majapahit namun kebudayaanya masih terjaga sampai saat ini. Di pulau Bali kita dapat menjumpai banyak candi bercorak Hindu, bahkan hampir setiap rumah ditemui candi kecil di depan pintu rumah. Yang mengagumkan lagi ternyata di dasar lautan juga ada candi, hems indah bukan.
Candi di Dasar Laut Bali

Bagi mereka pertamakalinya melihat candi di bawah laut ini tanpa mengetahui informasi yang sebenarnya, mungkin akan mengatakan di Bali ada peradaban kuno yang tenggelam. Hal yang sama hampir terjadi di sekitar tahun 2010. Bahkan kementerian pariwisata akan menerjunkan tim ahli untuk mengungkap kebenaran tersebut.
Candi di Dasar Laut Bali 2

Ternyata candi bawah laut tersebut dibuat sekitar tahun 2005 sebagai bagian upaya pelestarian terumbu karang di sana. Pembuat candi sendiri terkejut dengan pemberitaan yang kurang tepat tersebut, setelah memposting hasil foto dan video di kawasan candi bawah laut di twitter dan Youtube. Namun bagi Chris Brown dan Paul Turley (yang punya ide tersebut) malah senang karena mendapat promosi gratis.
Candi di Dasar Laut Bali 3

Letak Candi Bawah Laut Bali
Candi di bawah laut terletak di kawasan wisata bahari keindahan taman laut Bali Barat tepatnya di Desa Pemuteran, Gerogak, Kabupaten Buleleng, Bali, 30 km dari penyeberangan Gilimanuk ke arah Singaraja. Pemuteran terkenal sebagai kawasan dengan konservasi laut untuk proyek terumbu karang Biorock yang terbesar di dunia. Sangat bagus untuk kegiatan snorkeling atau diving.
Candi di Dasar Laut Bali 4

Setelah 10 tahun ada, tentunya suasana kawasan taman candi bawah laut di Bali tersebut lebih menakjubkan karena patung, pintu gerbang telah ditumbuhi terumbu karang dan kehidupan bawah laut semakin beragam. Seperti peradapan yang tenggelam.

Yang menjadi tanda tanya adalah bagaimana proses pembuatan candi bawah laut. Setidaknya ada dua cara yaitu dibuat di dalam laut (sepertinya mustahil), dan yang keduan dibuat di daratan kemudian ditenggelamkan di dasar lautan (dapat dimasuk akal) hehe.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon