Selasa, 03 Mei 2016

11 Tempat Wisata di Kabupaten Batang Yang Sangat Mempesona

Kabupaten Batang, merupakan sebuah kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Laut Jawa di utara, di tumurnya berbatasan dengan Kabupaten Kendal, Kabupaten Banjarnegara di bagian selatan, dan dibagian barat adalah Kota Pekalongan dan Kabupaten Pekalongan. Nah selain prestasi dari pemimpin daerahnya yang keren, ternyata Batang juga punya tempat-tempat wisata yang tak kalah kerennya. Sudah saatnya Wovger memasukan Batang sebagai tempat tujuan wisata.

Tempat Wisata di Batang Jawa Tengah yang dapat Anda jadikan destinasi wisata menarik bersama dengan keluarga ataupun kerabat terdekat adalah seperti Agrowisata Salak Sodong, Curug Genting dan Curug Gombong. Kabupaten Batang ini lokasinya berbatasan dengan Kendal di sebelah timur, Banjarnegara di arah selatan, serta Pekalongan di bagian barat.

Sebagian besar dari kawasan Kabupaten Batang adalah perbukitan dan pegunungan. Dataran rendah yang berada di sepanjang pantai utara tidak terlalu lebar. Pada bagian selatannya terdapat Dataran Tinggi Dieng, dengan puncaknya yaitu Gunung Prau yang memiliki ketinggian sekitar 2.570 meter Kabupaten Batang ini mempunyai wilayah yang sangat kaya akan sumber daya alam seperti hutan dan laut, sehingga membuat Kabupaten Batang ini merupakan tempat yang sangat strategis untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata.

11 Tempat Wisata di Kabupaten Batang Yang Sangat Mempesona:

1. Pantai Sigandu Kabupaten Batang

Karena berbatasan langsung dengan pantai utara, tentu saja kabupaten Batang memiliki tempat wisata pantai yang apik. Jika ingin mengunjungi pantai di Batang, Anda bisa menuju Pantai Sigandu. Pantai Sigandu ini berada di desa Klidang Lor, dan ada di wilayah Batang bagian paling utara. Atau 2 km sebelah utara kota Batang.

Selain pantai, didalam area sini juga terdapat taman safari. Fasilitas wisata dipantai ini juga cukup lengkap. Selain bisa menikmati suasana pantai yang bersih dan menyenangkan, Anda juga bisa menikmati santapan laut yang nikmat di cafe-cafe sekitar pantai. Selain itu, buat Anda yang suka olahraga motorcross juga disediakan sirkuitnya.

2. Pantai Ujung Negoro Kabupaten Batang

Pantai ini berada di Ujungnegoro kecamatan Kandeman. Untuk menuju pantai ini, Anda harus menempuh jarak sekitar 20 Km kesebelah timur laut dari Kota Batang. Di panti ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan tebing karang di tepi laut yang eksotis. Di sini aura-aura magisnya juga sangat kental. Persis di bibir pantai terdapat gua Aswotomo yang konon menurut legenda tembus hingga Dataran Tinggi Dieng di Kabupaten Wonosobo.

Selain itu juga terdapat sebuah pemakaman kecil peninggalan Syeikh Maulana Maghribi. Wah spooky yah. Tapi jangan takut dulu, di sini Anda tetap bisa bersenang-senang. Anda bisa bermain air dipantai dan bisa memancing ikan. Selain itu Anda juga bisa merasakan nikmatnya suasnaa bersampan. Pettjjjaahhhh abis lah pokoknya.

3. Pantai Celong Kabupaten Batang

Pantai Celong terletak di desa Mangunsari, kecamatan Banyuputih. Jika kita sering menggunakan kereta dari Jakarta menuju ke Semarang atau sebaliknya, pasti kita pernah melihat pantai yang satu ini. Pantai Celong memang berada tidak jauh dari rel kereta api jalur utara. Jalan menuju ke pantai ini dikelilingi oleh perbukitan yang ditanami pohon randu yang merupakan bahan baku pembuat kapuk.

4. Curug Genting Kabupaten Batang

Curug Genting ini berlokasi di wilayah kecamatan Blado, yang berjarak kurang lebih 38 km ke arah selatan dari kota Batang. Air terjun ini memiliki ketinggian 40 m dan dikelilingi hutan pinus di sekitarnya. Sungguh pemandangan yang eksotis. Lokasi wisata ini masih sangat alami. Di sini Anda bisa merasakan sejuknya air terjun dan teduhnya suasana hutan.

5. Curug Gombong Kabupaten Batang

Lokasi curug ini berada di desa Gombong, tepatnya 6 km sebelah selatan kecamatan Subah. Air terjun ini masih belum dikelola secara serius. Pihak pemda belum bisa mengembangkan curug ini sebagai tempat wisata potensial, selain itu investor juga belum ada yang berani mengelola juga.

Tapi disamping itu semua, keindahan curuh ini tidak terbantahkan. Air terjun ini memiliki ketinggian 13 m membelah batuan berlapis rata alami (batu rai). Disekitar kiri kanan air terjun ini, Anda akan disuguhi tebing tinggi. Panorama keindahan alamnya masih sangat alami. Sungguh sangat menyenangkan jika menghabiskan waktu di sini.

6. Curug Sijeglong Kabupaten Batang

Curug Sijeglong terletak di desa Margosono, kecamatan Tersono yang wilayahnya berbatasan langsung dengan wilayah kabupaten Kendal. Curug ini terdiri dari 4 tingkatan yang masing-masing tingkatan mempunyai kolam atau dalam bahasa setempat disebut dengan jeglong yang bisa digunakan sebagai tempat untuk berenang. Itu lah kenapa air terjun ini disebut dengan nama Curug Sijeglong.

7. Curug Sodong Kabupaten Batang

Curug Sodong terletak di desa Sodong, kecamatan Wonotunggal. Curug ini mempunyai ketinggian sekitar 15 meter dan berada pada ketinggian sekitar 800 mdpl. Curug Sodong bisa ditempuh dengan menggunakan kendaraan pribadi selama kurang lebih selama 1 jam dari kota Batang.

8. Agrowisata Pagilaran Kabupaten Batang

Lokasi tempat wisata ini ada di desa Bawang kecamatan Blado, 40 Km arah selatan dari pusat kota Batang. Agrowisata ini dibangun diatas areal seluas 1.131,25 Ha. Sangat luas untuk Anda yang ingin bersenang-senang dengan merasakan menyatu dengan alam.

Di sini Anda bisa melihat luasnya kebun teh dengan suasana yang sejuk. Selain itu, ada juga arena outbound yang bisa Anda nikmati untuk menantang adrenalin. Tempat ini sering sekali digunakan sebagai tempat untuk penyelenggaraan rapat-rapat, pertemuan, kursus dan pelatihan karena tersedianya Wisma, Home Stay, Ruang Rapat dan Ruang Pertemuan. Sebuah fasilitas yang sangat lengkap untuk sebuah tempat wisata.

9. Kolam Renang Bandar Kabupaten Batang

Jarang-jarang kan nemu kolam renang yang sumber airnya alami. Nah Anda bisa menemukannya di sini nih. Kolam renang Bandar ini terletak di desa Wonokerto kecamatan Bandar Batang. Sumber airnya memang dari mata air alami dan kebersihannya sangat terjaga. Di sini Anda bisa membawa anak-anak karena terdapat juga fasilitas kolam renang anak. Pokoknya menyenangkan lah.

10 . Telaga Dringo Kabupaten Batang

Telaga Dringo atau Sidringo terletak di desa Mojotengah, kecamatan Reban yang wilayahnya berbatasan dengan kabupaten Banjarnegara. Telaga yang berada di perbukitan Dieng ini sering disebut-sebut sebagai Ranu Kumbolonya Batang. Telaga Dringo merupakan kawah bekas gunung yang pernah meletus pada tahun 1786.

11. Agrowisata Salak Sodong Kabupaten Batang

Agrowisata Salak Sodong berada satu lokasi dengan Curug Sodong yaitu di desa Sodong, kecamatan Wonotunggal. Di desa ini kita bisa melihat banyak sekali kebun salak milik warga. Jika masa panen sudah tiba, kita bisa membeli dan memetik salak tersebut langsung dari pohonnya. Kelebihan salak Sodong dengan salak lainnya adalah ukurannya yang besar dan rasanya yang manis.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon