Kamis, 17 Maret 2016

12 Destinasi Wisata di Kabupaten Blora (Lengkap)

Selain kaya akan budaya, kabupaten Blora memiliki segudang objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Dari beberapa data yang dihimpun Idnusantara.com, inilah 12 wisata kabupaten Blora dan Cepu yang ramai dikunjungi warga Blora, Pati, Demak, Kudus, Semarang, Bojonegoro, Ngawi dan sebagainya.

Kabupaten Blora dikenal sebagai penghasil kayu jati dengan kualitas yang bagus. Kayu jati ini berasal dari hutan jati yang banyak dikelola oleh perhutani dan juga oleh masyarakat setempat.
Di bidang pariwisata sendiri kabupaten Blora memiliki beberapa tempat wisata yang cukup indah dan menjadi tujuan wisata para wisatawan dari berbagai daerah.

Jika Anda warga Blora, tentu sebagian wisata ini pernah Anda kunjungi, namun bagi warga di luar Blora, akan sangat rugi jika Anda belum mengunjungi dari 12 wisata di kabupaten Blora ini. Sebab, selain menyimpan makna filosofi, sejarah dan legenda menarik, wisata di Blora juga menjadi ikon di Jawa Tengah dan memanjakan pemandangan akan kayanya alam eksotis Indonesia.

12 Destinasi Wisata di Kabupaten Blora (Lengkap):

1. Loko Wisata Cepu, Blora
Keliling hutan dengan menggunakan lokomotif buatan Jerman pada tahun 1928, itulah yang ditawarkan oleh pengelola Loko Wisata Cepu. Kendati sudah tidak muda lagi lokomotif uap ini mampu menarik gerbong dengan baik, dan membawa para wisatawan untuk menyusuri rute wisata dengan jaringan rel yang dibuat pada tahun 1915.

Dengan kereta uap para wisatawan akan dibawa menyusuri hutan jati di kabupaten Blora dengan pemandangan yang indah di sepajang jalur kereta. Mayoritas para penyewa kereta uap ini adalah para tamu perhutani, pegawai pemerintahan dan juga para wisatawan mancanegara. Selain disuguhi pemandangan yang indah di sepanjang lintasan rel kereta, anda juga di ajak untuk menyasikan proses pembiitan hingga pengolahan kayu jati menjadi funiture-funiture yang memiliki nilai jual tinggi.

2. Goa Terawang, Blora
Pesana Wisata kota Blora, goa Terawang yang memiliki pemandangan yang indah
goa cerawang merupakan obyek wisata yang berupa gowa yang terbentuk di daerah endapan batu gamping. Oh ya di Kawasan goa Cerwang memiliki luas kurang lebih 13 hektar dan terdapat enam Goa di dalamnya, satu goa induk dan empat goa kecil. Lokasi Goa Cerawang terletak di bagian barat kota Blora yang berjarak 30 kilometer dari pusat kota tepatnya di gesa Todanan.

Keindahan goa ini di langit-langit goa terdapat beberapa lubang alami yang menjadikan sinar matahari menerobos ke dalam goa dan menerangi bagian dalam goa tersebut. Oleh sebab itu, goa ini disebut Goa Terawang. Dengan adanya lubang-lubang itu para pengunjung bisa melihat stalaktit dan stalagmit yang ada di dalam goa dengan lebih jelas.

3. Waduk Tempuran, Blora

Waduk tempuran merupakan obyek wisata yang berada di desa Tempuran tepatnya di dusun Juwet. Obyek wisata waduk Tempuran keberadaanya melingkari dusun Juwet jadi seolah-oleh dusun Juwet seperti terapung. Untuk sampai ketempat wisata di perlukan waktu kurang lebih 10 menit dari Blora kota. Waduk tempuran ini memiliki beberapa fungsi bagi masyarakat Blora selain sebagai tempat wisata waduk ini juga berfungsi sebagi irigasi, pembibitan ikan dan juga pembinaan untuk olahraga dayung.

4. Waduk Bentolo, Blora

Waduk Bentolo ini terletak tidak jauh dari goa Cerawang, waduk yang dimanfaatkan warga setempat. Waduk ini sengaja dibuat oleh pemerintah kota Blora, luas Waduk Bentolo sekitar 270.795 meter, selain itu di sini juga terdapat lahan perkemahan yang cukup luas, tempat perkemahan ini biasa di sebut Bumi Perkemahan Pancasona.


5. Waduk Greneng, Blora

Kabupaten Blora memang memiliki beberapa waduk yang dimanfaatkan sebagai tempat wisata yang otensial. Wisata alam berupa waduk yang terdapat di Blora lainnya adlaah Waduk Greneng. Waduk ini dinamai sesuai dengan lokasinya yang terdapat di Greneng desa Tunjungan kecamatan Tunjungan kabupaten Blora. Jarak Waduk Greneng sendiri dari pusat Kota Blora adalah sekitar 12 km. Lokasi Waduk Greneng ini berdekatan dengan hutan Jati milik Perhutani sehingga menambah keindahan alami dari Waduk Greneng ini.

6. Gunung Manggir, Blora

Nah, satu lagi wiata alam di kabupaten Blora yeng memiliki penadangan yang sangat indah, yaitu wisata di gunung Manggir. Gunung Manggir di Blora ini merupakan sebuah perbukitan kapur yang terdapat di perbukitan Manggir, desa Ngumbul kecamatan Todanan kabupaten Blora. Wisata gunung Manggir ini menawarkan pemandangan berupa perbukitan kapur yang diselimuti pepohonan serta terdapat beberapa goa alami yang banyak diminati wisatawan. Selain goa, juga terdapat sendang dengan air yang jernih.  

7. Taman Sarbini, Blora

Taman Sarbini sering dikenal dengan water splash, yang merupakan sebuah taman wisata yang terdapat di pusat kota Blora. Taman Sarbini di Blora ini sangat cocok apabila digunakan sebagai tempat wisata keluarga, karena di tempat ini banyak terdapat permainan anak. Selain itu di Taman Sarbini juga sudah ada patung binatang, perpustakaan, mainan anak-anak, sepeda roda tiga, mobil anak-anak dll. Taman Sarbini ini menjadi alternatif obyek wisata bagi warga Blora dan sekitarnya disamping harganya murah, juga fasilitasnya cukup lengkap, daripada harus jauh-jauh ke tempat wsiata yang berada di luar kota.

8. Monumen Hutan Jati Alam, Blora

Selain wisata alam dan wisata keluarga, di kabupaten Blora anda juga dapat menemukan sebuah wisata edukasi yang sangat menarik yaitu Monumen Hutan jati alam. Monumen Hutan Jati Alam ini dibangun diatas sebuah hutan jati yang dikelola Perhutani KPH Cepu yang sering juga dikenal dengan tempat wisata alam Gubug Payung. Di tempat ini anda dapat menjumpai banyak tanaman jati dengan umur lebih dari 100 tahun dengan diameter lebih dari 80 cm. 

9. Pemandian Sayuran, Blora

Wisata keluarga di kabupaten Blora juga merupakan wisata yang banyak diminati, salah satunya adalah Pemandian Sayuran. Di lokasi pemandian sayuran ini terdapat 2 buah kolam renang yang dapat digunakan untuk orang dewasa dan anak-anak. Di sekitar kawasan wisata Pemandian sayuran ini terdapat perbukitan yang hijau sehingga menimbulkan hwa sejuk yang menenangkan. Pemandian Sayuran ini terdapat di desa Soko, kecamatan Jepon kabupaten Blora dan merupakan tempat wisata yang banyak diminati oleh wisatawan pada waktu itu. Namun sayangnya kondisi sekarang kurang terawat sehingga sepi pengunjung.

10. Agrowisata Temanjang, Blora

Luasnya hutan di kabupaten Blora kemudian banyak dikembangkan sebagai tempat wisata alam yang menarik. Salah satu wisata yang berbasis pada pengembangan hutan adalah Agrowisata Temanjang. Agrowisata Temanjang dikenal juga dengan Agrowisata Dungmandur, karena di tempat ini terdapat kedung yang tidak pernah habis airnya. Di tempat wisata agro ini banyak terdapat pepohonan jati dan buah. Agrowisata Temanjang ini dapat dijadikan sebagai alternatif wisata terutama bagi warga Blora pada saat musim liburan tiba.

11. Wisata Geologi, Blora

Istilah wisata geologi nampaknya masih sangat asing di telinga kita. Wisata Geologi sebenarnya hampir mirip dengan wisata pendidikan dimana fokus utama pembahasan adalah pada ilmu geologi. Seperti kita ketahui bersama bahwa kabupaten Blora merupakan salah satu lokasi penambangan minyak bumi di Indonesia. Sampai saat ini pengebran minyak di kecamatan Cepu, kabupaten Blora masih tetap berlangsung. Selain itu banyak juga pengeboran minyak skala kecil yang dilakukan oleh penduduk sekitar di pedalaman hutan kabupaten Blora. Kondisi ini tentunya sangat sangat menarik bagi anda yang sedang mempelajari ilmu geologi karena dapat belajar banyak dari aktifitas di kabupaten Blora ini.

12. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi, Blora
Pembanhasan tentang obyek wisata di kabupaten Blora kali ini akan kita akhiri dengan wisata terakhir yaitu Taman Budaya dan Seni Tirtonadi. Taman budaya ini banyak diminati oleh warga Blora khususnya para remaja dan anak-anak. Lokasi Taman budaya Tirtonadi sendiri terdapat di kota Blora sehingga untuk aksesnya snagatlah mudah. Taman Budaya dan Seni Tirtonadi ini sudah berdiri sejak lama, bahkan di tahun 1960 an taman ini sempat menjadi primadona, karena di tempat ini banyak terdapat koleksi hewan langka. Pada waktu itu masyarakat menyebutnya dengan Kebun Binatang Taman Tirtonadi.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon