Selasa, 03 Mei 2016

12 Tempat Wisata di Kupang Yang Harus Dikunjungi

Kupang adalah ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Timur. Letak Kupang terpisah dengan daratan pulau Flores. Meskipun menyandang ibu kota Provinsi, wisata di Kupang kalah terkenal dengan kabupaten Manggarai Barat akan komodonya, kabupaten Manggarai dengan rumah adat Wae Rebo, dan Ende dengan danau kelimutu (danau 3 warna). Untuk itu Idnusantara membagikan iformasi tempat wisata di Kupang yang paling eksotis dan menarik.

Karena Kupang dikelilingi lautan, maka destinasi unggulannya adalah wisata pantai. Total kupang memiliki 6 pantai, 2 pulau, 3 air terjun, dan gua. Total ada 12 tempat wisata di Kupang yang berhasil Idnusantara rangkum. Berikut ini ke-12 tempat wisata tersebut yang harus Anda kunjungi.

12 Tempat Wisata di Kupang Yang Harus Dikunjungi:

1. Pantai Pasir Panjang, Kupang

Pantai Pasir Panjang merupakan pantai yang berada di kota Kupang dan tidak perlu biaya untuk masuk. Keunikan dan keeksotisan dari pantai Pasir panjang terletak di warna airnya yang biru cerah dan sedikit warna hijau yang disekelilingnya karang besar. Dinamakan pantai pasir panjang karena pasirnya yang luas dan panjang disekitar sisi pantai. Sayangnya tidak ada tempat untuk membuat tikar, jika ingin duduk maka pilihan satu-satunya duduk diatas pasir pantai.

2. Pantai Tablolong, Kupang

Tempat wisata di Kupang selanjutnya adalah pantai Tablolong yang lokasinya berada di kecamatan Kupang Barat, kabupaten Kupang. Letak pantai Tablolong lumayan jauh dari kota Kupang namun pantai ini siap memanjakan mata para wisatawan yang berkunjung dengan hamparan pasir putih dan air lautnya yang berwarna biru kehijauan.

3. Pantai Lasiana, Kupang

Pertama kita berkunjung ke kota Kupang terlebih dahulu, di kota Kupang Anda bisa mengunjungi pantai Lasiana yang lokasinya berada di kecamatan Kelapa Lima sekitar 15 km arah timur kota Kupang. Pantai Lasiana memiliki ombak yang tenang, berpasir putih dengan nyiur melambai dan pohon lontar yang ada di sekitarnya

4. Pantai Timor, Kupang

Pantai Timor berlokasi tak jauh dari kampung Solor Kupang dan cukup membayar Rp. 1000 maka Anda bisa menikmati keesksotisan lumut yang tumbuh di batu karang tersusun acak menambah kemisteriusan pantai Timor. Tak kalah indah sunset di pantai Timor. Di Pantai Timor terdapat warung dan tempat duduk jadi tidak usah khawatir karena menikmati keindahan pantai dengan nyaman.

5. Pantai Neam, Kupang

Pantai Neam lebih cocol dibilang dengan pantai tanpa nama, karena menemukan pantai yang satu ini cukup menguras jejak petualangan. Karena untuk menempuh pantai Neam membutuhkan perjuangan Traveller dan Bolang sejati. Kita harus melewati pedesaan yang pintunya dituutp, jalan yang berliku-liku dan waktu sekitar 3 jam dari Kupang serta melewati hutan belantara. Menjelajah pantai Neam meningkatkan adrenalin berpetualang Anda.  Perjuangan ke Pantai Neam sangatlah worth it karena kita bisa melihat sebuah gua misterius, pulau dikelilingi Pepohonan yang mirip dengan Pulau Phi-Phi di Thailand serta pasirnya yang seperti Pasir Sahara namun vesi Pantai. Keeskotisan dan keunikan Pantai Neam Kupang terletak pada ombaknya ynag besar serta sunset yang menutupi gunung karang.

6. Pantai Kolbano, Kupang

Kolbano merupakan nama pantai dipenuhi bebatuan dan uniknya tidak ditemukan pasir. Di sepanjang tepi pantai dipenuhi oleh bebatuan berwarna-warni. Untuk sampai di Kolbano membutuhkan waktu 4 jam dari Kupang melalui Kabupaten Timor Selatan. Terdapat gunung dengan batuan besar yang eksotis. Dan ketika memanjat ke gunung ini akan terlihat jelas keindahan pesisir pantai Kolbano

7. Pulau Kera, Kupang

Pulau Kera merupakan Pulau yang berada yang berada di tengah lautan luas yang bisa dilihat dari tepi sepanjang pantai Kupang. Pulau Kera juga sangat menarik dan unik dan bisa meningkatkan gairah petualangan menjelajah karena untuk sampai di pulau Kera harus memakai perahu Nelayan yang bisa disewa dan membutuhkan waktu 1 jam untuk sampai dengan perahu kecil nelayan. Di Pulau Kera terdapat pasir putih seputih salju dengan campuran merah karang dengan warna laut yang biru, hijuan dan keungu-unguan. Penduduk sekitar memiliki rumah seadanya dengan atap seadanya, hidup dengan standar hidup yang sederhana.  Saran jika ingin mengunjungi pulau Kera sebaiknya bawalah makanan yang banyak dan berbagilah denganwarga sekitar yang ramah.

8. Pulau Semau, Kupang

Pulau Semau yang tak jauh dengan pulau Kera juga memiliki keeksotisan tersendiri dan keunikan yang membuat backpacker rela-real menaungi lautan yang luas hanya untuk sekedar melihat pantai putih atau sekedar merasakan suasa Pulau Semau yang mistis. Di Pulau Semau terdapat sebuah mata air yang berbentuk kolam yang airnya segar dan disekelilingnya pepohonan dan tidak perlu khawatir karena di tidak perlu membayar biaya untuk mandi di kloma mata air.

9. Air Terjun Tesbatan, Kupang

Air Terjun Tesbatan lokasinya berada di kecamatan Amarasi, kabupaten Kupang, NTT. Air terjun ini letaknya berada di tengah hutan dan terdiri dari beberapa tingkatan, tingkat atas adalah yang paling mudah dicapai karena berada di pinggir jalan setapak namun air terjunnya kecil dan tidak tinggi, sedangkan di tingkat kedua air terjunnya cukup tinggi dan lebar.

10. Air Terjun Oenesu, Kupang

Ternyata Kupang tidak hanya melulu pantai loh, Air Terjun juga ada yang berjarak hanya 17 km dari kota Kupang. Keunikan air terjun Oenesu pada batuan yang mirip singa dan mulut gorilla, eksotis bukan?. Daerahnya sejuk dan dipenuhi pepohonan. Untuk memasuki air terjun oenesu cukup membayar tiket masuk seharga Rp5000.,

11. Air Terjun Oehala, Kupang

Air Terjun Oehala yang berada di 13 km dari Soe. Jarak Soe-Kupang sekitar 2-3 jam. Air Terjun Oehala memiliki keunikan dari bentuknya yang mirip kasur tempat tidur dan dipenuhi dengan pepohonan. Air Terjun Oehala sangat sejuk dan disekitranya terdapat gajebo dan kita harus melewati tangga. Kesegaran air dan hijanya pemandangan sekitar membuat kita serasa refresh!

12. Gua Kristal, Kupang

Gua Krital sangat menakjubkan karena siapa akan sangka ada sebuah gua yang berisi air yang warnanya sebening kristal sehingga kita bisa melihat dasar gua! Gua kristal memiliki air yang tidak asin padahal gua kristal menyatu dengan laut. Untuk sampai ke Gua kristal melalui Bolok dan melewati jalanan karang dan pintu masuk ke Gua Cristal terdiri dari batuan yang pecah dan menyatu membentuk pintu kecil seukuran badan manusia. Airnya dingin dan disekelilingnya batu besar yang berwarna cokelat. Waktu yang eksotis untuk dikunjungi ilah saat siang hari karena matahari langsung menyinari air dan membuatnya berkilauan.

3 comments

penasaran dengan pantai neam (nomor 5) di kabupaten mana ya tepatnya di kecamatan mana?

Air Terjun Oehala menyajikan pemandangan yang bikin para wisatawan terkesima dengan keindahannya. jadi gak sabar pengen kesana nih min. btw thanks buat infonya

Ayo nabung dulu terus buat liburan ke sana gan

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon