Kamis, 05 Mei 2016

16 Tempat Wisata di Mojokerto Yang Paling Keren

Mojokerto adalah daerah yang kental dengan cerita sejarahnya, yaitu Majapahit. Pendiri kerajaan Majapahit, raden Jaya Wijaya memakan buah Maja di Mojokerto. Buah Maja rasanya pahit, sehingga diberi nama Majapahit. Bisa dikatakan Mojokerto dulunya adalah pusat pemerintahan kerajaan Majapahit dengan wilayah Nusantara.

Mojokerto adalah salah satu wilayah tersohor yang terletak di daerah Provinsi Jawa Timur selain Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Lamongan dan yang lainnya. Hal yang membuat Kota Mojokerto layak dikunjungi yaitu di sana terdapat beragam objek wisata yang tidak kalah menarik dibandingkan dengan lokasi wisata lain di Indonesia. Berbagai jenis atau tema pariwisata dapat dijadikan alternative untuk mengisi liburan bersama keluarga tercinta, mulai dari wisata alam yang mengasyikkan hingga wisata tempat bersejarah peninggalan Kerajaan Majapahit yang dapat menambah wawasan pengunjung.

16 Tempat Wisata di Mojokerto Yang Paling Keren:

1. Mahavihara Majapahit Patung Budha Tidur Mojokerto

Mahavihara Majapahit merupakan salah satu tempat wisata yang terbilang unik dan menarik. Karena di sana, anda akan melihat patung budha tidur yang sangat identik dengan tempat peribadatan umat Budha. Patung tersebut berada di samping vihara, memiliki ukuran yang besar dan menjadi patung budha tidur berwarna emas terbesar ketiga di dunia. Itulah yang menjadi salah satu keunikan dan daya tarik wisata tersendiri bagi para pengunjung untuk datang ke Mahavihara Majapahit di Desa Bejijong, Mojokerto tersebut.


2. Candi Jalatunda Mojokerto

Candi Jalatunda yang bisa anda datangi bila sedang berkunjung ke kecamatan Trawas, Mojokerto. Tidak kalah menarik dari candi lainnya yang berada di kecamatan Trowulan, Candi Jalatunda yang ada di desa Seloliman juga patut anda kunjungi guna melengkapi rangkaian perjalanan wisata bersejarah anda bersama rombongan selama berada di sana.

Itulah beberapa lokasi wisata di Mojokerto, Jawa Timur yang patut anda kunjungi apabila berencana untuk menghabiskan waktu libur mendatang bersama keluarga dan kerabat. Untuk informasi hotel di mojokerto termasuk paling murah jika dibandingkan dengan kota besar lainnya, harga berkisar mulai Rp. 150.000 sampai Rp. 500.000 per malam, anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata menarik di mojokerto mulai dari wisata bersejarah, peninggalan-peninggalan kuno hingga wisata alam dapat anda jadikan alternatif liburan seru yang pastinya memuaskan. Karena semua tempat wisata di Mojokerto tidak kalah menarik dari tempat lainnya, maka 15 tempat wisata di Mojokerto tadi patut anda jadikan destinasi liburan panjang yang menyenangkan.

Selain hotel juga terdapat tempat bermalam lainnya seperti villa di trawas, namun saran kami bermalamlah bersama keluarga karena beberapa kebijakan villa di Pacet Mojokerto mewajibkan menyerahkan identitas keterangan menikah serta keluarga. Hal tersebut dimungkinkan untuk menghindari kejadian-kejadian yang tidak diinginkan.

3. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Mojokerto

Tempat pelestarian berbagai peninggalan zaman purbakala selayaknya menjadi salah satu pilihan wisata yang cocok bagi anak-anak. Selain menambah wawasan secara teori, anak-anak juga bisa melihat langsung berbagai koleksi peninggalan purbakala yang dilestarikan sekaligus mengamatinya dari dekat. Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala ini terletak di Kecamatan Trowulan, Mojokerto.

4. Situs Kedaton Mojokerto

Ada banyak lokasi bersejarah yang ada di Mojokerto dan menarik untuk anda kunjungi. Salah satunya yaitu Situs Kedaton yang lokasinya berada di dusun Kedaton, Sentonorejo, Kecamatan Trowulan. Di sana, anda akan melihat suatu kompleks yang berisi sisa bangunan kuno yang terbuat dari batu bata merah yang diduga merupakan sisa bangunan dari abad ke-13 dan peninggalan Kerajaan Majapahit. Selain itu, anda juga akan melihat Candi Kedaton dan Sumur Upas yang tempatnya masih berada di sekitar Situs Kedaton.

5. Candi Bajang Ratu Mojokerto

Sama seperti lokasi Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala dan Situs Kedaton, Candi Bajang Ratu juga terletak di kecamatan Trowulan. Lebih tepatnya, salah satu candi Trowulan peninggalan Kerajaan Majapahit yang ada di Mojokerto ini terletak di desa Temon wilayah tersebut.

6. Makam Troloyo Mojokerto

Makam Troloyo menyimpan banyak sejarah masa lampau yang sampai saat ini masih menjadi salah satu destinasi objek wisata bersejarah yang layak dikunjungi dan berhasil menciptakan daya tarik tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Makam ini berada di kecamatan Trowulan, lebih tepatnya di wilayah Sentonorejo yang sering dijadikan tempat wisata berziarah oleh masyarakat ataupun wisatawan.

7. Candi Brahu Mojokerto


Selain berkunjung ke Candi Bajang Ratu, anda juga bisa mendatangi candi lainnya yang ada di Kecamatan Trowulan, yaitu Candi Brahu. Candi Brahu yang berada di desa Bejijong ini dapat anda kunjungi ketika liburan dengan melihat-lihat struktur candi di sana sambil mengabadikan gambar dan lain sebagainya.

8. Candi Tikus Mojokerto

Candi Tikus merupakan salah satu tujuan wajib yang perlu dikunjungi bila anda tengah menuju candi-candi di wilayak Kecamatan Trowulan. Candi Tikus berlokasi di desa Temon, sama seperti Candi Bajang Ratu.

9. Candi Wringin Lawang Mojokerto


Untuk melengkapi perjalanan wisata bersejarah anda, satu lokasi candi Trowulan yang dipercaya sebagai candi-candi peninggalan zaman kerajaan Majapahit lainnya yang perlu anda datangi bersama rombongan keluarga bila datang ke kecamatan Trowulan yaitu Candi Wringin Lawang yang ada di desa Jati Pasar.

10. Kolam Segaran Mojokerto

Selain candi dan lokasi bangunan bersejarah, ada pula Kolam Segaran yang terletak di kecamatan Trowulan, Kota Mojokerto yang dipercaya sebagai salah satu peninggalan Kerajaan Majapahit. Kolam ini memiliki ukuran yang sangat besar sehingga dianggap sebagai salah satu symbol atau bukti kejayaan Kraton Majapahit pada masa itu. Bahkan sampai saat ini, Kolam Segaran yang ada di desa Segaran dianggap sebagai kolam kuno terbesar yang ada di Indonesia.
 
11. Pendopo Agung Trowulan Mojokerto


Masih dari wilayah kecamatan Trowulan, ada juga bisa mengunjungi Pendopo Agung Trowulan yang ada di desa Temon untuk melengkapi agenda perjalanan liburan selama di Mojokerto.

12. Museum Trowulan Mojokerto

Museum Trowulan merupakan salah satu museum arkeologi terkenal yang ada di Mojokerto, tepatnya ada di desa Trowulan, kecamatan Trowulan. Ada berbagai koleksi peninggalan Kerajaan Majapahit secara lengkap, ada juga koleksi kerajaan lainnya seperti Kerajaan Kahuripan, Kediri dan Singasari yang bisa anda lihat di sana guna menambah wawasan.

13. Api Abadi Mojokerto

Objek wisata Api Abadi adalah salah satu objek wisata peningalan kerajaan Majapahit, menurut sejarah yang beredar "Api Abadi" dulunya di gunakan kerajaan Majapahit untuk membuat senjata dan peralatan kerajaan.

Apabila Anda ingin mengunjungi objek wisata ini anda bisa datang di desa Tempuran, dusun Bekucuk, kecamatan Soko, kabupaten Mojokerto Jawa Timur, apabila dari jantung Kota Mojokerto kurang lebih berjarak 3 Km. Waktu yang tepat untuk menikmati keindahan wisata "Api Abadi" adalah pada malam hari karna pada malam hari kobaran api akan terlihat dengan jelas dan Anda bisa merasakan keindahan tersebut.

14. Air Terjun Coban Canggu Mojokerto
Coban Canggu marupakan salah satu wisata air terjun yang bereda di kabupaten Mojokerto, Air Terjun Coban Canggu mempunyai ketingian kurang lebih 70 meter dan berada di ketinggian kurang lebih 800 dpl. Panorama alam yang di suguhkan di Coban Canggu sunguh luar biasa di Coban Canggu anda merasakan kesejukan udara segar dan nuansa tenang di jamin anda akan betah berlama-lama di objek wisata ini selain itu anda juga bisa merasakan segarnya air terjun dengan mandi atau berendam di kawasan wisata Coban Canggu.

Air Terjun Coban Canggu berada di kawasan lereng gunung welirang di desa Pasundan, kecamatan Pacet, kabupaten Mojokerto tepatnya kurang lebih berjarak 30 Km dari kota Mojokerto. Akses untuk bisa ke air terjun mudah karna jalan menuju air terjun bisa di lalui kendaran Roda dua dan Roda empat. Utuk bisa sampai di kawasan air terjun pengunjung harus berjalan kaki dulu sejauh kurang lebih 500 meter atau memerlukan waktu sekitar 30 menit, setelah berjalah 500 meter Anda akan menemukan keindahan air terjun coban canggu. Setelah puas bermain air di air terjun caban canggu anda bisa mengunjungi pemandian air panas Padusan yang berjarak 500 meter daru objek wisata Coban Canggu.

Kawasan wisata air terjun caban canggu mempunyai beberapa fasilitas pendukung diantaranya kamar mandi, beberapa warung makan dan terdapat gazebo-gazebo untuk bersantai. Untuk bisa menikmati air tejun coban canggu pengunjung hanya di kenakan biaya retribusi sebesar Rp. 2.500/ orang sungguh sangat terjangkau.

15. Pemandian Air Panas Ubalan Mojokerto

Setelah mengunjungi Air Terjun Coban Canggu, rasanya sayang jika anda tidak mendatangi Pemandian Air Panas Ubalan yang letaknya berada di desa Padusan dan masih berada di lokasi yang sama yaitu kecamatan Pacet, Mojokerto. Di tempat ini, anda juga bisa mengajak anak bermain di taman bermain dan melihat ikan dengan suasana yang tenang dan asri. Tidak jauh dari Pacet, juga terdapat Pemandian Air Panas Cangar.

16. Air Terjun Dlundung Mojokerto

Melirik ke desa Kemloko di kecamatan Trawas, anda juga akan menemukan lokasi wisata alam yang tidak kalah mempesona yaitu Air Terjun Dlundung. Tempat cocok bagi anda yang menyukai suasana alam yang sejuk dan merindukan suasana alam yang menenangkan.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon