Sabtu, 26 Maret 2016

17 Destinasi Wisata di Kediri Sebagai Tempat Berlibur Keluarga Anda

Kediri adalah salah satu kota kabupaten yang cukup ramai di Jawa Timur selain Surabaya dan Malang. Kediri juga merupakan karisedan yang mencakup wilayah Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Kediri, dan Nganjuk. Dulunya Kediri merupakan pusat pemerintahan kerjaan Kadiri yang cukup terkenal dengan ramalan Jaya Baya. Anehnya lagi ketika raja Jaya Baya wafat, istana kerajaan menghilang sehingga tidak ditemukan bukti sejarah dari kerajaan Kadiri.

Di Kediri sinilah asal-usul pabrik rokok Gudang Garam yang begitu melegenda dan merakyat. Dibalik nilai sejarah dan pabrik rokok Gudang Garam ternyata Kediri menyimpan banyak destinasi wisata yang cukup indah untuk dikunjungi. Baiklan berikut ini daftar tempat wisata yang ada di Kediri.

17 Tempat Wisata di Kediri Yang Wajib Anda Kunjungi:

1. Wisata Pagora Kediri

Pagora merupakan objek wisata keluarga yang terletak di Jantung kota Kediri. Lokasinya berhadapan dengan stadion brawijaya kediri, sangat mudah ditempuh dari arah mana saja. Taman wisata pagora kediri merupakan yang pertama sebagai tempat wisata dan kolam renang di kediri. Suasananya yang sejuk, nyaman dan aman sangat cocok untuk tempat bermain adik-adik kita. Ada kolam renang, kolam pancing, mandi bola, perahu bebek, kereta kelinci, dan masih buanyak lainnya. Tiket masuknya pun cukup murah. setiap hari libur ada juga pentas musik dan pentas seni yang enak di tonton sambil nyantai.

Disini, Anda juga dapat menikmati fasilitas lain seperti kolam pemancingan, areal wisata ini juga dilengkapi dengan kebon binatang mini (mini zoo). Bebrbagai jenis unggas seperti burung Enggang, kasuari, merak, ayam kate, kalkun, babi hutan, rusa dan masih banyak lagi.  Tentu akan membuat si kecil lebih mengenal fauna asli Indonesia lebih dekat lagi. Arena bermain anak memiliki berbagai wahana, seperti sepur kelinci, atau kemidi putar.  Sedangkan untuk orang dewasa, tempat ini juga menawarkan sepeda air. Kita bisa berkeliling menggelilingi pulau buatan, dimana di tengah pulau membentang sebuah jembatan, dengan air yang hijau penuh dengan ikan.

2. Gunung Kelud Kediri

Gunung Kelud adalah gunung api yang paling aktif di Indonesia, selain Gunung Merapi. Terakhir kali gunung ini meletus adalah pada awal tahun 2014 lalu. Hingga kini, banyak wisatawan yang mengunjungi gunung ini karena pemandangan cantik dan indah yang ditawarkan oleh Gunung Kelud. Mereka yang datang ke gunung ini tidak hanya pendaki, namun juga wisatawan biasa. Anda bisa mencapai ketinggian gunung yang cukup tinggi dengan kendaraan karena jalanan sudah beraspal dan cukup mudah untuk dilalui.

3. Candi Surawana Kediri

Salah satu objek wisata sejarah yang ada di Kediri adalah Candi Surawarna atau Suroworno yang lokasinya berdekatan dengan kampung Inggris, lokasinya masih di kecamatan Pare, Kediri. Candi Surawana merupakan sebuah candi bercorak Hindu. Sebagaimana candi-candi pada umumnya, candi ini juga memiliki nilai sejarah.

Candi Surawana diperkirakan dibangun sekitar abad 14 untuk memuliakan raja kerajaan Wengker bernama Bhre Wengker. Raja Bhre Wengker meninggal pada tahun 1388 masehi. Ukuran candi ini tidak terlalu besar. Hanya 8×8 meter. Lokasi candi ini berada di desa Canggu, kecamatan Pare

4. Monumen Simpang Lima Gumul Kediri

Jika di Paris ada Arc de Triomphe, maka di Kediri ada Monumen Simpang Lima Gumul atau disingkat menjadi MSLG. Bangunan ini dibangun pada tahun 2003 dan diresmikan pada tahun 2008. Masih terbilang baru, tapi ketenarannya sudah dikenal se-Indonesia. Apalagi bagi Anda yang suka hunting foto, lokasi ini cocok sekali sebagai tempat memuasakan hobi fotografi Anda. Selain itu, MSLG ini juga menjadi tempat nongkrong yang hits. Nama simpang lima sendiri disebabkan karena bangunan ini terletak di persimpangan 5 jalan yaitu Gampengrejo, Pare, Pagu, Pesantren dan Plosoklaten.

5. Gumul Paradise Island Kediri

Jika Anda berlibur ke Kediri dengan keluarga, Gumul Paradise Island cocok sekali sebagai tempat untuk menghabiskan liburan. Tempat wisata di Kediri ini letaknya ada di Jalan Simpang Lima Gumul Barat. Di sini ada banyak wahana bermain dan hiburan yang bisa dinikmati. Dengan fasilitas yang oke, Anda beserta keluarga dapat menikmati kegiatan flying fox, speed slider, berenang dan lain-lain. Untuk harga tiket masuk Gumul Paradise Island sendiri terbilang murah, yaitu 20.000 Rupiah untuk orang dewasa dan 15.000 Rupiah untuk anak-anak.

6. Air Terjun Dolo Kediri

Seperti kebanyakan kota di Jawa Timur lainnya, cuaca di kota Kediri juga terbilang panas. Karena itu, berkunjung ke tempat wisata air terjun juga wajib Anda coba. Lokasinya ada di desa Jugo atau sekitar 20 km dari pusat kota Kediri. Untuk bisa mencapai tempat wisata di Kediri ini, Anda harus melakukan trekking dengan jalan yang cukup menanjak. Namun jangan takut lelah dan bosan karena Anda bisa mampir ke perkebunan stroberi dan sayuran tidak jauh dari lokasi air terjun. Anda juga diperbolehkan memetik stroberi di kebun tersebut.

7. Air Terjun Irenggolo Kediri

Satu lagi air terjun yang menarik untuk kita kunjungi di Kediri, yaitu Air Terjun Irenggolo yang berlokasi sekitar 20 km, sekitar 30 menit berkendara dari kota Kediri. Pemandangan pegunungan yang luar biasa dari Besuki-irenggolo telah siap untuk melihat. Selain itu, di sini para wisatawan dapat menemukan beberapa hal menarik, seperti; hutan teduh alami pinus, taman bermain, camping ground, hiking dan jogging area, ada banyak pohon yang menambah kehijauan dan pemandangan indah untuk mata Anda

8. Konto River Raffting Kediri  

Olahraga ekstrim arung jeram? Kini saatnya untuk mencoba adrenalin di sungai Konto. Lokasinya ada di desa Kediri Siman, kecamatan Kepung, Kediri, sekitar 40 km dari Simpang Lima Gumul, arah ke Timur Laut, atau 40 menit berkendara dari pusat kota Kediri.

Meskipun objek wisata ini terbilang baru, tapi sangat tinggi peminatnya. Anda tertarik untuk menguji mental di sungai sepanjang lebih kurang 13 KM ini? Tunggu apa lagi segera siapkan fisik dan mental Anda.
 
9. Sumber Ubalan Kediri


Kalau mencari tempat wisata yang berhubungan dengan alam, Anda bisa mencoba mengunjungi Sumber Ubalan. Letaknya ada di 18 km sebelah timur kota Kediri. Kawasan ini adalah kawasan hutan lindung yang dapat dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat sekaligus rekreasi. Ada banyak wahana bermain yang cocok untuk anak-anak dan dewasa di area ini, seperti juga kolam renang, sepeda air, kolam pancing dan panggung hiburan.

10. Kediri Waterpark 


Siapa sangka ternyata Kediri memiliki waterpark dengan papan luncur paling panjang di Indonesia. Adalah Kediri Waterpark yang letaknya 15 km dari pusat kota Kediri. Tempat wisata ini sangat cocok untuk liburan keluarga, apalagi dengan rombongan putra-putri Anda dan juga saudara. Ada wahana bermain yang beragam, mulai dari kolam renang sampai dengan kolam bermain yang seru. Untuk bisa masuk ke salah satu tempat wisata di Kediri yang paling populer ini, Anda harus membayar 50.000 Rupiah untuk hari Senin hingga Jumat dan 70.000 Rupiah untuk Sabtu, Minggu dan hari Libur. Untuk anak dengan tinggi di bawah 120 cm ada harga khusus yaitu hanya 15.000 Rupiah.

11. Gua Selomangleng Kediri

Gua Selomangleng adalah tempat yang digunakan oleh Dewi Kilisuci, putri dari Raja Erlangga untuk mengasingkan diri dan juga bertapa. Menurut cerita, Dewi Kilisuci pernah menolak tahta kerajaan yang diberikan kepadanya, sehingga kemudian sang dewi berusaha mengasingkan diri. Bukti keberadaannya pun bisa terlihat dari relief yang terdapat di dalam atau luar dinding gua. Tidak heran jika gua ini memiliki nilai sejarah tersendiri. Jika Anda ingin berkunjung ke gua ini, letaknya sekitar 7 km dari pusat kota Kediri, tepatnya di desa Waung, Mojoroto.

12. Gua Maria Phusarang Kediri

Ada sebuah gereja yang cukup unik di Kediri, namanya Gereja Puh Sarang. Lokasinya ada di desa Puhsarang, kecamatan Semen Kediri, itulah mengapa disebut Gereja Puhsarang. Lokasi adalah 10 km di Kediri kota Barat. Gereja tua ini telah dibangun oleh Ir. Heendricus Maclaine atas nama pelopor Mr Yohanes Humbertus Wolters CM pada tahun 1931. Arsitektur kolaborasi antara Eropa dan Majapahit, kombinasi dengan budaya lokal lainnya dan Kristen. Pembentukan pertama dari kompleks adalah Gereja Antik.

Struktur gereja memiliki bentuk gaya arsitektur yang unik dan kita bisa melihat patung-skala penuh unik Tuhan Yesus dan orang-orang di jalan salib. Jika kita melihat gereja ini sejauh ini, itu seperti sebuah kapal dari gunung, yang menggambarkan cerita penyelamatan Nabi Nuh dan penumpangnya. Bangunan-bangunan di daerah gereja yang dibangun.

13. Kampung Inggris Pare Kediri

Di daerah Pare, terdapat sebuah kampung yang mana penduduknya menggunakan Bahasa Inggris untuk komunikasi sehari-hari. Ya, Kampung Inggris adalah kawasan di mana Anda bisa menemukan ratusan lembaga kursus bahasa Inggris. Kampung ini memang terkenal di Indonesia, bahkan jika Anda ingin lancar berbahasa Inggris, Anda bisa datang ke kampung ini. Saat liburan sekolah, banyak siswa atau mahasiswa yang menghabiskan waktu untuk belajar di sini. Menarik juga ya?

14. Tjoe Hwie Kiong di Kediri 

Bangunan ini merupakan sebuah kuil yang sudah dibangun sejak zaman penjajahan dahulu. Kuil ini berada di Jl. Yos Sudarso No 148, kuil yang dibangun di tepi bersejarah Sungai Brantas. Di tempat ini juga pengunjung dapat melihat Wayang Pertunjukan, pertunjukan yang digelar di candi ini sejak sekitar tahun 1983, dan biasanya diadakan pada setiap hari pada Mei dan Juni.

15. Museum Fotografi Kediri

Ingin tahu mengenai kota Kediri tapi tidak punya waktu yang cukup lama untuk jalan-jalan? Datang saja ke Museum Fotografi Kediri. Di sana terdapat ratusan foto kota Kediri pada zaman dahulu kala. Di sini Anda bisa belajar dan mengetahui tentang bagaimana rupa Kediri pada jaman dahulu.



16. Wisata Kuliner Sate Bekicot di Kediri

Anda bisa menemukan sate bekicot dengan mudah di desa Jarak, kecamatan Plosokaten yang juga dekat dengan objek wisata Ubalan. Siapa bilang bekicot itu menjijikan? Buktinya bisa menjadi kuliner yang lezat dan menggoyang lidah kok.

Di sini Anda akan menjumpai warung-warung sate bekicot berjajar disepanjang jalan. Ada beberapa olahan bekicot yang bisa Anda coba diantaranya sate bkicot, oseng-oseng bikicot, keripik bekicot dan lainnya. Harga per porsinya juga cukup terjangkau.

17. Taman Sekartaji Kediri

Taman Sekartaji terletak di kecamatan Mojoroto, setelah melewati jemabatan lama kalo dari Nganjuk pasti melewati taman ini. Taman yang tidak terlalu luas ini menjadi tempat favorit anak muda nongkrong, karena didalamnya terdapat beberapa warung-warung lesehan dengan menu ringan seperti jagung bakar dan berbagai minuman.

Di dekat bundaran pas terdapat patung panglima sudirman yang eksotis dan gagah berdiri disana, didekatnya lagi ada sebuah gereja tua yang merupakan peningglan zaman sejarah belanda tempo dulu yang bentuknya juga eksotis bernuansa gotik bercatkan merah tua yang tentunya menambah keeksotisan taman dan bundaran Sekartaji.

2 comments

simpang lima gumul dan gunung kelud, yeh kamren pas ke pare. sempet kesana hihihi

salam

Hahaha sering lewat sana ya gan

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon