Kamis, 28 April 2016

11 Tempat Wisata di Palu, Sulawesi Tengah Yang Layak Dikunjungi

Palu adalah ibu kota provinsi Sulawesi Tengah dengan wakil walikota Sigit Purnomo Said (Pasha Ungu). Bila dibandingkan dengan daerah lain di pulau Sulawesi, Palu kalah popular dengan Makassar dan Manado. Meskipun begitu ternyata Palu menyimpan keindahan alam yang luar biasa.

Palu cocok dijadikan tujuan wisata keluarga yang nyaman jauh dari keramaian kota. Jadi bagi Anda yang berasal dari luar Palu, seperti Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera, Papua, wajib mencoba keindahan kota Palu.

Ada beberapa tempat wisata yang bisa Anda tuju bila sedang bepergian ke Palu. Beberapa diantaranya adalah keindahan teluk dan pantainya yang menggoda untuk dinikmati. Juga beberapa misteri di taman nasionalnya juga patut disambangi. Bagi Anda yang ingin tahu mengenai budaya dan bagaimana kota ini terbentuk, maka dapat mengunjungi museum dan rumah adat mereka yang merekam banyak jejak leluhur dengan baik.

Baiklah berikut ini daftar tempat wisata di Palu yang wajib Anda kunjungi:

1. Pantai Talise, Palu

Pantai Talise adalah objek wisata pantai yang terdekat dengan Palu. Pantai ini terletak di sepanjang teluk Palu. Akses ke sana juga sangat mudah, murah dan meriah. Pantai ini terletak persis di samping jalan besar negeri. Palu sendiri berdiri dipinggir teluk Palu.

Pantai Talise terletak langsung di hadapan teluk Palu. Pantainya berpasir putih, dengan riak ombak tenang. Sudah banyak fasilitas yang dibangun di sini. Anda bisa berenang, berjemur atau memancing di pantai, menyelam juga boleh. Memandang keindahan teluk dari pantai Talise di atas sepeda motor anda atau dalam mobil anda sangat menjanjikan untuk menghabiskan waktu di sore hari di Pantai Talise Palu.

2. Pantai Taman Ria, Palu

Lokasinya berada di sekitar Jembatan kuning IV Palu, berupa tempat kuliner yang lezat dan berderet di sepanjang garis pantai. Pisang epe dan sarabi adalah yang favorite di obyek wisata ini. Pantai ini menghadap ke arah timur, dan di lokasi ini terdapat sekitar 100 Cafe penjaja makanan ringan dan hidangan khas setempat lainnya. Cafe buka dari sore hingga malam hari dan sangat sering dikunjungi kawula muda.

3. Pantai Tanjung Karang Donggala, Palu

Untuk mencapai obyek wisata Tanjung Karang dapat ditempuh dari kota Palu dalam waktu kurang dari 1 jam atau sekitar 35 kilometer dengan menggunakan mobil atau motor. Tanjung Karang di Sulawesi Tengah ini memiliki pasir putih dan sangat cocok untuk tempat berenang dan berjemur. Bahkan wisatawan juga dapat melakukan snorkeling dan diving, yang telah tersedia persewaan peralatannya. Jadi kondisinya mirip dengan Senggigi yang merupakan wisata terpopuler di Lombok tetapi garis pantainya tidak sepanjang di Senggigi.

4. Danau Poso, Palu

Danau ini merupakan danau terbesar ketiga di Indonesia dengan panjang 32 km dan lebar 16 km. merupakan salah satu danau terindah di dunia dengan pasir putih yang terdapat pada tepi sampai di dasar Danau. Danau poso terletak di kecamatan Pamona Utara dengan ibu kota Tentena, Palu, Sulawesi Tengah. Di sini terdapat ikan Sugili yang sekarang populasinya hampir punah yang disebabkan oleh semakin bertambahnya penduduk.

Di beberapa tempat, anda juga bisa menjumpai sekumpulan batu besar yang muncul dari dalam danau, seakan seperti sebuah kompleks batu yang terapung. Masyarakat setempat menamai kompleks batu tersebut dengan sebutan Watu Ngonggi dan Watu Asa Mpangasa Angga, yang berarti sekumpulan batu yang bisa mengeluarkan bunyi jika dipukul. Di sekitar tempat wisata danau Poso, anda juga bisa menemukan beberapa goa yang cantik, yang mirip dengan Goa Pindul yang menjadi andalan wisata menarik di Jogja. Di sini terdapat goa yang kedalamannya sampai ke dasar danau.danau poso sulawesi tengah

5. Sinkhole Presentasi Donggala, Palu

Sebuah lubang besar (sumur raksasa) yang menganga mirip kolam yang terisi air laut. Konon di tempat wisata baru yang unik ini terdapat terowongan yang menghubungkan lubang ke laut Palu, Sulawesi Tengah. Banyak juga yang menyebut sinkhole ini sebagai sumur laut. Di bagian pinggir tersedia tangga untuk menuju ke daratan lagi, jika pengunjung yang ingin berenang di lubang ini. Letaknya sekitar 45 kilometer dari kota Palu atau 45 menit menggunakan kendaraan bermotor. Tepatnya sekitar 12 kilometer dari pusat kota Donggala. Pusentasi ini memiliki diameter lubang 10 meter, berisi air laut dan berbagai jenis ikan laut, yang airnya akan surut jika laut pasang, dan sebaliknya airnya akan naik jika laut surut. Suatu fenomena keajaiban alam yang wajib anda kunjungi, bukan

6. Sou Raj Rumah Bangsawan, Palu

Sou Raja adalah rumah bangsawan di Palu. Sou Raja ini adalah bukti sejarah bahwa Palu dahulu pernah diperintah kerajaan. Sou Raja sendiri fungsinya seperti tumah dinas Raja. Hanya Raja dan keturunanya yang boleh tinggal di sini. Sou Raja sendiri dibangun dengan menggunakan pondasi kayu Ulin atau kayu Bayan. Sedangkan atapnya selalu berbentuk segitiga.

Anda dapat mengunjungi Sou Raja ini yang terletak di Palu Selatan, tepatnya di Desa Lere, masih kota juga. Jadi jangan khawatir tentang transportasi karena cukup naik kendaraan umum. Selain Sou Raja, ada juga Makam Datok Karamah. Datok Karamah dipercaya berasal dari Aceh dan merupakan orang yang membawa ajaran Islam masuk ke Sulawesi Tengah.

7. Museum Sulawesi Tengah, Palu

Museum ini terletak di tengah kota Palu. Di sini anda bisa melihat koleksi gajah purba dan bagaimana masyarakat Sulawesi Tengah jaman dulu meramu, membuat kain dari kulit dan sebagainya. Bila anda penasaran dengan budaya dan asal usul nenek moyang kota ini, maka anda di sarankan datang ke Museum Sulawesi Tengah.

8. Taman Nasional Lore Lindu, Palu

Tempat wisata di kota Palu lainnya adalah Taman Nasional Lore Lindu. Bagi anda yang suka kegiatan petualangan, maka disarankan datang ke Taman Nasional Lore Lindu ini. Gunung, danau, flora dan fauna di sini sangat indah. Pantainya pun dijamin masih perawan. Apalagi anda juga bisa melihat batu batu dari jaman megalitik di sini. Banyak hal bisa dilakukan di kawasan Hutan Taman Nasional Lore Lindu. Hewan dan flora yang dilindungi bisa anda jumpai di tempat ini.

9. Tugu Nosarara Nosabatutu (Tugu Perdamaian), Palu

Tempat wisata ini lokasinya di Jalan Soekarno Hatta Palu, tepatnya di bukit Jabal Nur, dengan ketinggian di atas 1000 kaki di atas permukaan laut. Akses jalan menuju Tugu Perdamaian tersebut sebagian masih rusak dan berdebu. Di dalamnya terdapat Gong Perdamaian Nusantara, yaitu Gong yang berdiameter kira-kira dua meter dan terbuat dari perunggu dengan berat mencapai satu ton. Di Lokasi ini akan dibangun beberapa objek rekreasi seperti bumi perkemahan, lokasi konser, ATV Track, arena balap motor cross, pasar indsutri untuk kerajinan lokal Sulawesi Tengah, lapangan olahraga tembak, serta taman hijau.

10. Jembatan Palu IV

Adalah suatu landmark yang menjadi ikon utama kota Palu. Tempat ini paling sering dikunjungi wisatawan yang hobi berfoto. Biasanya foto-foto keindahan jembatan kuning Talise ini dilakukan malam hari. Jembatan ini diresmikan pada Mei 2006 oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jembatan ini membentang di atas Teluk Talise ini berada di kelurahan Besusu dan Lere, yang menghubungkan kecamatan Palu Timur dan Barat. Jembatan kuning ini merupakan jembatan lengkung pertama di Indonesia dan ketiga di dunia setelah di negara Jepang dan Perancis


11. Desa Dombu, Palu

Tempat wisata dengan pemandangan alam di wilayah Dombu Donggala ini benar-benar mengagumkan! Puncak Gunung Gawalise di ketinggian sekitar 1.500 di atas permukaan laut, tampak berselimut kabut tebal yang sepertinya enggan beranjak dari sana. Pada sisi kiri jalan, jurang sedalam ribuan meter tampak mengerikan dengan pepohonan yang selalu hijau. Sementara jauh di dasar jurang, terlihat sebuah sungai dengan air yang tenang mengalir di bagian tengahnya. Di Dombu ada komunitas suku terasing yang membangun rumah dan hidup di atas pohon. Namanya Suku Da’a, tersebar di enam kecamatan di kabupaten Donggala, Palu. Obyek ini memiliki keindahan yang dapat disandingkan dengan kawasan Bedugul di Bali untuk keindahan dan sejuknya udara.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon