Kamis, 28 April 2016

14 Tempat Wisata di Gorontalo Yang Layak Dikunjungi

Provinsi Gorontalo adalah provinsi yang terletak di ujung utara pulau Sulawesi dan berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Gorontalo merupakan provinsi baru dari pemekaran Sulawesi Utara.

Letak Gorontalo sangat strategis bila dipandang secara ekonomis, karena berada pada poros tengah wilayah pertumbuhan ekonomi, yaitu antara 2 Kawasan Ekonomi Terpadu Batui Provinsi Sulawesi Tengah dan Manado - Bitung Provinsi Sulawesi Utara. Letaknya yang strategis ini dapat dijadikan sebagai daerah transit seluruh komoditi dari dan menuju kedua kawasan tersebut.

Karena kondisi geografis Gorontalo laut dan perbukitan, membuat Gorontalo menyimpan beberapa destinasi wisata alam yang cukup indah. Destinasi alam tersebut dipadukan dengan keindahan rumah Adat Gorontalo, peninggalan sejarah Limboto Otanaha, dan lain sebagainya membuat Gorontalo sebagai tujuan wisata yang komplet dan menyenangkan.

14 Tempat Wisata di Gorontalo Yang Layak Dikunjungi:

1. Pantai Bolihutua Gorontalo

Pantai Bolihutua adalah sebuah pantai yang berpasir putih dengan pagar pohon pinus yang rindang serta menjulang tinggi. Pantai Bolihutua merupakan tempat wisata pantai yang paling terkenal yang ada di provinsi Gorontalo. Pantai ini selalu ramai pengunjung, dari lokal maupun mancanegara.
Mereka datang untuk menikmati keindahan pantai landai disepanjang teluk Tomini Pantai Bolihutua, yang dikenal dengan Pantai Boalemo Indah, karena lokasinya berada di Kabupaten Boalemo, 100 km sebelah barat Kota Gorontalo.

2. Taman Laut Olele Gorontalo

Perjalanan Anda yang melalui pesisir pantai Gorontalo akan membawa Anda pada sebuah pemandangan yang eksotik, laut yang biru dan tenang berada di kawasan teluk Tomini yang kaya akan ikannya. Di sini Anda dapat memuaskan diri bermain snorkling melihat eksotiknya pemandangan taman bawah laut.  Disinyalir taman laut Olele lebih alami di banding dengan taman laut lain yang ada di Indonesia. Taman Laut Olele berada di Desa Olele Keamatan. Kabila Bone ± 20 km dari Kota Gorontalo.

3. Pulau Bitila Gorontalo

Pulau Batila merupakan pulau yang tak berpenghuni. Pulau Bitila dikhususkan sebagai wisata bahari oleh pemerintah Kabupaten Boalemo. Pulau Batila memang memiliki keindahan yang luar biasa menarik para wisatawan domestik juga mancanegara. Pulau ini memang tak begitu luas namun mempunyai vegetasi yang kaya. Inilah yang membuat Pulau Bitila rimbun dan terasa sangat sejuk. Pasir putihnya yang lembut membentang di sepanjang garis pantainya. Di sini, Anda dapat berbaring menikmati hangatnya sinar matahari.

4. Tangga 2000 dan Jejak Kaki Lahilote Gorontalo

Dari atas ketinggian objek wisata tangga 2000 dan jejak kaki Lahilote ini, anda dapat menikmati keindahan danau Tomini. Rasakan semilir angin dingin menerpa pohon-pohon kelapa pada malam hari. Sebuah batu berukuran besar nampak seperti jejak kaki manusia, secara historis, Lahilote adalah jejak kaki dari seorang pria yang menikah dengan sorang malaikat yang jatuh ke bumi.

5. Pentadio Resort Gorontalo

Pentadio Resort merupakan wisata yang sangat indah dan mempesona di tepian Danau Limboto. Di sini Anda bisa istirahat dan menghabiska waktu liburan selama di Gorontalo. Danau ini memiliki luas sekitar 14 hektar, terdapat sumber air panas dan sering dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga. Danau limboto yang berlokasi di kawasan Pentadio Resort selalu ramai akan pengunjung disetiap akhir pekannya.

6. Air Terjun Ayuhulalo Gorontalo

Air Terjun Ayuhulalo memiliki pemandangan indah dan masih asri. Gorontalo juga memiliki wisata air terjun. Lokasi air terjun ini tak jauh, hanya sekitar 17 km dari pusat kota Gorontalo, tepatnya di Desa Ayuhulalo, sekitar 8 km dari Tilamuta. Kecamatan Tilamuta. Untuk menuju tempat wisata Air Terjun Ayuhulalo bisa ditempuh menggunakan kendaraan laut maupun darat.

7. Rumah Adat Gorontalo

Rumah Adat Gorontalo disebut dengan Bantayo Poboide. Secara harfiah Bantayo artinya bangunan dan Poboide berarti tempat pertemuan. Selain sebagai budaya Gorontalo, Bantayo Poboide juga berfungsi sebagai tempat kegiatan seni budaya Gorontalo. Tempat ini memiliki banyak ruangan dengan fungsi masing-masing, ornamen pada dinding juga menyimbolkan setiap aktivitas penghuninya.

8. Benteng Danau Limboto Otanaha Gorontalo

Benteng danau Limboto Otanaha memiliki ciri khas arsitektur eropa, temboknya kokoh, pintu dan jendelanya tinggi. Benteng Danau Limboto Otanaha merupakan sebuah tempat wisata Gorontalo berupa bangunan sejarah peninggalan kolonial Belanda. Sampai saat ini tempat ini masih dijaga dan dilestarikan sebagai tempat wisata di Gorontalo. Benteng ini berlokasi di desa sebelah barat kota, daerah Dembe I, sekitar 8 km dari kota Gorontalo.

9. Menara Mulia Gorontalo

Apabila Anda ingin menikmati suasana yang sedikit berbeda, Anda bisa mencoba menjelajahi pemandangan Danau Limboto yang indah. Anda bisa menaiki Menara Kemuliaan, melihat menggunakan teleskop dari ketinggian 60 meter. Di dalam Menara Mulia terdapat cindera mata yang diperlihatkan dan juga beberapa restoran dengan kuliner khas Gorontalo.

10. Monumen Nani Wartabone Gorontalo

Taukah Anda, nama monumen ini diambil dari nama salah satu pahlawan lokal Gorotalo, bernama Nani Wartabone. Jasanya sangatlah penting dalam perjuangan rakyat Gorontalo. Monumen ini dapat Anda temukan di Taman Taruna Remaja Gorontalo. Anda bisa mengunjugi salah satu masjid tertua di Gorontalo yang berusia sekitar 300 tahun.

11. Taman Nasional Bogani Nani Wartabone Gorontalo

Dulu taman ini bernama Dumoga Bone adalah sebuah taman rekreasi yang mempunyai aneka ekologi langka. Secara geografi kawasan ini terletak diperbatasan peralihan geografi daerah Indomalayan di sebelah Barat, Papua-Australia sebelah Timur (Wallaceae Area). Anda akan dibuat takjub saat memasuki kawasan cagar alam ini. Terdapat berbagai jenis anggrek, serta aneka tanaman hias dan bunga bangkai (Amorphophallus companulatus).

12. Desa Suku Bajo Gorontalo

Desa Suku Bajo di huni oleh suku Bajo. Mereka umumnya tinggal berkelompok serta memiliki budaya dan tradisi unik. Mata pencaharian utama mereka adalah nelayan. Suku Bajo tinggal di perahu yang disebut Bangau, mereka pergi dari satu pulau ke pulau lainnya, dan berakhir kembali ke Pulau Pantai Toro untuk budidaya mutiara dan rumput laut.

13. Pusat Kerawang Gorontalo

Tempat ini merupakan salah satu penghasil kain kerajinan tradisional Gorontalo yang indah. Pusat industri kerajinan karawang ini disebut juga dengan Karawo. Anda dapat mengoleksinya jika bertandang ke Gorontalo dan singgah di sini.

14. Pemakaman Suci Ju Panggola Gorontalo

Apa yang terbayang ketika Anda mengunjungi makam? Suasana mistis ? Pemakaman tak selalu identik dengan hal yang seram. Pemakaman Suci Ju Panggola ini misalnya, telah ada semenjak abad ke-14. Terletak di Kecamatan Dembe I, sekitar 1,8 km dari pusat Kota Barat, Gorontalo. Masyarakat di sekitar pemakaman ini sebagai tempat suci karena memiliki karakteristik yang unik terkait dengan budaya Islam.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon