Selasa, 26 April 2016

14 Tempat Wisata di Pulau Belitung Tanjung Padan

Wisata Terbaik di pulau Belitung Tanjung Pandan, semenjak adanya sebuah film layar lebar Laskar Pelangi membuat pulau Belitung disebut sebagai Negeri Laskar Pelangi. Selain itu ada pula yang menyebutnya sebagai Negeri 1001 Kopi, ya memang di kota Tanjung Pandan banyak sekali terdapat warung-warung kopi yang menawarkan rasa kopi khas Belitung. Bahkan ada yang sudah membuka kedai kopi secara turun temurun.

Selain itu juga Belitung terkenal memiliki batu alam khas yaitu batu Satam, merupakan batuan yang berasal dari meteor jutaan tahun lalu yang jatuh di sekitar perairan laut pulau ini. Bagi kalangan pecinta batu, batu satam mempunyai khasiat yang dipercaya memiliki energi positif untuk tubuh hal tersebut juga dibuktikan oleh penjual batu tersebut dengan mendekatkan dua buah batu satam maka akan ada sebuah gaya tarik menarik diantara kedua batu tersebut. Bahkan batu satam dijadikan sebagai ikon dengan dibuat sebuah tugu satam tepat di tengah kota Tanjung Pandang. Sebelum lanjut anda juga dapat membaca tempat wisata di Lampung.

Untuk mencapai pulau ini sangatlah mudah terlebih sudah dilengkapi dengan bandara bertaraf Nasional yang memudahkan akses menuju pulau Belitung. Jika anda berasal dari kota-kota besar, sebagai contoh Jakarta anda cukup menggunakan jasa maskapai penerbangan untuk langsung terbang menuju Bandara H.A.S Hanandjoddien, Tanjung Pandan.

Bicara pulau yang satu ini memang tak ada habisnya, selain daya tarik di atas Belitung juga mempunyai warga masyarakat yang ramah dengan culture budaya campuran etnis chinna yang sangat melekat serta diberikan kharuina oleh Sang Pencipta dengan bentang alam yang mempesona. Terdapat banyak pantai-pantai serta pulau di sekitarnya akan menambah kesan liburan anda saat berada di Belitung. Dalam kesempatan kali ini idnusantara akan mencoba mengupas secara lebih dalam perihal wisata terbaik di pulau Belitung Tanjung Pandan semoga dapat bermanfaat serta menambah wawasan anda perihal potensi wisata yang ada di pulau Sumatera.

14 Tempat Wisata di Pulau Belitung Tanjung Padan

1. Replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, Belitung
Merupakan sebuah bangunan yang difungsikan sebagai tempat syuting film Laskar Pelangi, dikarenakan kesuksesan film tersebut banyak para wisatawan yang mengunjungi replika sekolah ini. Sehingga tempat ini menjadi salah satu destinasi liburan kala anda mengunjungi Belitung, di tempat ini pula sudah didirikan kios-kios penjual makanan yang siap menjamu anda.

Berdiri di bukit pasir putih, dimana mungkin karena hanya dijadikan sebuah set dalam keperluan syuting saja maka dibuat dengan keadaan seadanya dan bahkan sangat miris. Dimana di sisi bangunan yang hampir roboh hanya disanggah dengan batang pohon saja dan coretan-coretan di dinding kayu bangunan serta triplek-triplek yang lepas hingga kayu-kayu yang lapuk. Namun lah tersebut tidak menyurutkan animo para wisatawan untuk dapat berfoto di lokasi tersebut.

Terletak di kecamatan Gantong, Belitung Timur jika anda ingin mengunjungi tempat ini anda cukup mengikuti rute jalan saja tak perlu takut tersesat karena jalan di pulau Belitung sifatnya memutar saja jadi cukup mudah untuk menemukan destinasi wisata yang ada di pulau ini.

2. Museum Kata Andrea Hirata, Belitung
Musem ini adalah musem sastra pertama dan satu-satunya di Indonesia pada masa dewasa ini. Memiliki desain unik dan kental akan suasana film Laskar Pelangi, dimana saat anda menginjakkan kaki di museum ini anda akan merasakan seperti berada dalam film tersebut. Berbagai ornamen, foto-foto tokoh figur tersebut terpampang dengan jelas begitu juga dengan novel yang menjadi inspirasi dibuatnya film tersebut.

Seperti rumah pada umumnya, Museum Andrea Hirata ini memang bukan berbentuk gedung yang mewah dan megah melainkan bangunan sederhana yang memiliki banyak ruang. Masing-masing ruangan tersebut diberi nama dengan nama-nama tokoh dalam film Laskar Pelangi serta di bagian sudut rumah tersebut dijadikan sebagai tempat untuk para anak-anak warga sekitar maupun wisatawan agar dapat berkreasi seperti mewarnai, menulis hingga membaca puisi. Di bagian depan museum ada salah satu foto yang membuat Anda bakalan terarik di mana dalam foto tersebut bertuliskan Bermimpilah karena Tuhan akan memeluk mimpi-mimpimu, memiliki makna yang dalam jika dapat kita cerna.

Sosok Andra Hirata saat kecil, merupakan seorang anak di Belitung yang mempunyai mimpi sangat besar terhadap kemajuan pendidikan dan kehidupan yang layak di daerahnya. Berawal dari mimpi tersebut terciptalah sebuah buku pertamanya yang berjudul Laskar Pelangi pada tahun 2005. Museum Kata Andrea Hirata terletak di Jalan Raya Laskar Pelangi no.7, Gantong Belitung Timur. Tepatnya tak jauh dari replika SD Muhammadiyah Laskar Pelangi, dari lokasi tersebut anda cukup melanjutkan perjalanan dengan lurus saja mengikuti rambu jalan dan letak museum ada disisi kanan jalan.

3. Danau Kaolin, Belitung
Seperti yang telah banyak diketahui bahwa alam Belitung juga mempunyai potensi tambang yang menghasilkan timah dan kaolin. Sehingga jika anda berada dalam penerbangan di atas pulau Belitung anda akan dapat melihat lubang-lubang besar bekas penambangan tersebut. Memang sedikit miris jika melihat segala kerusakan alam akibat eksploitasi sember daya alam yang berlebihan, namun dari ketidak sengajaan tersebut terciptalah sebuah danau yang berbentuk cekungan kemudian terisi oleh air.

Apa itu kaolin? adalah merupakan sebuah tanah liat dari pelapukan batu granit yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plastik, kertas bahkan hingga karet. Pulau Belitung adalah sebagian tempat penghasil kaolin terbesar yang ada. Oleh karena itu tak heran jika alam di sekitar lokasi penambangan menjadi rusak.  Keindahan Danau Kaloin menjadi penyejuk diantara kerusakan alam sekitar, warna biru tosca airnya sangat indah bila dipandang. Selain itu air danau tersebut pun aman untuk digunakan rendam atau bermain di pinggir-pinggir danau dan banyak masyarakat sekitar yang percaya bahwa airnya mampu membuat kulit halus serta mengobati beberapa penyakit kulit.

Danau Kaolin terletak di Desa Air Raya atau sekitar 15 menit berkendara ke Tanjung Pandan tepatnya di persis disamping dari Jalan Murai. Dimana anda dapat melihat langsung keindahan danau ini serta berfoto ria dengan latar belakang biru tosca air, karena keindahannya tempat ini juga sering dijadikan sebagai spot foto prawedding bagi pasangan yang ingin menikah.

4. Pantai Tanjung Kalayang, Belitung
Adalah sebuah pantai cantik yang dijadikan sebagai tempat pengambilan adegan saat Lintang (tokoh dalam film Laskar Pelangi) mengantarkan ayahnya yang seorang nelayan untuk melaut dalam film tersebut. Pantai cantik ini memang tak sepopuler pantai Tanjung Tinggi, namun pantai ini juga memiliki panorama yang cantik terbagi menjadi dua sisi yaitu sisi timur hamparan pasir pantai putih dan halus dan sisi barat batuan granit berbagai ukuran tertata dengan indah membuat pesona pantai ini kian eksotis.

Pada sisi laut pantai ini juga terdapat tumpukan batu besar yang berbentuk yang menyerupai kura-kurang dan kepala burung yang disebut dengan pulau Batu Burung membuat pemandangan indah terbentang di perairan laut pantai Tanjung Kalayang. Selain itu disisi kiri pantai juga terdapat monumen bertuliskan Welcome To Belitung, sangat bagus jika diabadikan dalam foto sebagai kenang-kenangan. Kecantikan Pantai Tanjung Kalayang memang tak digarukan lagi terbukti pada tahun 2011 pantai ini pernah dijadikan sebagai maskot Sail Wakatobi-Belitong dimana banyak para wisatawan dunia datang berkunjung ke pantai ini.

Pantai Tanjung Kalayang terletak di kecamatan Sijuk atau sekitar 27 Km dari pusat kota Tanjung Pandan dan tak jauh dari pantai ini anda juga dapat mampir ke pantai Tanjung Tinggi yang berdekatan. Di Pantai Tanjung Kalayang anda juga menjadi dermaga untuk dapat menyewa sebuah perahu yang digunakan menyebrang ke pulau-pulau sekitarnya dengan biaya sekitar Rp. 350.000-Rp. 400.000 untuk satu perahu namun anda dapat mengajak wisata lain bergabung agar lebih ringgan pembagian biayanya.

5. Pantai Tanjung Tinggi, Belitung
Tak lepas dari film Laskar Pelangi, pantai cantik ini pun menjadi salah satu pengambilan adegan dalam film tersebut. Pantai Tanjung Tinggi memiliki bebatuan granit besar yang tersusun apik, dengan perairan biru tosca yang jernih serta arus gelombang yang tenang membuat pantai ini mempunyai daya tarik bagi para wisatawan.

Mempunyai panorama khas pantai Belitung serta kekayaan bawah lautnya membuat berbagai aktifitas anda dapat lakukan dipantai ini seperti berenang, snorkeling hingga olahraga air. Batuan-batuan besar pun dapat anda jadikan sebagai latar belakang saat berfoto membuat kesan eksotis pantai Tanjung Tinggi.

Terletak di kecamatan Sijuk atau tepatnya sekitar 30 Km dari pusat Tanjung Pandan dengan waktu tempuh sekitar 1 jam perjalanan. Pantai ini berbentuk seperti teluk dengan panjang garis pantai sekitar 100 meter.

6. Pantai Tanjung Pendam
Masih dalam satu kecamatan Sijuk, Tanjung Pandan terdapat sebuah pantai cantik lainnya yaitu Pantai Tanjung Pendam. Pantai ini memang memiliki suasana yang asri dengan dikelilingi oleh pepohonan sehingga cocok bagi para warga sekitar maupun wisatawan bersantai dan bermain di Pantai Tanjung Pendam dengan luas area sekitar 22 hektar.

Terdapat pula fasilitas kios-kios penjual makanan serta beberapa wahana air yang dapat menambah seru saat berada di sini. Keunggulan lain ditempat ini dijadikan spot untuk melihat sebuah panorama matahari terbenam selain di pantai Tanjung Kalayang ataupun pantai Tanjung Tinggi. Matahari terbenam atau sunset merupakan moment yang cukup ditunggu oleh para wisatawan karena cahaya langit oranye seakan menyatu dengan warna air laut membuat moment ini begitu spesial.

7. Pantai Burung Mandi, Belitung
Berlokasi di Desa Burung Mandi, Belitung Timur dengan jarak dengan kota Manggar sekitar 18 Km atau sekitar 70 Km dari dari Bandara. Nama unik pantai ini diambil dari sebuah gunung disekitar pantai yang bernama Gunung Burung Mandi. Sehingga menjadi satu-satunya pantai di pulau Belitung dengan latar belakang sebuah gunung. Oleh karena itu pantai ini menjadi kebanggaan warga Belitung Timur yang memiliki keindahan tiada tara.

Secara karakteristik pantai ini memiliki pasir pantai halus berwarna agak coklat yang landai dan juga rindangnya pohon pinus yang tumbuh disekitar pantai membuat suasana sejuk ketika anda menginjakkan kaki di pantai. Pantai Burung Mandi mempunyai garis panjang sekitar 2 Km, pada beberapa bagian pantai ini berjajar rapih perahu-perahu nelayan dan tepat disebelah timur pantai ini terdapat pantai lain yang terletak dilereng Gunung Burung Mandi yaitu Pantai Bukit Batu yang diresmikan pada tahun 2004 oleh bupati pertama Belitung Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang saat ini menjabat sebagai orang nomor satu di DKI Jakarta. Dimana beliau lahir dan besar di Belitung, bahkan anda dapat melihat kediaman asli beliau yang dikenal dengan nama Kampung Ahok.

8. Pantai Penyabong, Belitung
Terletak di kecamatan Membalong, Belitung Selatan atau tepatnya sekitar 70 Km dari Tanjung Pandan. Pantai ini dikenal juga dengan nama lain pantai Batu Lubang karena memang berada di Dusun Batu Lubang. Dengan cukup mengikuti rute jalan menuju Membalong maka anda akan dapat sampai di pantai cantik ini. Pantai Penyabong sedikit berbeda dengan pantai-pantai di Belitung lainnya, dimana pantai ini memiliki karateristik gelombang ombak yang agak besar. Namun kecantikannya tak kalah dengan pantai lainnya, dengan menyuguhkan panorama pantai dengan deretan batu-batu granit besar yang menjorok ke laut seakan seperti menyerupai tembok dan dermaga alami.

Pada Pantai Penyabong ini anda akan disuguhkan dengan suasana pantai yang tenang tidak begitu ramai, mungkin karena lokasinya yang agak terpencil. Namun hal tersebut tidak menyurutkan minat untuk dapat merasakan pengalaman berada di pantai ini dan sangat cocok bila anda mencari pantai dengan suasanya yang tidak terlalu ramai.

9. Pantai Nyiur Melambai, Belitung
Pantai ini tergolong unik karena di kawasan pantai tidak terdapat batu-batu besar layaknya pantai-pantai khas Belitung lainnya mungkin lebih tepatnya seperti pantai pada pulau Jawa, dengan hembusan angin laut yang berhembus membuat hati menjadi tenang.

Pada bagian pantai. sangat rindang dengan pepohonan cemara laut yang bertata rapih tumbuh sepanjang garis pantai. Fasilitas pada pantai ini pun terbilang cukup lengkap seperti toilet, kios-kios makanan serta arena olahraga dan juga berbagai sarana pendukung lainnya membuat siapa pun akan suka berlama-lama dipantai ini.

Pantai Nyiur Melambai merupakan salah satu wisata yang cukup populer di Belitung Timur, memiliki nama lain yaitup antai Lalang mungkin karena berada di Desa Lalang, kecamatan Manggar. Selain karena memiliki potensi-potensi diatas, yang menjadi daya tarik lainnya pantai ini merupakan spot sempurna untuk menyaksikan panorama terbitnya Sang Fajar maka tak heran jika waktu menjelang pagi sudah banyak para wisatawan yang berada di pantai Nyiur Melambai.

10. Pulau Batu Garuda, Belitung
Dalam pembahasan pantai Tanjung Kalayang di atas idnusantara memberikan informasi perihal pulau-pulau disekitarnya, salah satunya adalah pulau Batu Garuda. Sebenarnya pulau ini tidak memiliki garis pantai hanya berupa tumpukan batu-batu besar yang pada ujung terdapat sebuah batu yang menyerupai kepala burung.

Pulau ini terletak memang tidak begitu jauh dari pantai Tanjung Kelayang hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit penyebrangan dan biasanya jika anda ingin menjelajahi beberapa pulau-pulau disekitarnya pasti akan melewati pulau Batu Garuda sebagai pulau pertama yang akan dikunjungi.

11. Pulau Pasir. Belitung

Tidak jauh dari pulau Batu Garuda anda akan melanjutkan perjalan menuju pulau Pasir. Sebenarnya pulau ini hanya berupa hamparan pasir putih yang halus dengan diameter pulau sekitar 15 meter saja. Namun bila anda berkunjung ke pulau ini jangan lupa untuk mengabadikan dalam foto, dimana seakan anda berada dipulau pribadi yang dikelilingi oleh laut lepas.

12. Pulau Batu Layar, Belitung

Pulau berikutnya adalah pulau Batu Layar, merupakan sebuah pulau kecil yang hanya terdapat sedikit hamparan pasir dan pada bagian tengah pulau berdiri tegak beberapa batu granit besar yang bila dilihat menyerupai layar perahu, oleh karena itu diberi nama pulau Batu layar. Biasanya para wisatawan akan berfoto dicelah-celah batu tersebut agar mendapatkan hasil foto yang eksotis. Pada beberapa sisi pulau juga terdapat batu besar namun tidak tinggi, dimana batu-batu tersebut letaknya menjorok ke laut sehingga sebagian batu terendam oleh air laut. Selain itu disekitar pulau juga terdapat spot snorkeling dengan aneka terumbu karang yang masih terjaga serta beberapa jenis ikan dapat anda temui di sana.

13. Pulau Lengkuas, Belitung
Pulau ini sangat populer dikalangan para wisatawan, bahkan ada yang berpendapat jika belum lengkap mengunjungi Belitung jika belum menginjakkan kaki di pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas memang mempunyai daya tarik tersendiri, sebagai pulau yang tidak berpenghuni dengan hamparan pasir putih yang halus serta dibagian tengah pulau terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda yang menjadi ikon pulau tersebut.

Mercusuar kuno ini memiliki tinggi sekitar 70 meter yang dibuat pada tahun 1882, meski kuno serta berkarat dibeberapa bagian namun mercusuar ini tetap berfungsi untuk memandu kapal-kapal ingin merapat ke Tanjung Binga. Pada mercusuar pulau Lengkuas terdapat 18 lantai dan juga anak tangga memutar hingga keatas. Pada tengahnya terdapat beberapa ruangan peristirahatan bagi penjaga serta penjarah tahanan pada masa itu.

Masuk kedalam mercusuar ini memang agak sedikit menyeramkan, dimana suasana yang lembab serta anak tangga yang berkarat bahkan ada sebagian anak tangga yang sudah hilang namun tetap aman. Akan tetapi bila sudah sampai dipuncaknya, anda akan disuguhkan dengan panorama pantai dan pulau dari atas. Dimana berjajar hamparan batu-batu alam yang indah serta kapal-kapal wisatawan yang merapat di pulau dan biru air laut yang jernih akan memanjakan mata anda. Dengan mengabadikan moment tersebut melalui kamera, anda akan lebih jelas menikmati keindahan pulau Lengkuas dalam bentuk foto.

Setelah puas melihat isi mercusuar dan berfoto, anda juga dapat melihat penangkaran tukik atau anak-anak penyu tepat berhadapan dengan pintu masuk mercusuar. Kemudian anda dapat melepas dahaga ataupun sekedar nyantap makanan ringan, dimana di pulau Lengkuas terdapat satu penjual makanan. Setelah merasa puas mengelilingi pulau ini anda melakukan kegiatan berenang atau snorkeling, perairan pulau lengkuas memang memiliki kekayaan bawah laut yang cukup mempesona, terdapat beraneka ragam terumbu karang serta jenis-jenis ikan kecil berwarna-warni berenang bebas.

14. Pulau Kepayang, Belitung
Tidak jauh dari pulau Lengkuas anda dapat mampir ke pulau Kepayang, merupakan pulau tak berpenghuni dengan luas area sekitar 14 hektar namun pada pulau ini sudah dilengkapi dengan saran dan fasilitas bagi para wisatawan seperti bunggalow, cottages, arena camping, tempat makan serta dive shop. Bagi masyarakat sekitar pulau ini disebut juga dengan pulau Babi yang terbagi menjadi dua bagian yaitu pulau Kepayang Kecil dan juga pulau Kepayang Besar dan letaknya pun berdekatan. Sama-sama mempunyai panorama yang indah berupa hamparan pasir putih dan bebatuan granit dengan berbagai ukuran serta air laut yang jernih sehingga membuat aneka jenis ikan kecil dapat anda liat tanpa alat bantu.

Berbagai kegiatan anda dapat lakukan di pulau Kepayang mulai dari bermain beberapa wahana air, snorkeling, outbound, melihat tempat konservasi penyu hingga mengunjungi pusat restorasi terumbu karang bahkan anda juga dapat memberikan nama pada ujung terumbu karang yang akan ditanam di dasar laut.

Pulau Belitung memang sebuah pulau yang unik dan juga cantik dengan campuran culture budaya etnis dan juga budaya suku bugis membuat kekayaan Nusantara kita semakin beragam. Dengan memiliki segala potensi wisata serta keunikan khas pantai Belitung dengan berbagai ukuran batu-batu granit yang tidak ada di daerah lainnya. Sejuta pesona akan anda dapatkan begitu anda mendarat di tanah Belitung dan pastinya kelak akan membuat anda rindu dengan suasananya.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon