Informasi tempat wisata dan kebudayaan di Indonesia

Kamis, 07 April 2016

4 Tempat Wisata Air Terjun di Lumajang

Lumajang adalah kabupaten yang berada di Jawa Timur dan berbatasan langsung dengan kabpaten Malang, kabupaten Probolinggo, dan kabupaten Jember. Kabupaten Lumajang berada di ujung selatan Jawa Timur dan di selatannya lagi sudah Samudra Hindia.

Kota Lumajang terkenal sebagai salah satu kota penghasil buah pisang terbesar di Indonesia. Selain itu, Lumajang juga terkenal dengan potensi wisatanya yang luar biasa besar, mulai dari wisata gunung maupun pantainya. Wisata di Lumajang yang berupa gunung seperti Gunung Semeru, Gunung Wayang, Gunung Sawur, dan Puncak B29 nya, sedangkan wisata pantainya seperti Pantai Damar, pantai Klakah, Pantai Tlepuk, dan Pantai Watu Godek.

Sebenarnya selain gunung dan pantai, di Lumajang juga terdapat potensi wisata lain, yaitu wisata air terjun. Berikut beberapa air terjun terbaik di Lumajang yang banyak didatangi pengunjung.

1. Air Terjun Sobyok Manggisan, Lumajang

Air Terjun Manggisan terletak di desa Kandangan, kecamatan Senduro sekitar 22 km dari kota lumajang. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 21 meter. Air terjun ini memiliki pemandangan yang sangat luar biasa indah, gemuruh air yang jatuh semakin menambah kenyamanan saat menikmati alamnya. Air terjun ini juga cocok digunakan untuk mandi karena idak berbahaya.

2. Air Terjun Watu Lapis, Lumajang

Air Terjun Watu Lapis terletak di dusun Tawonsongo, desa pasrujambe, kecamatan Pasrujambe. Berjarak sekitar 30 km ke arah barat dati kota Lumajang. Untuk menuju ke air terjun ini dapatmenggunakan kendaraan roda dua atau roda empat selama 1 jam perjalanan. Angkutan umum belum ada ke kawasan ini.

Objek wisata air terjun Watu Lapis ini terletak ditengah hutan kopi milik warga sekitar.Jalannya pun masih belum begitu baik karena masih dalam proses pembangunan.

3. Air Terjun Carang Kuning, Lumajang

Air Terjun Carang Kuning terletak di desa Jambekumbuh, kecamatan Pasrujambe . Air Terjun Carang Kuning mempunyai tinggi sekitar 15 m dan tersusun dari bebatuan alami.

Konon nama air terjun ini diambil dari nama seorang putri pada era Kerajaan Majapahit yang sering mandi di bawah air terjun ini. Nama putri itu dikenal sebagai Carang Kuning.

4. Air Terjun Coban Pawon, Lumajang

Air Terjun Coban Pawon terletak di dusun Kertowono,desa Wangkit, kecamatan Gucialit, sekitar 20 km dari Kota Lumajang. Air terjun ini memiliki keunikan yaitu didalam goanya terdapat antrukan yang menyerupai pawon (tempat memasak). Konon, setiap percikan airnya diyakini dapat membantu penyembuhan penyakit kulit.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 4 Tempat Wisata Air Terjun di Lumajang

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish