Minggu, 17 April 2016

Keindahan Alam Air Terjun Sumber Pitu Pujon Malang

Ngomongin malang memang nggak ada matinya, selain terkenal dengan Apel dan Arema ternyata Malang menyimpan keindahan alam yang tiada tara. Bisa dikatakan Malang adalah pusat wisatanya Jawa Timur. Beberapa hari yang lalu admin idnusantara melihat tayangan My Trip My Adventure di TV dengan mengambil lokasi Air Terjun Sumber Pitu Malang.

Tayangan tersebut menginspirasi admin blog untuk mengupas lebih jauh tentang keindahan Air Terjun Sumber Pitu Malang. Orang malang menyebut air terjun dengan kata Coban, dan 7 dengan sebutan bahasa Jawanya Pitu. Jadi air terjun ini disebut juga Coban Pitu Malang.

Sebenarnya ada dua Air Terjun Sumber Pitu di Malang yaitu di Pujon kabupaten Malang dan Tumpang kabupaten Malang. Namun yang dibahas di sini Air Terjun Sumber Pitu Malang yang terletak di dusun Tulungrejo, desa Pujon Kidul, kecamatan Pujon, kabupaten Malang.

Untuk menuju ke Air Terjun Sumber Pitu Pujon dari pusat kota Malang, Anda bisa langsung menju ke Pujon. Setelah melewati patung tugu sapi, bisa memilih jalan tengah yang berada di pertigaan Ringin Punden untuk kemudian berbelok ke kiri. Namun jika menggunakan transportasi umum, dari pertigaan Ringin Punden Anda masih harus melanjutkan perjalanan dengan ojek untuk sampai ke desa Pujon Kidul. Dengan lokasi Coban Sumber Pitu yang tersembunyi diantara rimbunnya hutan, Anda perlu berusaha keras untuk mencapainya.

Kalau tidak terbiasa dengan aktivitas pecinta alam maupun trekking tentunya perjalanan ini akan terasa berat. Anda harus melewati jalanan tanah melewati hutan pinus, hutan belantara, perbukitan, hingga padang rumput ilalang dimana terdapat jurang yang cukup dalam di sana. Namun dengan semua kealamian yang ditawarkan tempat ini, termasuk akses jalannya, tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri.

Menuju Air Terjun Sumber Pitu Pujon Malang ada beberapa jalur yang bisa digunakan seusai melewati desa Pujon Kidul. Dimana kesemua jalur tersebut sama-sama ekstrim dan menantang. Namun tenang karena ada pemandu yang akan menuntun Anda untuk sampai ke sana. Jalur yang pertama merupakan jalur offroad yang bisa ditempuh dengan mengundakan kendaraan offroad, seperti mobil offroad, motor cross, ataupun berjalan kaki.

Jika membawa kendaraaan bisa menitipkan di ladang milik penduduk karena memang jalannya yang terlalu sempit untuk kendaraan. Di jalur yang pertama ini harus melewati jalan yang berlubang dan berbatu serta dengan kontur jalan yang naik dan turun. Kurang lebih jarak yang harus ditempuh dari start awal sekita 2,7 km. Sementara jalur yang kedua cocok buat Anda yang sudah terbiasa dengan aktivitas climbing. Anda harus mendaki setinggi 3 km hingga sampai di jalan tanah yang berkontur naik-turun melewati semak berduri dan rumput ilalang. Di sepanjang pendakian akan dihibur dengan pemandangan gunung yang indah. Menggunakan jalur ini Anda perlu untuk berhati-hati karena terdapat tebing di kanan-kiri yang meskipun indah namun cukup curam.

Petualangan selanjutnya akan betul-betul menantang saat memasuki jalur yang ketiga. Di sini Anda harus melewati tebing-tebing yang cukup curam dan juga dipenuhi dengan pohon-pohon lebat. Untuk melewati semua itu, pemandu akan menggunakan sabit untuk membuka jalan. Selain itu di musim penghujan seperti ini harus lebih berhati-hati karena kondisi jalan yang berlumpur, licin, dan lembab. Hati-hati juga dengan tumbuhan yang berduri jika tidak ingin tubuh lecet-lecet. Namun seusai melewati jalur ini, Anda semakin mendekati dengan lokasi air terjun. Gemuruh suara air mulai jelas terdengar.

Udara juga semakin dingin saat mendekati air terjun. Tantangan terakhir yang harus Anda taklukan adalah memanjat tebing dengan kemiringan 45 derajat dan dipernuhi dengan tumbuhan merambat. Anda tinggal mengikuti instruksi dari pemandu untuk bisa menaklukkannya. Dan begitu tiba di sana, bersiaplah untuk terpukau dengan keindahan yang ditawarkan si cantik ini.

air terjun sumber pituMeski dinamakan Coban Sumber Pitu nyatanya ada 14 air terjun di sini. Hanya saja 9 diantaranya lokasinya berdekatan yang oleh masyarakat sekitar tetap disebut Coban Sumber Pitu. Tak jauh dari kawasan Petak 100, sebutan masyarakat setempat untuk kawasan tersebut, juga terdapat 4 titik air terjun yang bersebelahan dengan Sumber Pitu. Sementara di bawah Coban Sumber Pitu terdapat satu lagi air terjun yang dikenal dengan nama Coban Tunggal.

Aliran air terjun Coban Pitu dan Coban Tunggal mengarah pada sungai yang sama yang disebut dengan air terjun titik ketiga. Lokasi terbaik untuk bisa mendapatkan gambar dari Coban Sumber Pitu, ialah sebuah batang pohon yang telah berusia puluhan tahun dan tumbang dengan akarnya terangkat ke atas. Untuk bisa mendapatkan gambar yang sempurna Anda harus menggunakan tripod karena minimnya cahaya di sana. Ketenangan dan keindahan yang ditawarkan Coban Pitu mampu menghilangkan rasa lelah akibat petulangan untuk sampai ke sana.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon