Jumat, 06 Mei 2016

20 Tempat Wisata di Jember, Jawa Timur

Jember terletak di ujung selatan Jawa Timur dan beratasan langsung dengan Samudera Indonesia, oleh karena itu Jember menyuguhkan wisata bahari yang begitu indah. Selain itu juga ada beberapa tempat wisata menarik lainnya seperti puncak, waterpark, waterboom, air terjun, dan masih banyak lagi.

Jember meupakan daerah penghasil tembakau dan kopi berkualitas yang ada di Inonesia. Itu menandakan daerah Jember merupakan tanah yang subur. Bila Anda berasal dari luar Jember dan berkunjung ke sini akan disuguhkan pesona alam yang begitu asri.

Jember dapat Anda jadikan tujuan wisata berlibur selain Malang dan Lamongan. Dijamin para wisatawan betah berlama-lama di Jember untuk menikmati keindahan wisatanya. Baiklan berikut ini beberapa destinasi wisata yang ada di kabupaten Jember, Jawa Timur.

1. Pantai Paseban, Jember

Pantai Paseban terletak di sebelah barat laut dari kota Jember, dengan jarak kurang lebih 52 km, pantai Paseban merupakan salah satu obyek wisata pantai di Jember yang layak untuk dikunjungi.
Lokasi pantai berada di desa Paseban, kecamatan Kencong, kabupaten Jember. Pantai ini terkenal dengan keindahan matahari terbenamnya, dan juga memiliki ombak yang cukup besar untuk berselancar. Oleh karena itu, bagi wisatawan yang memiliki kegemaran surfing, bisa melakukan aktivitas tersebut di pantai Paseban.

2. Pantai Papuma, Jember

Pantai Papuma memiliki keindahan yang sangat luar biasa. Pasir pantainya yang putih dan bersih membuat keindahan pantai ini menjadi daya tarik untuk wisatawan dari berbagai daerah di Indonesia datang berlibur ke sini. Lokasi pantai Papuma ada di desa Lojejer, kecamatan Wuluhan, kabupaten Jember, jaraknya kira-kira 45 km dari kota Jember. Di sekitar pantai juga ada banyak sekali tempat penginapan, dari yang mahal sampai yang murah meriah.

Untuk masuk ke Pantai Papuma Anda hanya harus membayar tiket masuk sebesar Rp 12.500 tiap orang (harga dapat berubah). Di sekitar pantai ini juga ada sebuah goa lawa yang menarik untuk dikunjungi, menurut mitos masyarakat, goa lawa merupakan tempat bersemayam putri penguasa laut selatan. dan juga tempat bertapa Kyai Mataram.

# Harga tiket masuk pantai Papuma Rp 15.000/ orang

3. Pantai Bandealit, Jember

Di pantai Bandealit Anda dapat melakukan beberapa aktivitas olahraga air, misalnya body surfing. Untuk body surfing, Anda dapat menyewa perlengkapan yang telah disediakan oleh pihak pengelola pantai. Ada juga pilihan kegiatan lainnya, seperti menyusuri sungai menggunakan speedboat, berkano, atau melihat burung yang banyak hidup di kawasan tersebut. Selain pantai, beberapa objek wisata menarik di kawasan ini di antaranya adalah penangkaran rusa timor serta Green House. Di Green House, Anda akan melihat koleksi tanaman bunga anggrek.

# Harga tiket masuk pantai Bandealit Rp 8000/ orang

4. Pantai Puger, Jember

Pantai Puger Jember menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jember yang selalu ramai oleh wisatawan. Di sekitar pantai Puger juga terdaoat tempat pelelangan ikan, Anda juga bisa melakukan kegiatan memancing di pantai ini. Anda juga bisa melihat cagar clam Puger Watangan yang lokasinya berada di sekitar kawasan pantai Puger, dengan pesona sumber air kucurnya.

Harga tiket masuk pantai Puger, Jember Rp 5000/ orang

5. Pantai Watu Ulo, Jember

Pantai Watu Ulo terletak bersebelahan dengan pantai Papuma. Di sekitar pantai ini Anda bisa menemukan penjual aneka aksesoris yang terbuat dari dasar laut. Di pantai ini selalu diadakan acara Pekan Raya di setiap tahunya tepatnya pada tanggal 1-10 syawal. Pemandangan di sekitar pantai ini sangat mempesona, Anda akan betah berlama-lama di pantai ini.

Harga tiket Pantai Watu Ulo, Jember Rp 7500/ orang


6. Air Terjun Tancak, Jember

Air terjun Tancak berada di daerah perbukitan Tancak, lebih kurang 16 km arah barat daya kota Jember. Dengan ketinggian sekitar 82 m dan debit air 150 Meter kubik/ detik. Untuk menuju air terjun Tancak Anda harus menempuh perjalanan dengan lama waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Jember dan menuju desa Suci, lokasi air terjun ini berada. Perjalanan menuju air terjun dilanjutkan berjalan kaki kira-kira sejauh 3 kmr dari desa Suci.

7. Air Terjun Antrokan, Jember

Satu lagi air terjun yang ada di Jember dan menarik untuk kita kunjungi, air terjun Antrokan. Air terjun ini berada di desa Manggisan, kecamatan Tanggul, kabupaten Jember, sekitar 1 jam perjalanan dari pusat kota Jember, Air Terjun Antrokan ini lebih rendah dibandingkan air terjun Tancak dan jaraknya pun lebih pendek sekitar setengah jam berjalan kaki dari peberhentian terakhir Anda melewati jalan setapak.
8. Tiara Waterpark, Jember

Di Tiara Waterpark Anda bisa menikmati aneka permainan air yang seru. Tiara Waterpark menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Jember yang ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah di Jawa Timur dan sekitarnya. 

Lokasi Tiara Waterpark ini berdekatan dengan Universitas Jember, berjarak sekitar 2 km saja. Untuk masuk ke Tiara Waterpark mulai pukul 17.00 tidak dipungut biaya untuk Non Waterboom. Tersedia juga Cafe Area (free wifi dan free karaoke). Tiara Waterpark buka sampai jam 10 malam. Wah, menarik jgua ya, kita bisa bermain sepuasnya dari jam 5 sore sampai 10 malam tanpa dipungut biaya, selain itu kita juga bisa online gratis dan karokean sepuasnya. Tiara waterpark bisa menjadi tempat wisata gratis terfavorit di Jember.

9. Waterboom Niagara, Jember

Selain Tiara Waterpark, wahan bermain di Jember yang tidak boleh Anda lewatkan adala Waterboom Niagara. Waterboom ini sangat cocok sekali untuk bermain anak-anak, di sini ada 2 buah kolam di dalam taman air ini, yakni kolam besar sedalam 160 cm untuk dewasa dan remaja. Dan satunya lagi kolam yang lebih kecil dengan kedalaman 6 cm untuk anak-anak. Di sini Anda bisa mengajak anak-anak ataupun keluarga untuk menghabiskan waktu berlibur.

10. Pemandian Kebon Agung, Jember

Pemandian Kebon Agung bisa menjadi pilihan yang tepat untuk menyegarkan tubuh Anda. Lokasi pemandian ini berada di Kebon Agung, Kaliwates, Jember. Terdapat 2 buah kolam renang dengan sumber air yang alami dialirkan langsung dari mata air Watu Remuk. Tersedia kolam untuk dewasa dengan ukuran 50×20 m berstandar internasional. Di sekitar pemandian tersedia juga berbagai fasilitas seperti hotel, restoran, dan taman bermain.

11. Pemandian Patemon, Jember

Pemandian Patemon adalah salah satu yang populer di Jember. Lokasinya berjarak sekitar 30 km arah barat dari kota Jember, dengan ketinggian lebih kurang 500 m dpl. Sumber air di pemandian Patemon berasal dari mata air lereng pegunungan Argoporo. Pemandian ini juga merupakan salah satu tempat wisata yang sangat ramai dikunjungi, terlebih pada sa’at hari libur dan akhir pekan. Jika Anda ingin refreshing serta berlibur, di sinilah tempatnya. Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman – teman.

12. Pemandian Rembangan, Jember

Wisata pemandian Rembangan di Jember lokasinya berada di puncak Rembangan, selain dapat menikmati pemandangan sekitar Anda juga bisa menikmati fasilitas pemandian. Terdapat pemandian, hotel, dan agrowisata perkebunan kopi milik PTP Nusantara XII dan juga peternakan sapi perah, Anda dapat langsung melihat proses pemerahan susu sapi dan dapat membeli susu sapi segar dengan jumlah literan. Di kawasan ini suhunya sangat sejuk dan udaranya masih sangat bersih dan segar, sangat bagus untuk tubuh Anda. Sangat cocok sekali untuk kita yang menginginkan suasana damai dan tenang.

13. Pemandian Oleng Sibutong, Jember

Tempat wisata pemandian Oleng Sibutong ini berjarak sekitar 10 km arah utara kota Jember merupakan lokasi wisata yang sangat sesuai untuk rekreasi keluarga. Nama Oleng Sibutong, berasal dari nama ikan Uling, sejenis belut yang buntung, yang secara logat madura disebut Butong.

14. Taman Botani, Jember

Taman Botani menjadi tempat wisata edukasi di Jember  yang tidak boleh Anda lewatkan. Dengan konsep bermain sambil belajar akan membuat anak-anak lebih terangsang rasa ingin tahu mereka terhadap alam, baik itu tumbuhan maupun hewan. Lokasi taman ini berjarak sekitar 11 mm dari arah barat alun-alun Jember. Di sini Anda akan menjumpai 300 jenis tanaman obat-obatan yang berbeda-beda di kebun herbal. Terdapat juga penangkaran hewan dengan berbagai spesies. Di sini kita bisa melihat sekitar 300 jenis tanaman. Selain itu, Anda juga bisa melihat berbagai jenis hewan seperti rusa, angsa, cendrawasih, merpati, kalkun dan lain-lain.

# Harga tiket masuk Taman Botani, Jember Rp. 5.000/ orang

15. Puncak Rembangan, Jember

Destinasi wisata populer kawasan puncak Rembangan di Jember puncak? Bukannya puncak itu adanya di Bogor? Ternyata salah, puncak tidak hanya terdapat di Bogor. Anda juga bisa menikmati pemandangan yang menakjubkan di puncak Rembangan yang memiliki ketinggian sekitar 650 mdpl.

Untuk mencapai puncak Rembangan kita harus menempuh perjalanan sekitar 15 km arah utara kota Jember. Kawasan wisata Rembangan menyajikan wisata pegunungan dan agrowisata. Puncak Rembangan juga mempunyai tempat pemandian  dengan air alami yang terawat kebersihannya. Dari tempat ini Anda bisa melihat kota Jember dan sekitarnya. Wisata Rembnngan ini memiliki daya pikat yang hampir sama seperti yang ada di wisata puncak Bogor. Silakan menikmatinya sambil melahap pisang keju dan teh jahe spesial.

16. Situs Duplang, Jember

Anda suka dengan wisata sejarah? Terdapat sebuah situs peninggalan abad ke-4 masehi di Jember, Situs Duplang, situs ini berada di desa Kamal, kecamatan Arjasa. Di sana Anda bisa menemukan koleksi dari jaman Megalitikum seperti kubur batu, menhir hingga batu kenong. Ditambah juga ini menguatkan bukti bahwa di desa setempat pada jaman purba sudah ada manusia purba yang hidup menetap berkelompok dan mulai bercocok tanam. Situs Duplang memiliki beberapa koleksi peninggalan masa megalitikum di antaranya kubur batu, batu kenong, dan menhir. 

17. Perkebunan Teh Gunung Gambir, Jember

Selain perkebunan kopi dan tembakau, kabupaten Jember juga memiliki perkebunan teh yang berada pada jarak sekitar 48 km dari pusat kota. Perkebunan ini dibangun oleh bangsa Belanda pada tahun 1918. Suasana alamnya begitu nyaman dan berhawa sejuk karena berada pada ketinggian sekitar 1000 mdpl.

Selain melihat aktivitas para pekerja memetik daun teh dan menyaksikan proses pembuatan teh hingga menjadi minuman, wisatawan yang berwisata ke perkebunan Teh Gunung Gambir juga dapat berolahraga seperti jogging, tenis, dan berenang. Beberapa penginapan juga telah tersedia di kawasan wisata ini. Menikmati suasana malam di perkebunan Teh Gunung Gambir akan membawa suasana hati menjadi lebih tenang, nyaman, dan damai. Tempat wisata di Jember ini berlokasi di lereng Gunung Argopuro. Untuk menuju ke tempat wisata ini, wisatawan dapat menggunakan mobil pribadi atau rental. 

18. Wisata Bedagung, Jember

Wisata Bedadung ini menjadi salah satu tempat wisata keluarga di Jember yang sangat sayang sekali untuk dilewatkan. Lokasinya di sisi sungai Bedadung, salah satu sungai di Jember. Pada situs ini, pengunjung dan keluarga bisa memanfatkan waktu dengan naik perahu air dan bersepeda, menikmati kolam renang dan fasilitas lainnya untuk anak-anak. Selain itu, para pengunjung bisa memancing di tempat wisata ini. Sebagai sarana pendukung, disediakan satu ruang untuk beristirahat saat berada di lokasi.

19. Loko Lori, Jember

Loko Lori merupakan salah satu destinasi wisata unik di Jember. Sebenarnya lori ini merupakan pembawa hasil perkembunan. Belum banyak masyarakat yang tahu adanya wisata loko antik ini karena kebanyakan kegiatan wisata parik Gula jarang terekspose keluar, selama ini yang tahu hanya para fanatik sejarah dan turis asing yang rutin datang tiap tahunnya. Padahal pabrik Gula ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah yang masyarakat belum tahu. Kita tidak hanya bisa ke museum-museum untuk melihat lokomotif kuno, di pabrik Gula juga menyimpan banyak loko antik kuno peninggalan sejarah yang nyata masih berfungsi.

20. Alun-Alun Jember

Alun-alun menjadi benang merah konsep universal tentang sebuah kota di dunia. Filosofi tata kota yang membagi simbol keimanan, penghukuman, dan pemerintahan. Ini bukan sekadar pusat kota Jember. Di sebelah barat alun-alun, di arah kiblat, ada masjid Baitul Amin. Di sebelah utara berdekatan dengan masjid ada pendapa Wahyawibawagraha. Di ujung lain sebelah utara, ada penjara yang konon sudah berdiri sejak tahun 1883. Di bagian timur, berdiri sejumlah bank. Sebelah selatan, berdirilah kantor pemerintah kabupaten. Bila Anda datang ke kota Jember jangan lewatkan untuk mampir ke alun-alun Jember. Alun-alun jember lebih indah dinikmati pada malam hari dengan hiasan lampu yang mengelili alun-alun Jember.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon