Jumat, 06 Mei 2016

Keindahan Wisata Pantai Sawarna, Banten

Keindahan wisata pantai Sawarna, Banten adalah salah satu wisata bahari di provinsi Banten. Pantai Sarwana merupakan pantai dengan karang putih yang memiliki panjang hingga mencapai 65 km. Pantai ini memiliki landscape yang cukup komplit meliputi gunung, hutan, sungai, bukit karang, goa, pasir putih yang menjadikannya begitu menakjubkan untuk dikunjungi sebagai tempat wisata.

Pantai Sawana memiliki banyak kelebihan dari segi wisata alam, sejarah, kuliner, dan lain-lain. Anda akan menemukan berbagai kelebihan yang dihadirkan untuk membuat Anda kembali fresh. Di pantai ini terdapat tebing-tebing yang menjulang dengan indahnya seakan memberikan isyarat untuk segera dipanjat menikmati setiap andrenalin yang dihadirkan. Tantangan tersendiri bagi Anda yang merupakan seorang pemanjat tebing yang ingin mencoba menaklukkan tebing ini.


Alamat Pantai Sawarna, Banten
Pantai Sawarna terletak di desa Sawarna ada di kecamatan Bayah, provinsi Banten. Daerah ini mempunyai bentangan alam yang benar-benar memukau dimulai dari pantai, batuan karang, bukit, rimba lindung sampai goa juga ada di desa wisata ini. Wisatawan suka menyebut tempat wisata ini sebagai pantai sawarna banten atau pantai sawarna sukabumi, karena memang terletak dalam kawasan Banten dan Sukabumi.


Penginapan di Sekitar Pantai Sawarna, Banten
Jika Anda ingin berlibur dan menginap beberapa malam, Anda tak perlu khawatir akan tempat Anda untuk tidur. Di desa Sawarna yaitu desa di Pantai Sawarna menyediakan rumah yang berfungsi sebagai home stay atau penginapan yang disewakan untuk para wisatawan yang ingin menginap. Dengan menyewakan rumahnya sebagai penginapan, penduduk sekitar memiliki pendapatan sampingan selain mata pecaharian pokoknya.


Kuliner di Pantai Sawarna, Banten
Bagi Anda yang doyan dengan kuliner, Anda tentu tak ingin melewatkan makanan khas dari pantai ini. Kebanyakan warga setempat memang berprofesi sebagai nelayan penangkap ikan kecil dan ikan teri. Nah, ikan teri inilah yang menjadi makanan khas dari pantai ini. Penduduk sekitar biasanya memberi nama teri medan dengan rasanya yang gurih saat dimasak dan disajikan sebagai pepes atau digoreng dengan terigu. Anda bisa mendapatkan makanan ini di warung-warung sekitar pantai.


Profesi Kehidupan Masyarakat di Pantai Sawarna, Banten
Selain sebagai nelayan, masyarakat setempat juga memiliki profesi lain yaitu membuat kerajinan tangan. Kerajinan tangan buatan masyarakat disini sudah dikenal di banyak kalangan. Kerajinan yang dibuat berbahan dari akar kayu mahoni dan kebanyakan memang dibuat sebagai ukiran-ukiran. Para wisatawan juga meyukai hasil ukiran dari para pengerajin dan tak jarang bahkan ada yang sampai memesan khusus untuk dijadikan oleh-oleh atau pun untuk memulai bisnis baru.

Transportasi Menuju Pantai Sawarna, Banten
Pantai Sawarna dapat dicapai dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika menggunakan kendaraan pribadi dari Jakarta, maka rute yang akan anda tempuh yaitu:
1. Jalur Timur: Tol Jagorawi, Ciawi, Cibadak, Pelabuhan Ratu, Sawarna
2. Jalur Barat: Tol Merak, Serang Timur, Pandeglang, Gunung Kencana, Malingping, Bayah, Sawarna.

Disarankan menggunakan jalur timur karena jalur barat suasananya sepi dan gelap, sehingga Anda akan kesulitan bila membutuhkan bantuan. Selain itu juga masih jarang terdapat tempat makan dan tempat pengisian bensin.

Apabila Anda ingin menggunakan kendaraan umum, Anda dapat menumpang bus jurusan Pelabuhan Ratu dari terminal bus setempat, kemudian dari Pelabuhan Ratu Anda harus melanjutkan ke arah Sawarna dengan menaiki ELF. Bila menaiki kendaraan umum, saya sarankan jangan terlalu sore, karena kendaraan umum menuju Desa Sawarna hanya sampai dengan jam 5 sore saja.

Harga Tiket Masuk Pantai Sawarna, Banten
Tiket masuk Pantai Sawarna sangat murah, yakni hanya Rp 5000/ orang. namun jika Anda membawa kendaraan pribadi, akan dikenakan biaya parkir kendaraan.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon