Minggu, 16 Oktober 2016

Pesona Wisata Desa Dompyong, Trenggalek

Trenggalek adalah kabupaten kecil yang berada di ujung selatan Jawa Timur berbatasan langsung dengan kabupaten Tulungagung, Ponorogo, dan Pacitan. Saking kecilnya Trenggalek jarang dikenal orang luar. Yang menonjol dari kabupaten ini adalah wisata pantai, namun semenjak dipimpin bupati Emil Dardak, Trenggalek mulai bangkit.

Destinasi wisata tidak hanya terpusat di pantai saja, namun juga masuk ke desa-desa. Salah satunya desa Dompyong, kecamatan Bendungan, Trenggalek. Tempat wisata ini tergolong masih muda karena diresmikan tahun 2015 kemarin. Lalu apa yang menarik dari desa Dompyong? untuk menjawabnya silahkan simak uraiannya berikut ini.

Sebenarnya desa Dompyong sama dengan desa lainnya yang ada di Trenggalek, cuma diubah konsepnya menjadi Culture dan Tourism Heritage, yakni wisata budaya dan peninggalan sejarah. Memanfaatkan keindahan alam setempat dengan dipadukan peninggalan sejarah mampu menarik para wisatawan datang ke sini.
Pabrik Kopi Van Dilem, Desa Dompyong
Pabrik Kopi Van Dilem, Desa Dompyong

Wisata alam yang dimaksud adalah air terjun Coban Rambat yang dilengkapi pembangkit listrik peninggalan Belanda yang hingga kini masih bisa dimanfaatkan bahkan dikembangkan dengan mengakomodasi teknologi modern. Selain itu pada momen tertentu,  wisatawan juga bisa menikmati hiburan tradisional berupa atraksi reog dan jaranan, serta bisa menikmati beberapa kuliner khas kecamatan Bendungan.
Pesona Wisata Desa Dompyong, Trenggalek
Pesona Wisata Desa Dompyong, Trenggalek

Di desa Dompyong juga terdapat pabrik gula peninggalan penjajah Belanda yang kini difungsikan kembali. Kopi hasil olahannya diberi nama Van Dilem. Kopi ini sekarang ramai dipasarkan dipinggir jalanan kabupaten Trenggalek. Harapannya supaya kopi Van Dilem bisa mendunia layaknya Kapal Api.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon