Jumat, 14 Oktober 2016

Pesona Wisata Ranu Gumbolo, Tulungagung

Ranu Gumbolo sepintas kedengarannya mirip Ranu Kumbolo yang ada di gunung Semeru. Eits tetapi Ranu Gumbolo yang satu ini ada di kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Yang pasti merupakan destinasi wisata baru yang menarik perhatian para wisatawan.

Mungkin pemberian nama Ranu Gumbolo terinspirasi dari Ranu Kumbolo, yang beda hanya pada Kumbolo dan Gumbolo. Ranu artinya danau atau kolam, bisa juga diartikan telaga atau air. Sedangkan Gumbolo diadopsi dari kata Kumbolo yang artinya tempat berkumpul.

Bila Anda pernah berkunjung ke Ranu Kumbolo di kaki gunung semeru dan Ranu Gumbolo di Tulungagung ada kemiripan yaitu sungai mirip danau. Meskipun termasuk tempat wisata baru, Ranu Gumbolo ramai dikunjungi para kawula muda dari berbagai daerah.
Ranu Gumbolo, Tulungagung

Lokasi wiata ini mulai banyak di kunjungi serta diminati oleh masyarakat Tulungagung dan masarakat luar daerah. Sebenarnya lokasi wisata ini sudah lama ada tapi baru terkenal sekitar tahun 2015 kemarin. Objek wisata Ranu Gumbolo ini biasanya dijadikan sebagai tempat nongkrong para muda-mudi di siang hari sambil menikmati keindahan pemandangan alam yang asri.

Selain dijadikan tempat nongkrong para muda-mudi lokasi tersebut juga dimanfaatkan warga untuk memancing ikan. Banyak para penghobi memacing yang datang ke lokasi tersebut mulai dari warga sekitar ataupun masarakat luar daerah. Jenis ikan yang ada di lokasi wisata Ranu Gumbolo ini diantaranya yaitu Ikan Grameh, Ikan Nila, Ikan Mujair, Ikan lele, bahkan kadang ada juga yang menemukan jenis ikan Louhan.
Ranu Gumbolo, Tulungagung 2

Di lokasi wisata ini masih belum ada retribusinya, alias gratis untuk masuk ke lokasi tersebut. Pengunjung hanya dikenakan biaya parkir montor sekitar kurang lebih Rp 2.000 saja. Lumayan murahkan untuk tempat lokasi yang se secantik itu. Selain itu di sekitar lokasi tersebut sangat bersih, oleh sebab itu para pengunjung sanagat betah untuk menikmati keindahan alam di lokasi wisata Ranu Gumbolo.
Ranu Gumbolo, Tulungagung 3

Akses Menuju Ranu Gunbolo, Tulungagung

Rute jalur menuju objek wisata Ranu Gkumbolo ini, apabila wisatawan dari arah Surabaya mengarah ke Tulungagung, ikutilah rambu yang terpampang di pinggir jalan mengarah ke Wonorejo. Setelah melewati pintu masuk Waduk Wonorejo ikuti jalan sampai menemukan sebuah SD, kemudian ambil arah kanan sampai menemukan jalan bercabang pertama, ambil arah kanan (apabila lurus ini mengarah ke Waduk Wonorejo). Ikuti jalan saja sampai pada tempat parkiran Ranu Gumbolo. Di lokasi ini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan keindah Waduk Wonorejo, dikarenakan tempatnya bersebelahan.
Ranu Gumbolo, Tulungagung 4

Dilokasi tersebut pengunjung bisa berfoto-foto atau mengambil gambar di lokasi tersebut. Dikarenakan lokasi ini sangat cocok dan bagus apabila dijadikan sebuah backround foto Anda. Setelah pengunjung puas berfoto ria di lokasi Ranu Gumbolo selanjutnya menuju ke lokasi objek wisata Tumpak Bledek. Objek wisata Tumpak Bledek adalah suatu tempat yang dulunya merupakan lokasi penambangan masyarakat sekitar. Pemandangan di objek wisata Tumpak Bledek ini tidak kalah indahnya dengan Ranu Gumbolo maupun Waduk Wonorejo. Nah bagi Anda yang berkunjung ke kabupaten Tulungagung jangan sampai terlewatkan untuk singgah ke lokasi objek wisata tersebut.
Ranu Gumbolo, Tulungagung 5

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon