Sabtu, 28 Januari 2017

Surganya Monyet di Baluran, Banyuwangi

Taman Nasional Baluran (TNB) terletak di ujung utara kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Jalan provinsi yang menuju arah Banyuwangi lewat Situbondo juga melewati hutan Baluran. Sebenarnya sering lewat sini namun pada malam hari sehingga monyet tidak terlihat.

Pada siang hari bisa menjumpai puluhan ekor monyet di pinggir jalan Baluran. Sepertinya monyet tersebut sengaja turun ke jalan untuk mencari makanan dari pemberian orang lewat. Sungguh tragis mungkin di hutan sudah tidak ada makanan lagi.

Saking banyaknya monyet bila dilempari makanan mereka saling berebut, ada juga yang ketabrak mobil lewat. Sebenarnya sopir bisa menghindar dari monyet bila melihatnya dari jarak jauh, namun bila tiba-tiba nyebrang secara tidak sengaja tertabrak mobil.

Tidak bisa dibayangkan berapa jumlah monyet yang ada di Baluran, itu yang terlihat masih dipinggi jalan. Kalau yang di Taman Nasional pasti jumlahnya lebih banyak. Sepertinya Taman Nasional Baluran surganya monyet di bumi.

Komunitas monyet ini semakin banyak terlihat di sekitar pantai, kehadirannya tampak dimana-mana, bahkan sejak memasuki pintu gerbang Taman Nasional Baluran. Melihat gerombolan monyet yang sedang bermain, melompat di pepohonan, berayun didahan atau berjalan di jembatan tali, memang tampak lucu dan menghibur. Namun bila pengunjung tidak hati-hati, kera-kera tersebut siap mengambil alih barang Anda. Karena itu Anda jangan lupa menutup pintu mobil, meninggalkan tas atau kamera sembarangan, terutama hati-hati menjaga makanan.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon