Senin, 13 Februari 2017

Wisata Edukasi Rumah Coklat Trenggalek

Wisata edukasi Kampung Coklat Trenggalek - Ngomongin tempat wisata memang tiada habisnya, apalagi wisata tersebut menyediakan kuliner hasil olahan alam. Pasti  banyak yang pengen datang ke sini untuk berwisata dan kuliner.

Salah satu tempat wisata baru yang ada di kab. Trenggalek adalah Kampung Coklat. Yups meskipun namanya mirip Kampung Coklat Blitar namun ini asli Trenggalek lho. Dibawah kepemimpinan bupati baru Emil Dardak, Trenggalek cukup terkenal dari sector wisatanya.

Peran pemerintah daerah dan masyarakat yang peduli dengan Trenggalek mampu mengangkat citra Trenggalek sebagai kota wisata. Pemanfaatan social media seperti instagram, facebook, dan twitter secara viral dapat mengangkat Kampung Coklat Trenggalek dikenal khalayak banyak.

Tema yang diambil untuk Kampung Coklat ini adalah Rumah Coklat. Konsep yang diambil adalah eduwisata (edukasi), jadi perpaduan antara tanaman coklat dan proses pembuatan coklat. Namanya juga wisata edukasi Rumah Coklat pasti terdapat pohon kakao.

Di sini Anda dapat mengajak keluarga bersama anak-anak untuk melihat langsung produk olahan dari kakao menjadi coklat. Beberapa menu coklat yang ada di Rumah Coklat adalah Bakmi Coklat, Pentol Coklat, Donat Coklat, dan Pizza Coklat. Harganya cukup terjangkau mulai Rp. 4.000 hingga 40.000 tergantung dari menu yang dipilih.

Rumah Cokelat Trenggalek tentu akan membawa dampak positif bagi keberlangsungan perkebunan kakao yang ada di Trenggalek khususnya wilayah Rumah Coklat. Terdapat banyak UMKM yang memanfaatkan kakao sebagai bahan dasar berbagai produk disana. Nah dengan adanya Rumah Coklat ini diharapkan dapat mendukung dan mengembangkan usaha masyarakat di wilayah Trenggalek tersebut.

Baca: Ayo Nyoklat di Kampung Coklat Blitar

Rumah Coklat Trenggalek merupakan salah satu dari sekian banyaknya Objek Wisata di Trenggalek yang tak hanya sekedar tujuan wisata saja, namun juga menjadi salah satu tempat / sarana dalam mempelajari dunia kakao. Walaupun masih terbilang baru, namun masyarakat disana nyatanya juga bisa membuat cokelat yang berkelas. Wajar saja, yang baru kan Rumah Coklatnya, sedangkan soal kakao, masyarakat di wilayah tersebut sudah lama menggelutinya.

Baca: Wisata Edukasi Kampung Susu Dinasty Tulungagung

Prospek buah kakao di wilayah Kabupaten Trenggalek cukup besar, bahkan sekarang  hampir tersebar di setiap Kecamatan. Tingkat produksi kakao yang cukup tinggi tentu perlu adanya dukungan dengan fasilitas dan ilmu teknologi guna kelangsungan dan kemajuan usaha tersebut. Sehingga dengan demikian maka produk yang keluar daerah Trenggalek tak hanya berupa biji kakao, melainkan menjadi produk olahan yang memiliki nilai ekonomis yang lebih tinggi.

Galeri Foto Rumah Coklat Trenggalek








Alamat Rumah Coklat Trenggalek
Rumah Coklat ini terletak di Jln. Raya Karangan - Dongko, tepatnya di des. Karangan, kec. Karangan, kab. Trenggalek, prov. Jawa Timur, tepatnya di depan lapangan Kartangan Trenggalek. Letaknya yang strategis membuat Rumah Coklat mudah dikunjungi wisatawan local mapun luar Trenggalek.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon