Jumat, 17 Maret 2017

5 Wisata Kuliner di Malang Yang Layak Dikunjungi

Wisata kuliner adalah wisata yang paling menyenangkan, setelah Anda capek mengelilingi kota Malang dengan segala keindahannya kini saatnya memanjakan perut dengan berkunjung ke tempat kuliner yang paling direkomendasikan. Malang identik dengan baksonya, dimanapun Anda berada pasti telah mengenal bakso Malang yang dijual di rombong dan warung bakso.

Selain bakso ternyata ada makanan yang nggak kalah enak untuk dicicipi yaitu Cwie Mie, Wedang Angsle, Sego Goreng Mawut, dan Orem-Orem. Berikut ini idnusantara menjabarkannya secara detail kelima wista kuliner di Malang.

5 Wisata Kuliner di Malang Yang Layak Dikunjungi:

1. Bakso Bakar
Bakso bakar ini sesungguhnya makanan khas Malang yang termasuk baru lantaran awal kali dikenalkan oleh Pak Man atau Suparman sekitaran tahun 1997. Bakso mungkin saja tidak asing lagi ditelinga Anda, tetapi Bakso Bakar khas Malang rasa-rasanya lain dari bakso biasanya.

Tidak hanya dibumbui kecap, bakso bakar Malang begitu merasa aroma rempahnya. Aroma bakar dengan rasa pedasnya khas banget, tidak bakal didapati di tempat lain. Bakso bakar di buat seperti langkah bikin bakso biasanya yakni di buat dari daging sapi, digiling, serta di rebus. Cuma saja sesudah di rebus, bakso itu lalu dibakar serta dilumuri lebih dahulu dengan saos, kecap, serta bumbu-bumbu.

Ana dapat mencicipi bakso ini di Warung Bakso Bakar Pak Man yang berada di Jalan Diponegoro No. 19 A Kota Malang. Jam buka mulai jam 09. 00 WIB sampai jam 21. 00 WIB sehari-harinya. Mengenai harga nya termasuk cukup merakyat.

2. Cwie Mie
Cwie Mie yaitu kuliner Malang yang serupa dengan mie ayam umum. Bedanya, makanan khas Malang ini memakai daging ayam yang dihancurkan (serupa dengan abon).

Cwie Mie Malang umumnya dihidangkan dengan memakai mangkok yang terbuat dari pangsit lalu di kasih kuah gurih, daun selada fresh, serta taburan bawang goreng. Anda dapat menumukan Cwie Mie di Resto Hot Cwie Mie Malang, Jalan Raya Mojorejo No. 99 Junrejo Batu.

3. Wedang Angsle
Angsle yaitu minuman khas Malang yang serupa dengan sekoteng atau wedang ronde khas Jogja. Angsle umumnya dihidangkan pada saat hangat serta lebih enak di nikmati waktu malam hari atau saat cuaca dingin.

Wedang Angsle diisi irisan roti, kacang tanah yang disangrai, serta kacang hijau rebus. Lalu masihlah ditambah dengan Petulo/putu mayang, tape singkong, bubur mutiara, serta ketan putih kukus. Serta paling akhir disiram dengan kuah santan yang di rebus berbarengan daun pandan serta ditambah sedikit essence.

4. Sego Goreng Mawut
Nah bila makanan khas Malang yang satu ini namanya memanglah agak bagaimana gitu, hehe. Dalam bhs Jawa, Mawut artinya berantakan atau berantakan. Bila disimpulkan dengan cara asal kata jadi Sego Goreng Mawut bermakna nasi goreng yang berantakan.

Tetapi, bukanlah sekian ada. Sego Goreng Mawut sesungguhnya yaitu nasi goreng umum, cuma saja digabungkan dengan bahan lain, yakni mie goreng. Setahu aku, bila di daerah Yogyakarta istilahnya nasi goreng magelangan.

Struktur nasi goreng yang lembut ditambah dengan mie goreng kenyal membuahkan makanan yang begitu lezat. Warna coklat cerah dari kombinasi saos serta kecap ditambah dengan toping acar dan daun selada bakal bikin Anda menginginkan selekasnya menyantapnya.

5. Orem-Orem
Orem-Orem yaitu makanan khas Malang yang diisi irisan ketupat serta daging ayam yang dimasak dengan kuah santan kental. Kuahnya serupa kuah opor atau lodeh, tetapi masihlah lebih kental lagi.

Orem-Orem umumnya dimasak diatas bara api dari arang, bukanlah api kompor. Orem-Orem dihidangkan berbarengan tempe goreng serta Mendol. Saat nikmati Orem-Orem ini, Anda dapat memberikan kecap serta sambal sesuai sama selera supaya lebih lezat.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon