Sabtu, 15 April 2017

Warung Pentol (Cilok) Paling Enak di Trenggalek

Pentol adalah makanan yang terbuat dari tepung dan pada umumnya bentuknya bulat, walaupun pada kenyataannya bulatnya tidak rata. Pentol umumnya disandingkan dengan makanan bakso, ada juga yang menyebut pentol sama dengan bakso padahal keduanya berbeda. Pentol adalah bagian dari bakso, sedangkan bakso adalah makanan yang terdiri dari pentol, tahu, gorengan, mie, dan kuah disebut bakso.

Namun kali ini yang dibahas bukan pentol bakso, melainkan asli pentol yang terbuar dari tepung tanpa menggunaka daging sapi layaknya bakso. Penyebutan pentol lain daerah juga beragam, ada yang mengatakan cilok. Yang menyebut cilok adalah mereka yang tinggal di pesisir utara pulau Jawa, sedangkan yang mengatakan pentol di daerah selatan pulau Jawa seperti Trenggalek.
Warung Pentol (Cilok) Paling Enak di Trenggalek

Untuk mencari pentol tidak terlalu sulit, banyak sekali pedagang pentol yang keliling ke kampung-kampung dengan aneka pilihan seperti pentol goreng dan pentol godok, adapula yang digoreng menggunakan telur. Meskipun kelihatannya sepele, profesi jualan pentol hasilnya lumayan juga. Jajanan pentol marak bererdar di sekolah-sekolah, coba sekolah mana yang tidak ada jualan pentol? hehe

Baiklah sesuai judul artikel, kali ini Admin berbagi informasi warung pentol yang paling enak di Trenggalek. Yang membedakan warung pentol dengan pentok ojekan adalah menu dan fasilitasnya. Bila pentol ojek yang dijual hanya pentol saja namun warung pentol ada minuman dan tempat untuk menyantap pentol.

Daftar warung pentol yang paling enak di Trenggalek:

1. Pentol Goreng Kembar, Sugihan, Kampak, Trenggalek
Daftar warung pentol yang paling enak menempati urutan pertama adalah Pentol Goreng Kembar yang terletak di desa Sugihan, kecamatan Kampak, Trenggalek. Letaknya yang mudah dijangkau karena gang masuknya di jalan besar Kampak-Munjungan, membuat tempat ini ramai dikunjungi orang.

Pada hari Minggu atau hari libur warung pentol Kembar selalu ramai dikunjungi orang, terutama anak mudan dan sekolah. Pentol Kembar ini telah mendunia di seluruh Trenggalek, yang datang ke sini kebanyakan dari luar Kampak.

Fasilitas Pentol Kembar adalah aula yang luas, jadi jangan khawatir nggak kebagian tempat karena aulanya luas kok. Sembari duduk-duduk Anda dapat menikmati pentol goreng yang dicampur pentol tahu. Rasanya gurih dan nikmat, bila kehausan Anda dapat memesan minuman seperti extra jos, kuku bima, kopi, dan lain sebagainya.
 
2. Pentol Godok, Sugihan Kampak Trenggalek
Urutan kedua ditempati Pentol Godok yang terletak di desa Sugihan, kecamatan Kampak, Trenggalek. Letaknya agak tersembunyi yaitu arah ke gua Ngerit, kalau dari utara kiri jalan kalau dari selatan kanan jalan.

Pentol godok ini beda sama pentol goreng, rasanya mirip banget sama pentol bakso yang empuk dan lezat. Pentol godok Sugihan ini juga memiliki aula di samping rumah si penjual, ya cukup luas dan nyaman untuk duduk sambil makan pentol.

Selain pentol juga tersedia aneka minuman seperti es teh, es jeruk, kopi susu, dan lain sebagainya. Pentol godok ini selalu ramai dikunjungi orang baik pagi, siang, maupun sore hari. Sepinya ya kalau si penjual lagi tutup.

3. Pentol Godok, Gedahan, Ngrayung, Gandusari, Trenggalek
Urutan ketiga adalah pentol Godok yang terletak di dusun Gedaha, desa Ngrayung, kecamatan Gandusari, Trenggalek. Letaknya cukup di pedalaman dengan melewati gang kecil yang menuju persawahan. Bila Anda ingin ke sini sesampainya di desa Ngrayung silahkan bertanya kepada warga sekitar, mereka ngerti alamatnya dan pasti dikasih tahu.

Dulunya si penjual pentol godok ini keliling menggunakan sepedah ontel, namun kini telah membuka warung sendiri dengan area luas. Ada dapat menikmati pentol sambil lesehan atau duduk di atas kursi. Seperti pentol kembar dan pentol godok Sugihan, di sini juga tersedia aneka minuman cepat saji.

Menurut warga sekitar si penjual pentol ini telah memulai usahanya sejak awal tahun 90an. Bisa dibilang embahnya pentol yang ada di Gandusari dan Kampak. Tempatnya yang nyaman membuat warung pentol ini disukai anak muda untuk pedekate hehe.

www.idnusantara.com adalah blog yang membahas tentang informasi wisata Nusantara dan kebudayaannya

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon