Minggu, 09 April 2017

Wisata Edukasi Museum Tsunami Aceh

Museum Tsunami Aceh dibuat untuk mengenang peristiwa tsunami di Aceh pada tahun 2004 yang lalu. Tahukah Anda siapa yang mendesain museum ini? tidak lain adalah bupati Bandung saat ini Kang Emil (Ridwal Kamil). Beliau memang lulusan arsitek, menurutnya ini merupakan desain tersulit yang pernah ia buat untuk museum tsunami.

Museum tsunami Aceh terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, No. 03, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Mesum tsunami Aceh merupakan wisata edukasi, jadi cocok membawa anak-anak Anda untuk berkunjung ke sini mengetahui sejarah atau peristiwa terjadinya tsunami tahun 2004.

Indonesia merupakan sebua Negara yang memiliki wilayah yang sangat luas. Dengan hamparan lautan besar serta pulau yang banyak menjadikan Indonesia sangat dikagumi oleh Negara lainnya. dari ujung Barat Indonesia, terdapat sebuah Provinsi yang terkenal akan budaya agamisnya yang sangat kental yaitu Nangroe Aceh Darussalam.

Provinsi yang Islami ini pernah memiliki kenangan yang tidak akan terleupakan, yaitu sebuah peristiwa bencana alam yang sangat dasyat dan telah memakan korban jiwa hingga jutaan orang serta jutaan lainnya terluka oleh bencana tsunami yang sangat besar. Dari kejadian yang berlangsung sekitar setengah jam pada Desember 2004 silam tersebut, tentunya sangat membekas sekali di hati rakyat Aceh bahkan dunia. Dan utuk mengenang peristiwa tersebut, maka pemerintah membangun sebuah bangunan yang berisikan foto-foto serta peninggalan lainnya dengan nama museum Tsunami.

Dari kejadian tersebut, seluruh mata di dunia tertuju ke layar televisi dan berduka cita serta membantu semampunya bagi masyarakat yang terkena musibah dahsyat tersebut. Seluruh dunia jadi mengenal Aceh dengan peristiwa tersebut, bahkan beberapa tokoh besar dunia pun turut mengunjungi Aceh untuk menyampakan bantuan serta belasungkawa atas keprihatinan masyarakat yang terkena musibah.

Bahkan sampai saat ini banyak orang yang berkunjung ke provinsi Aceh untuk melihat bekas tsunami tersebut. Dan Aceh pun kini menjadi tujuan para wisatawan untuk berwisata dan belajar tentang sejarah bencana alam yang dahsyat dan mampu menggemparkan dunia. Mereka datang melihat beberapa kuburan masal, puing bangunan yang telah ambruk, atau juga berkunjung ke museum untuk melihat kejadian yang sebenarnya pada waktu bencana Tsunami menerjang.

Jika anda berkunjung ke sana, maka anda akan mengenal daerah tersebut bukan hanya karena Tsunaminya saja, tapi juga ada beberapa wilayah yang memiliki panorama yang sangat menarik dan menjadi destinasi wisata paforite. Namun dengan berkunjung ke bangunan bersejarah yang ada di Aceh, baik itu bersifat perjuangan kemerdekaan Indonesia ataupun sejarah bencana Tsunami, akan banyak pelajaran yang dapat anda ambil. Dan kebanyakan yang berkunjung kesana adalah para pelajar yang mengikuti study tour. 

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon