Kamis, 11 Mei 2017

Mengenal Nasu Kadundung Masakan Khas Pattae

Nasu kadundung adalah masakan khas suku Pattae, yang ada di kab. Polman, Prov. Sulawesi Barat. Jangan mengaku pernah menginjakkan kaki di tanah Pattae, bila belum mencicipi kuliner khas Pattae yang satu ini. Inilah salah satu masakan khas suku Pattae yang mantap jiwa. Dibuat dengan menggunakan bumbu-bumbu yang sederhana, tapi menghasilkan cita rasa yang tinggi. Nasu Kadundung memiliki aroma yang khas. Aromanya merupakan perpaduan aroma bumbu alami yang di dominasi daun kedondong.
Nasu Kadundung Masakan Khas Pattae Sulawesi Barat

Kuliner khas yang satu ini diklaim sebagai masakan yang sehat dan kaya gizi. Tidak berlebihan sebenarnya, karena nasu kadundung tidak menggunakan penyedap rasa sama sekali. Bahan yang digunakan untuk membuatnya juga dari bahan-bahan yang alami, seperti: daun kedondong muda, pakis, serai, lengkuas, dan gula merah. Dengan demikian, tidak salah bila nasu kadundung diklaim sebagai makanan yang sehat dan kaya gizi. Apalagi daun kedondong sebagai bumbu utama, juga dipercaya memiliki kandungan alami yang dapat bermanfaat bagi kesehatan tubuh, seperti: zat besi, kalsium, vitamin A dan vitamin B.

Kuliner ini sering disajikan sebagai hidangan dalam acara atau pesta yang diadakan oleh warga masyarakat, seperti: pesta perkawinan, khitanan, pesta adat, dan lain sebagainya. Namun selain dalam acara-acara resmi, biasanya masakan ini juga dibuat sebagai masakan yang dihidangkan sehari-hari.

Jika anda berkunjung ke kab. Polman. Prov. Sulawesi Barat, maka sempatkanlah untuk mencicipi kuliner khas ini. Anda dapat menikmati nasu kadundung sambil menikmati keindahan alam, misalnya dengan mengunjungi obyek wisata alam Pemancingan Rawa Bangun yang ada di desa Batetangnga, kec. Binuang. Obyek wisata Rawa Bangun memiliki daya tarik tersendiri yang akan membuat para pengunjungnya betah untuk berlama-lama menikmati keindahan alam disekitarnya. Di tempat ini terdapat warung-warung yang menjajakan nasu kadundung kepada para pengunjung dengan harga yang relatif murah.

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon