Informasi tempat wisata dan kebudayaan di Indonesia

Jumat, 02 Juni 2017

Wisata Masjid Kapal Nabi NUH di Semarang, Mirip Banget Sama di Pakistan

Tempat wisata baru yang lagi viral di sosial media adalah masjid Kapal Nabi NUH yang ada di Semarang, Jawa Tengah. Sebenarnya ini bangunan mirip banget sama yang di Pakistan, ternyata sang arsitek memang terinspirasi dari Kapal Nabi Nuh di Pakistan.

Orang lebih mengenal masjid Kapal Nabi NUH, padahal menurut pengelola yang ada di sana ini adalah gedung serba guna yang bisa dimanfaatkan untuk apa saja. Kapal Nabi NUH di Semarang ini terdiri dari 3 lantai, masing-masing lantai memiliki fungsi tersendiri.
 Masjid Kapal Nabi NUH di Pakistan

Masjid Kapal Nabi NUH di Semarang

Misalnya lantai 1 (paling bawah) digunakan untuk terapi pengobatan gratis menggunakan telur yang dilakukan oleh habib, lantai 2 (tengah) ada aula tempat sallat yang seolah-olah menghadap kakbah, dan lantai 3 (paling atas) rencananya akan dibuat perpustakaan.

Masjid Kapal Nabi NUH terletak di kampung pinggiran Semarang wilayah Barat. Tepatnya di Jalan Kyai Padak RT 5/ RW 5, Kelurahan Podorejo Kecamatan Ngaliyan Kota Semarang, Jawa Tengah. Sekitar 15 kilometer dari bandara A Yani. Dari bundaran Kalibanteng ke arah barat melewati UIN Semarang menuju BSB belok ke kanan. Di kampung dekat hutan itulah seorang kyai bernama Achmad membangun masjid unik ini seluas 2.500 meter persegi.

Husein, orang yang dipercaya mengawasi proyek masjid menjelaskan pemilik masjid Kyai Achmad memang punya mimpi membuat masjid mirip kapal Nabi Nuh. Jadi sambil mengingat sejarah, untuk kembali mengajak mengingat Tuhan, maka dibuatlah masjid ini. Proses pembangunan sudah 90 persen, katanya.

Pesan Kyai Achmad jika masjid sudah jadi bisa dimanfaatkan warga secara gratis untuk pertemuan, hajatan, atau resepsi pernikahan. Kyai Achmad merupakan ulama Semarang yang juga seorang guru agama. Masjid seluas 2.500 meter persegi itu dibangun layaknya perahu dengan panjang 50 m, lebar 17 meter, dan tinggi 14 meter. Memiliki bentuk kapal besar lengkap dengan jendela berbentuk bulat, puritan, haluan, dan aksesoris kapal lainnya.

Masjid ini akan dinamai As-Safinatun Najah oleh pemiliknya. Nanti akan ada bangunan klinik di sebelah kiri, dan asrama putri di belakang. Selama pengerjaan telah melibatkan 40 tukang, dan sudah berlangsung 1,5 tahun.  Bahan bangunan batu bata dengan total biaya sudah Rp 5,5 miliar.

Seperti namanya masjid Kapal Nabi NUH, di sekitar bangunan ini juga dikelilingi air yang mengitari kapal. Jadi kesan seperti Kapal Nabi NUH benar-benar terasa di sini. Dengan adanya bangunan ini mengangkat perekonomian warga sekitar dengan cara berjualan di sekitar masjid Kapal Nabi NUH.

Bila Anda penasaran dengan Masjid Kapal Nabi NUH yang ada di Semarang silahkan datang ke sini. Anda akan mendapatkan pengalaman berbeda melihat masjid menyerupai kapal yang ada di tengah persawahan hehe.
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Wisata Masjid Kapal Nabi NUH di Semarang, Mirip Banget Sama di Pakistan

0 comments:

Posting Komentar

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish