Minggu, 30 Juli 2017

Perhatikan Pemilihan Posisi Tempat Duduk Ketika Naik Kendaraan

Posisi tempat duduk ketika naik kendaraan pribadi dan kendaraan umum ternyata 80% mempengarui keselamatan ketika terjadi kecelakaan. Sekali lagi kalau terjadi kecelakaan ya, tentu kalau tidak pasti Anda selamat dari mara bahaya. Setiap orang ingin selamat dalam berkendara, namun terkadang kalau lagi apes sesuatu yang tidak menyenangkan dapat terjadi.

Yang dimaksud kendaraan di sini bisa mobil, bus, perahu, pesawat terbang, dan kapal laut. Jadi artikel ini jadikanlah sebagai referensi pengetahuan Anda untuk mencari posisi tempat duduk yang paling aman ketika naik kendaraan.

Dikutip dari Bright Site ini adalah posisi tempat duduk yang paling aman dalam berkendara:

# Mobil

Tempat duduk paling aman adalah di belakang kursi pengemudi dan di dibagian tengah karena di bagian mobil ini yang memiliki resiko paling kecil kerusakan ketika terjadi tabrakan dari depan. Sementara tempat duduk paling berbahaya adalah posisi di sebelah pengemudi karena dalam kecelakan biasanya pengemudi akan secara refleks menghindari benturan sehingga penumpang yang duduk di samping kemudi memiliki resiko terkena hantaman langsung yang lebih besar.

# Bus Kota

Buat Anda yang pengen naik bus kota, tempat duduk yang aman adalah tempat duduk di sisi sebelah kiri bagian tengah bus persis di depan dan belakang pintu karena bila terjadi kecelakaan penumpang bisa segera keluar melalui pintu. Selain itu bila terjadi tabrakan keras maka bagian tengah bus menghantarkan getaran paling lemah dibanding bagian lain busnya.

Sementara tempat duduk yang memiliki resiko bahaya yang lebih besar adalah dua baris pertama kursi depan karena bila terjadi kecelakaan rentan terkena benda asing yang masuk melalui jendela depan yang besar. Sama halnya dengan tempat duduk yang berada di bagian belakang bus. Ini disebabkan bila hantaman berasal dari belakang sementara mesin bus umumnya berada di belakang maka bagian paling rentan terbakar adalah bagian mesin yang ada di bawah kursi paling belakang.

# Kereta Api

Buat yang sering naik kereta api ini kursi yang aman itu dari penelitian adalah yang ada di gerbong tengah karena biasanya bila ada tabrakan gerbong pertama dan terakhir seringkali mengalami deformasi alias keluar dari rel. Sementara kursi yang agak berbahaya adalah kursi yang searah dengan arah perjalanan kereta karena ada kemungkinan Agan bisa terjatuh bila terjadi pengereman mendadak.

# Kapal Laut

Kursi yang paling aman ketika naik kapal adalah kursi yang terletak di dek dan kabin yang lebih dekat ke bagian atas kapal karena bagian ini yang paling terakhir tenggelam bila terjadi kecelakaan. Sementara kursi yang berbahaya adalah yang terletak di kabin yang lebih rendah karena jika ada kebocoran kapal maka bagian bawah kapal ini yang paling pertama banjir sehingga akan menyulitkan penumpang untuk keluar.

# Pesawat Terbang

Walaupun rasanya kecil sekali kemungkinan bisa hidup jika pesawat jatuh, tapi tahukah kamu bahwa separah apapun kecelakaan pesawat hanya ada 15% dari total kecelakaan di mana penumpangnya tidak ada yang selamat. Itu artinya masih ada 85% kemungkinan selamat dari kecelakaan pesawat. Dan posisi duduk Anda juga menentukan persentase tersebut.

Karena pesawat itu pada dasarnya adalah terbang dengan cara meluncur di udara, dengan memanfaatkan daya dorong di bagian sayap dan ekor pesawat. Sehingga jika pesawat mengalami masalah dan harus turun maka gerakan pesawat umumnya akan mengangkat bagian depan pesawat, dan mengarahkan bagian ekor untuk touch down duluan ke tanah.

Masih banyak perdebatan mengenai tempat duduk mana yang paling aman di dalam pesawat terbang. Tapi kebanyakan ahli mengatakan bahwa bagian belakang pesawat tidak terlalu berbahaya dibanding barisan pertama di depan pesawat.

This Is The Newest Post

= > Silahkan berkomentar sesuai artikel di atas
= > Berkomentar dengan url (mati/ hidup) tidak akan dipublish
EmoticonEmoticon