Perjalanan Wisata ke Pacitan Lewat Kampak - Trenggalek

Memanfaatkan waktu liburan untuk berwisata sungguh sangat menyenangkan, selain dapat menghilangkan stres juga nenambah wawasan baru yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Tujuan wisata kali ini adalah Pacitan, kabupaten yang terletak diujung selatan propinsi Jawa Timur dengan berbatasan langsung dengan kabupaten Trenggalek, dan Ponorogo.

Admin sendiri tinggal di Trenggalek, sehingga bisa berbagi pengalaman berwisata ke Pacitan lewat kecamatan Kampak. Ada beberapa alasan kenapa memilih jalur ini daripada lewat Karangan dan Suruh diantaranya adalah waktu, karena rumah Admin di kecamatan Gandusari rasanya cepat lewat Kampak. Selisihnya saja ada 1 jam, daripada capek diperjalanan mendingan lewat Kampak.

Perjalanan dimulai pukul 06.30 dari desa. Ngrayung - Gandusari kemudian menuju ke Kampak arah Munjungan, ambil pertingaan ke kanan sebelum Dong Gamping. Jalannya cukup nanjak, harus masuk gigi 1 supaya tidak kaget melewati leter S. Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan keindahan pohon pinus milik perhutani, bila telah melewati desa Prongos berarti telah sampai di kecamatan Dongko.

Silahkan lanjutkan perjalanan sampai pertigaan pasar Dongko kemudian ambil arah ke kiri menuju Panggul. Oiya perjalanan dari Gandusari sampai ke Dongko kurang lebih 30-40 menitan. Dari Dongko ke Panggul kisaran 40 menitan dengan kecepatan sedang.

Setelah sampai di kecamatan Dongko perjalanan diteruskan ke Pacitan lewat Jalur Lintas Selatan (JLS). Setelah sampai di perbatasan Trenggalek - Pacitan perjalanan dilanjutkan sampai menuju pantai PLTU dan pantai Soge. Terus ke barat adalagi pantai Pindakan, dan Klayar.

Total perjalanan berangkat dari Trenggalek ke Pacitan (sampai Soge) diperlukan waktu 2 jam sudah termasuk istirahat dan makan. Hems lumayan cepat bukan, coba kalau lewat Karangan bisa 3 jam. Tempat wisata yang admin kunjungi juga tidak banyak, hanya 3 saja yaitu pantai Soge, pantai Watu Bale, dan pantai Pidakan. Berikut ini ulasan mengenai ketiga pantai tersebut.

1. Pandai Soge, Pacitan

Pantai Sore merupakan pantai yang berada di ujung timur Pacitan, lokasinya tidak jauh dari pembangkit listrik tenaga uap (PLTU). Pantai ini memiliki hamparan pasir pantai yang cukup luas dengan ombak yang besar.
Pantai Soge, Pacitan
Pantai Soge, Pacitan

Ketika berkunjung ke sini, wisatawan dilarang berenang di pantai Soge karena terlalu berbahaya ombaknya. Yang menarik adalah tersedianya beberapa gazebo kecil sebagai tempat beristirahat ketika berkunjung ke Soge.
Hamparan Pantai Soge, Pacitan
Hamparan Pantai Soge, Pacitan

Fasilitas di sekitar pantai cukup lengkap, di depan ada hotel/ penginapan. Mau mencari warung juga banyak di sepanjang jalan menuju Soge. Sebaiknya ke sini pada sore hari karena kalau siang panasnya minta ampun.
Hamparan Pantai Soge, Pacitan
Keindahan Pantai Soge, Pacitan

Namanya saja lepas pantai, makanya tidak ada pepohonan di sekitar Soge. Tiket masuk kadang gratis, soalnya penjaganya tidak ada. Kalau Anda pergi ke Pacitan jangan lewatkan keindahan pantai Soge.
Pantai Soge Yang Luas, Pacitan
Pantai Soge Yang Luas, Pacitan

2. Pantai Watu Bale, Pacitan 

Pantai Watu Bale merupakan destinasi wisata baru di deretan Soge. Keindahan alam yang ditampilkan adalah Watu (Batu) Bale, jadi Anda bisa datang ke sini menikmati keindahan laun di atas pantai Watu Bale.
Watu Bale, Pacitan
Watu Bale, Pacitan

Saat ke sana masih dalam tahap pemugaran, jalan masuk ke Watu Bale hanya bisa dilewati oleh pejalan kaki. Anda dapat memarkir kendaraan Anda di sekitar pantai, areanya cukup luas. Tiket masuk hanya Rp. 3.000/ orang, hems murah bukan?
Akses Watu Bale, Pacitan
Akses Watu Bale, Pacitan

Keindahan Watu Bale, Pacitan
Keindahan Watu Bale, Pacitan

Wisata Watu Bale, Pacitan
Wisata Watu Bale, Pacitan

3. Pantai Pidakan, Pacitan

Lokasi wisata yang tidak boleh Anda lewatkan ketika pergi ke Pacitan lewat Trenggalek adalah pantai Pidakan. Pantai ini terletak di desa yang sama dengan Watu Bale dan hanya berjarak beberapa meter saja.
Watu Song, Pantai Pidakan - Pacitan
Watu Song, Pantai Pidakan - Pacitan

Pantai pidakan menawarkan spot keindahan untuk berfoto, karena banyak media yang disiapkan oleh pengelola wisata diantaranya adalah spot kelelawar, dan love. Kontur pantai ini berbatuan, jadi tidak bisa bermain pasir di tepi pantai.
Love, Pantai Pidakan - Pacitan
Love, Pantai Pidakan - Pacitan

Anda dapat menikmati keindahan hamparan laut dari atas, ombaknya yang lumayan besar membuat suasana pantai jadi gemuruh. Fasilitasnya lumayan lengkap diantaranya adalah area parkir yang luas baik untuk mobil maupun sepeda motor.
Gazebo, Pantai Pidakan - Pacitan
Gazebo, Pantai Pidakan - Pacitan

Tiket masuk pantai Pidakan cuma Rp. 4.000/ orang. Anak usia di bawah 9 tahun tidak dikenakan biaya masuk. Di sekitaran pantai banyak warung yang berjualan makanan dengan harga standar, dijamin murah nggak menguras kantong.
Taman Bermain Anak, Pantai Pidakan - Pacitan
Taman Bermain Anak, Pantai Pidakan - Pacitan

Anda tidak perlu khawatir ditipu penjual mengenai makanan di sana, karena rata-rata telah dicantumkan daftar harganya. Yang menarik dari pantai ini adalah adanya area bermain khusus anak-anak. Buran, ayo ajak keluarga Anda berkunjung ke pantai Pidakan.
Warung, Pantai Pidakan - Pacitan

Area Parkir, Pantai Pidakan - Pacitan
Area Parkir, Pantai Pidakan - Pacitan

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Related Post

0 Response to "Perjalanan Wisata ke Pacitan Lewat Kampak - Trenggalek"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel